Waspada, Keputihan Berikut Ini Pertanda Bahaya !

Waspada, Keputihan Berikut Ini Pertanda Bahaya !

Waspada, Keputihan Berikut Ini Pertanda Bahaya !

Keputihan memang merupakan proses alami yang dialami oleh para wanita. Di mana pada proses ini yang terjadi adalah keluarnya lendir yang dihasilkan oleh kelenjar yang berada di dalam leher rahim dan dinding vagina. Keputihan merupakan cara alami yang dilakukan tubuh untuk mencegah infeksi serta menjaga kebersihan vagina. Namun meskipun terbilang normal, ada juga beberapa kondisi keputihan yang patut diwaspadai, karena terdapat bahaya yang mengintai.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Ya, keputihan memang bisa menandakan bahaya jika ada gejala lainnya yang menyertai. Umumnya, keputihan tidak berwarna, dan jika pun berwarna, maka keputihan bisa dikatakan normal atau sehat jika tidak menimbulkan berbau busuk dan tidak disertai gejala lainnya juga, seperti muncul rasa sakit atau gatal di sekitar vagina.

Lalu seperti apa saja keputihan yang disertai gejala lain ?

Gejala lainnya yang bisa saja menyertai keputihan dan dianggap menjadi tanda adanya masalah pada organ kewanitaan adalah :

  • Keputihan Encer Akibat Infeksi Jamur di Vagina

Jika wanita mengalami infeksi jamur di vagina, maka gejala yang akan ditimbulkan adalah keluarnya keputihan encer yang tidak berbau namun berwarna putih dan tebal. Selain itu, ada gejala lainnya yang juga mengiringi kondisi ini, yaitu iritasi dan gatal di bagian vulva. Vagina juga akan terasa perih, terutama ketika melakukan hubungan seksual atau ketika buang air kecil. Infeksi jamur juga dapat menyebabkan vagina bengkak dan sakit, muncul ruam, serta kemerahaan di bagian vulva. Infeksi jamur ini tidak dikategorikan penyakit menular seksual, namun penderita tetap dapat menularkan jamur melalui kontak mulut dan juga genital.

Baca Juga : Bumil, Ternyata Berenang Manfaatnya Bagus Untuk Anda

  • Keputihan Berwarna Kuning atau Hijau pada Gonore

Penyakit gonore yang dialami oleh wanita juga biasanya akan menimbulkan gejala berupa keputihan yang berwarna kuning atau hijau, encer, serta gejala lainnya yang mengiringi berupa sakit di perut bagian bawah, buang air kecil yang terasa sakit atau perih, perdarahan setelah melakukan hubungan seksual, serta menstruasi berlebihan, di mana darah menstruasi keluar lebih banyak dari biasanya. Penyebab gonore sendiri adalah bakteri yang disebut gonokokus atau Neisseria gonorrhoeae yang dapat menyerang bagian uretra, leher rahim, rektum, mata, atau tenggorokan. Penyakit gonore ini dialami oleh orang-orang yang memiliki perilaku seks bebas, atau memiliki pasangan seksual yang menderita gonore.

  • Bahaya Keputihan Berwarna Abu-abu pada Bakteri Vaginosis

Waspada, Keputihan Berikut Ini Pertanda Bahaya ! – Jika mengalami keputihan yang berwarna abu-abu, hijau atau putih disertai bau amis vagina yang menyengat/tajam, maka itu bisa jadi tanda adanya bakteri vaginosis. Keputihan yang disebabkan oleh bakteri vaginosis juga disertai dengan gejala lainnya seperti merasakan perih saat buang air kecil, serta vagina yang terasa gatal. Kondisi ini merupakan peradangan yang terjadi karena adanya bakteri alami vagina yang tumbuh secara berlebihan. Masih diperlukan penelitian untuk mengetahui penyebabnya. Meski begitu, beberapa hal dianggap cukup berisiko meningkatkan bakteri vaginosis, seperti sering menggunakan cairan pembersih organ intim atau melakukan hubungan seksual yang tidak aman.

Selain beberapa hal di atas, keputihan yang disertai gejala lainnya juga dapat terjadi pada kanker serviks dan trikomoniasis.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Jika Anda mengalami keputihan, cobalah untuk memperhatikan gejala lainnya. Sebab, meskipun hal yang wajar, namun keputihan tetap bisa menjadi bahaya jika disertai dengan gejala lainnya. Oleh karena itu, jika mengalami keputihan yang tidak normal seperti disebutkan di atas, sebaiknya anda segera konsultasi kepada dokter, untuk mengetahui kondisi sesungguhnya supaya bisa melakukan tindakan yang tepat untuk menanganinya sebelum terlambat.

Cara Mengatasi Keputihan yang Tidak Normal

Jika anda mengalami keputihan yang tidak, tindakan penanganan memang dilakukan agar bahaya yang mengintai bisa diatasi dan dicegah. Dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keputihan yang tidak normal, diantaranya :

  • Kompres dingin agar gatal dan pembengkakan bisa mereda.
  • Konsumsi yoghurt untuk menurunkan risiko infeksi jamur.
  • Gunakan krim antijamur jika keputihan yang terjadi disebabkan oleh infeksi jamur.
  • Jangan berhubungan seksual hingga sepekan setelah pengobatan, atau gunakan kondom saat ingin berhubungan seksual.

Waspada, Keputihan Berikut Ini Pertanda Bahaya ! – Jika setelah anda melakukan cara penanganan keputihan yang tidak normal seperti di atas, namun keputihan masih saja terjadi setelah lebih dari seminggu, maka sebaiknya segera kunjungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan, guna mengetahui penyebabnya dan memperoleh penanganan yang tepat.

Baca Juga : Gigi Anda Sensitif ? Inilah Penyebab dan Cara Menanganinya !

1 thought on “Waspada, Keputihan Berikut Ini Pertanda Bahaya !”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *