Ternyata Mengunyah Permen Karet Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

Ternyata Mengunyah Permen Karet Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

Ternyata Mengunyah Permen Karet Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

Beberapa orang diantara anda mungkin sudah tahu atau sudah pernah mendengar bahwa Ternyata Mengunyah Permen Karet Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan. Dan ya, pernyataan tersebut benar adanya. Mari kita simak apa saja manfaat yang didapat dari mengunyah permen karet !

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Mengunyah permen karet sebenarnya tidak hanya memberikan manfaat terhadap kesehatan, tapi juga memiliki dampak buruknya. Akan tetapi semua itu tergantung pada jumlah dan jenis permen karet yang dikonsumsi. Jika tidak tepat atau berlebihan, maka mengunyah permen karet memang dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. Namun jika tepat, maka manfaatnya dapat anda rasakan dari mengunyah permen karet ini.

Manfaat Mengunyah Permen Karet

Ada banyak manfaat kesehatan dari mengunyah permen karet yang bisa anda dapatkan. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat mengunyah permen karet, antara lain :

  • Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Ada banyak penelitian yang menunjukkan hasil bahwa mengunyah permen karet dapat membuat kinerja mental jadi meningkat. Konsentrasi, daya ingat serta kecepatan reaksi seseorang mengalami peningkatan ketika mereka mengunyah permen karet. Diperkirakan peningkatannya mencapai 25% hingga 40%. Dan itu disebabkan oleh bertambahnya aliran darah yang masuk ke otak ketika sedang mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet membuat aliran oksigen ke otak meningkat, sehingga dapat membantu memperbaiki daya ingat.

  • Melawan Stres dan Gelisah

Mengunyah permen karet merupakan salah satu cara yang tepat untuk melepas kebiasaan yang membuat seseorang menjadi bingung atau gugup, seperti menggigit kuku atau menggerakkan kaki. Kebiasaan tersebut biasanya disebabkan oleh perasaan stres yang berlebihan. Dan mengunyah permen karet ternyata akan menurunkan kadar hormon pemicu stres, yaitu kortisol.

  • Meningkatkan Kewaspadaan

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan kewaspadaan. Gerakan rahang saat mengunyah permen karet akan merangsang saraf serta bagian-bagian otak yang berhubungan dengan gairah, dan juga meningkatkan aliran darah. Dan hal tersebut membuat seseorang akan lebih waspada dan tetap terjaga lebih lama. Dan permen karet rasa mint diyakini memiliki manfaat lebih khusus untuk meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga : Beginilah Cara Terbaik Mengatasi Insomnia

  • Menurunkan Asam Refluks

Mengunyah permen karet setelah makan dapat membantu mengurangi asam dalam kerongkongan. Sebab, ketika mengunyah permen karet, produksi air liur akan meningkat, sehingga bisa membantu membersihkan zat asam dengan cepat saat ditelan. Jadi, mengunyah permen karet ini sangat bagus untuk orang yang sering mengalami asam refluks dan perut mulas.

  • Mencegah Mual

Mengunyah permen karet juga bisa mencegah mual akibat “morning sickness ” pada ibu hamil atau mual karena goncangan. Permen karet yang cocok dipilih adalah permen karet rasa herbal dan rasa jahe, karena dapat meningkatkan produksi air liur, sehingga dapat membantu menenangkan perut yang mual.

  • Melindungi Gigi

American Dental Association merekomendasikan untuk mengunyah permen karet tanpa rasa sekitar 20 menit setelah makan, karena aktivitas tersebut terbukti dapat mengurangi karang pada gigi, mengurangi gigi berlubang, melindungi enamel gigi, dan menurunkan radang gusi. Semua dampak tersebut terkait dengan meningkatnya aliran ludah yang menurunkan zat asam yang ada dalam mulut, yang merupakan penyebab pengeroposan gigi.

Namun ingat, permen karet yang disarankan adalah permen karet tanpa rasa. Sebab, permen karet yang mengandung gula justru akan menambah jumlah zat asam. Atau anda cari juga permen karet yang mengandung xylitol, karena dapat menurunkan jumlah bakteri penyebab gigi keropos.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

  • Membuat Napas Lebih Segar

Manfaat permen karet yang satu ini tentu sudah bukan rahasia umum lagi, setiap orang pasti tahu bahwa permen karet biasa dikunyah unyuk mengurangi atau menghilangkan bau mulut. Sebab, pada saat mengunyah permen karet, produksi air liur di mulut membuat perkembangan bakteri menjadi terhambat. Bakteri tersebut merupakan penyebab bau mulut yang tak sedap. Dan permen karet yang tepat untuk membuat napas segar sekaligus mematikan bakteri di mulut adalah permen karet rasa cinnamon.

  • Membantu Berhenti Merokok

Bagi anda para perokok atau yang berniat untuk berhenti merokok, mungkin anda sudah pernah mendengar pernyataan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu seseorang berhenti merokok.

Ya, mengunyah permen karet tidak hanya akan mengurangi keinginan untuk makan makanan ringan saja, tapi juga mengurangi keinginan untuk mengurangi konsumsi zat stimulan adiktif, seperti nikotin dan kafein. Dengan begitu, mengunyah permen karet akan membantu untuk berhenti merokok atau berhenti melakukan kebiasaan adiktif lainnya.

  • Memperbaiki Kebiasaan Makan

Permen karet merupakan camilan rendah kalori. Jadi, mengunyah permen karet ini sangat baik bagi orang yang sedang menjalani program diet. Secara singkat, manfaat mengunyah permen karet untuk diet merupakan salah satu jenis camilan yang tidak meningkatkan berat badan secara signifikan.

  • Meredakan Mulut Kering

Manfaat lain dari mengunyah permen karet tanpa rasa adalah meredakan mulut kering. Mengunyah permen karet tanpa gula akan merangsang produksi air liur hingga 10x lipat. Hal itu akan membantu mulut tidak kering, karena mulut kering menyebabkan rasa tidak nyaman.

  • Meredakan Sakit Telinga Saat Terbang

Perubahan tekanan udara saat terbang dan mendarat naik pesawat membuat orang merasa tidak nyaman dan sakit telinga. Nah, dengan mengunyah permen karet, rasa sakit dan tidak nyaman itu bisa dihilangkan. Sebab, mengunyah permen karet akan memicu produksi air liur, sehingga orang banyak melakukan gerakan menelan, yang mana gerakan menelan tersebut menyamakan tekanan udara pada telinga.

Baca Juga : Ladies, Inilah Bahaya Memasang Implan Payudara

1 thought on “Ternyata Mengunyah Permen Karet Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *