Waspada, Batuk Berdarah Bisa Indikasikan Penyakit Serius !

Waspada, Batuk Berdarah Bisa Indikasikan Penyakit Serius !

Waspada, Batuk Berdarah Bisa Indikasikan Penyakit Serius !

Batuk merupakan permasalahan kesehatan yang sangat umum. Tapi bagaimana jika batuk disertai dengan darah? Apakah batuk berdarah berbahaya? Apa yang menyebabkan batuk berdarah? Mari kita cari tahu penyebab batuk berdarah !

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Batuk berdarah atau hemoptisis sering kali dikeluhkan oleh seseorang. Darah yang keluar pada saat batuk biasanya bercampur dengan dahak. Batuk berdarah memang tidak selamanya menunjukkan adanya masalah kesehatan yang serius, apalagi jika terjadi pada orang yang berusia muda. Namun lain cerita jika batuk berdarah dialami oleh mereka yang berusia tua atau mereka yang merupakan seorang perokok. Itu bisa jadi merupakan indikasi adanya masalah kesehatan yang serius.

Berbagai Penyebab Batuk Berdarah

Batuk yang disertai dengan dahak yang berdarah biasanya terjadi pada seseorang yang batuk sudah parah atau batuk yang sudah dialami dalam waktu yang lama. Namun disamping itu, batuk berdarah juga bisa disebabkan oleh kondisi lainnya. Dan berikut adalah beberapa kondisi yang menyebabkan batuk berdarah, antara lain adalah :

  • Bronkitis

Bronkitis merupakan infeksi yang terjadi bronkus, yang mengakibatkan peradangan pada saluran tersebut. Bronkus sendiri adalah saluran pernapasan utama dari paru-paru. Salah satu gejala dari penyakit bronkitis ini adalah batuk yang tidak kunjung sembuh dan terkadang batuk disertai dengan dahak yang berdarah.

Baca Juga : Bahaya Mengkonsumsi Ayam Sakit Untuk Kesehatan

  • Tuberkulosis

Tuberkulosis juga merupakan penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini sebenarnya tidak hanya menyerang paru-paru saja tapi juga menyerang organ tubuh lainnya. Gejala tuberkulosis paru-paru salah satunya adalah batuk-batuk yang parah dan terkadang disertai dengan darah, yang bisa menunjukkan kondisi batuk sudah sangat parah.

  • Emboli Paru

Emboli paru merupakan penyumbatan yang terjadi pada arteri pulmonalis. Arteri pulmonalis sendiri adalah pembuluh darah yang mengangkut darah ke paru-paru dari jantung. Dan penyumbatan pada arteri pulmonalis tersebut menyebabkan pembekuan darah yang dapat mengakibatkan sesak napas serta nyeri dada mendadak. Dan salah satu gejalanya adalah batuk yang disertai dengan darah.

  • Edema Paru

Edema paru adalah penyakit yang menyerang paru-paru yang menyebabkan pasiennya sulit untuk bernapas. Penyakit ini merupakan sebuah kondisi di mana terjadi penumpukan cairan di sekitar paru-paru. Gejalanya berupa dahak yang keluar saat batuk berwarna merah muda dan berbusa.

Selain penyakit-penyakit di atas, batuk berdarah juga bisa disebabkan oleh kondisi lainnya, seperti :

  • Kanker paru-paru.
  • Kanker tenggorokan.
  • Pneumonia.
  • Emfisema.
  • Fibrosis sistik.
  • Abses paru.
  • Infeksi parasit.
  • Efek samping obat-obatan, seperti kokain dan obat-obatan pengencer darah.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Selain itu, pada beberapa kasus yang sangat jarang, batuk berdarah juga bisa disebabkan oleh :

  • Stenosis mitral, yaitu gangguan pada katup jantung.
  • Nodosa poliarteritis, yaitu penyakit serius yang menyerang pembuluh darah.

Batuk berdarah juga tidak selamanya dikategorikan hemoptisis, jika penyebabnya adalah kondisi-kondisi seperti berikut, antara lain :

  • Pseudohemotisis, yaitu pendarahan pada mulut, tenggorokan atau hidung yang keluar bersamaan dengan air liur. Kondisi seperti ini jelas berbeda dengan darah yang keluar dari paru-paru yang bercampur dengan dahak
  • Hematemesis, yaitu darah yang keluar dari saluran pencernaan berupa muntah. Hal ini bisa menjadi gejala radang lambung.

Meredakan Batuk Berdarah

Pengobatan bertujuan untuk menghentikan gejala batuk darah saat menghadapi penyebab di balik timbulnya kondisi seperti kemoterapi untuk pengobatan kanker paru-paru tersebut. Selain itu, Anda dapat melakukan steroid untuk radang atau antibiotik untuk pengobatan pneumonia dan TBC.

Ada saat ketika penyebab batuk tidak dapat secara khusus ditentukan. Kondisi ini disebut hemoptisis idiopatik. Namun, kondisi ini perlu terus berkonsultasi dalam kasus itu terus menangani langsung selama itu adalah gejala dari kehidupan risiko penyakit yang terlibat.

Baca Juga : Manfaat Kesehatan dan Kecantikan dari Lidah Buaya

1 thought on “Waspada, Batuk Berdarah Bisa Indikasikan Penyakit Serius !”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *