Tubuh Kekurangan Kalium, Bahaya Mengintai Anda

Tubuh Kekurangan Kalium, Bahaya Mengintai Anda

Tubuh Kekurangan Kalium, Bahaya Mengintai Anda

Anda pasti sudah tahu bahwa tubuh membutuhkan asupan vitamin dan mineral agar organ tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan optimal. Dan salah satu mineral yang penting serta diperlukan oleh tubuh adalah kalium. Lalu bagaimana jika tubuh kekurangan kalium? Apa jadinya jika tubuh kekurangan kalium? Mari kita temukan jawabannya pada pembahasan berikut ini !

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Kalium atau disebut juga potasium merupakan jenis mineral yang mempunyai peranan sangat vital dalam tubuh. Kalium juga merupakan senyawa elektrolit yang berkontribusi terhadap keseimbangan zat elektrolit dalam tubuh. Tubuh sangat membutuhkan kalium, karena manfaatnya untuk sangatlah penting, yaitu menjaga pertumbuhan tubuh yang normal, membantu memecah dan menggunakan karbohidrat, membantu pertumbuhan jaringan otot, mendukung performa otot, menjaga fungsi jantung dan ginjal serta menjaga sel-sel kulit tetap lembab.

Kekurangan kalium merupakan ketidakseimbangan zat-zat metabolik tubuh yang ditandai dengan rendahnya tingkat kalium di dalam darah. Bahaya kekurangan kalium dapat mengganggu kesehatan jantung, menghambat perpindahan nutrisi dan hasil metabolisme dari dan ke dalam sel-sel tubuh, serta menghambat kinerja antar saraf dan otot.

Kalium memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, diantaranya yaitu :

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjembatani kerja otot dan saraf.
  • Memindahkan nutrisi-nutrisi yang diserap tubuh menuju ke sel-sel dan mengeluarkan sisa-sisa tubuh dari sel-sel tubuh.

Jika Kekurangan Kalium

Kalium sangat diperlukan oleh tubuh untuk membuat otot-otot terus berkontraksi, terutama otot jantung. Kalium juga berperan dalam pengaktifan enzim-enzim kompleks di dalam tubuh. Kalium umumnya ditemukan di dalam otot dan tulang. Kalium membantu pertukaran cairan tubuh antar sel. Kadar normal kalium di dalam tubuh akan diatur oleh ginjal. Kelebihan kalium akan dibuang melalui keringat dan urin.

Baca Juga : Mengenal Ragam Manfaat Berenang Untuk Kesehatan

Kekurangan kalium atau defisiensi kalium disebut dengan hipokalemia, yaitu penyakit yang muncul akibat rendahnya tingkat kalium dalam darah. Pada kebanyakan kasus, kekurangan kalium terdeteksi ketika penderita melakukan tes darah untuk pemeriksaan penyakit tertentu. Kekurangan kalium bisa menimbulkan gejala berupa :

  • Konstipasi atau sembelit (susah buang air besar).
  • Palpitasi atau jantung berdebar.
  • Mati rasa atau kaku otot.
  • Pelemahan atau kerusakan pada otot-otot.
  • Kelelahan.
  • Pada kondisi yang parah, kekurangan kalium dapat menyebabkan ritme jantung jadi tidak normal, terutama pada pengidap penyakit jantung. Gejalanya yaitu pusing hingga pingsan. Jantung berhenti bekerja juga bisa terjadi jika kadar kalium dalam darah terlalu rendah.

Tubuh Kekurangan Kalium, Bahaya Mengintai Anda, – Kekurangan kalium bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti muntah atau diare dalam jangka panjang, berkeringat banyak, kadar magnesium rendah, atau menderita gagal ginjal kronis. Konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat diuretik, obat pencahar, atau antibiotik juga bisa menyebabkan kekurangan kalium.

Angka kebutuhan kalium untuk orang dewasa usia di atas 17 tahun adalah 4.700 mg per hari. Untuk anak-anak usia 0-1 tahun berkisar 400-700 mg kalium per hari, sedangkan untuk anak usia 1-14 tahun membutuhkan 3.000-4.700 mg kalium per hari. Sementara kebutuhan kalium ibu hamil dan ibu menyusui sekurang-kurangnya harus mencukupi 4.700-5.100 mg per hari.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Sebagai perbandingan, anda bisa menakar jumlah kalium yang terdapat dalam makanan. Misalnya, 1 lapis fillet ikan salmon yang mengandung 1.900 mg kalium. Begitu juga pada satu kaleng ikan sarden yang mengandung setidaknya 365 mg kalium.

Cara Mengatasi Kekurangan Kalium

Asupan kalium dapat diperoleh dengan mudah melalui konsumsi makan-makanan harian. Makanan-makanan yang mengandung banyak kalium, diantaranya adalah :

  • Daging sapi panggang secukupnya, dapat memenuhi kebutuhan kalium harian. Kombinasikan menu makanan ini dengan makanan yang sehat seperti brokoli, tomat, dan sayuran hijau.
  • Ikan-ikan laut dan tiram, sumber kalium yang lezat dan baik bagi kesehatan. Ikan dengan kandungan kalium yang tinggi adalah ikan salmon dan sarden.
  • Pisang, sumber kalium terbaik yang mudah didapat. Buah lainnya yang menjadi sumber kalium yang cukup tinggi adalah mangga, jeruk, melon, kiwi, dan kurma.
  • Sayur yang kaya kandungan beta-karoten biasanya juga mengandung kalium. Seperti adalah wortel, cabai, dan ubi jalar.

Tubuh Kekurangan Kalium, Bahaya Mengintai Anda, – Mengonsumsi makanan-makanan di atas bisa membantu anda memenuhi kebutuhan kalium harian. Dan sangat tidak dianjurkan mengonsumsi suplemen mineral tanpa rekomendasi dokter. Maka dari itu, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga : Seperti Apakah Efek Mematikan Radiasi Nuklir ?

2 thoughts on “Tubuh Kekurangan Kalium, Bahaya Mengintai Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *