Ternyata Benda Berikut Ini Lebih Kotor Dari Toilet

Ternyata Benda Berikut Ini Lebih Kotor Dari Toilet

Ternyata Benda Berikut Ini Lebih Kotor Dari Toilet

Tidak sedikit orang yang menilai toilet sebagai benda yang paling kotor dan menjijikan dibandingkan dengan benda lainnya. Padahal masih banyak benda yang sebenarnya lebih kotor daripada toilet. Bahkan ternyata beberapa benda yang sebenarnya lebih kotor dari toilet itu sangat dekat dengan kita.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Toilet memang menjadi tempat yang banyak dihinggapi bakteri dan virus sekalipun, terutama toilet yang sering digunakan untuk umum. Ada banyak virus yang bisa ditemukan di toilet, mulai dari virus yang bisa menyebabkan sakit flu, virus hepatitis, bahkan sampai bakteri streptococus dan yang lainnya. Namun dengan adanya sistem kekebalan tubuh dalam diri kita, maka virus-virus tersebut tidak akan mampu masuk lebih jauh ke dalam tubuh kita. Sehingga berbagai penyakit kelamin yang bisa menular melalui toilet umum seperti gonore, klamidia, atau sipilis pun jarang terjadi, karena virus tidak mampu masuk ke dalam tubuh kita dengan adanya sistem kekebalan tubuh.

Namun seperti yang telah dikatakan di awal, jangan pernah mengira bahwa toilet menjadi satu-satunya benda yang paling kotor, karena beberapa benda berikut ini juga ternyata lebih kotor dibandingkan dari toilet. Dan beberapa benda berikut ini mungkin tidak pernah anda bayangkan sebelumnya. Diantaranya adalah :

1. Gagang Pintu

Gagang pintu memang menjadi salah satu benda yang lebih kotor dibandingkan dengan toilet. Dan itu terbukti melalui sebuah penelitian yang telah dilakukan pada gagang pintu toilet umum. Pada gagang pintu tersebut ditemukan berbagai jenis kuman, mulai dari kuman yang bisa menyebabkan infeksi kulit, kuman penyebab infeksi saluran kemih, hingga kuman penyebab infeksi luka, dan lain-lain. Jadi mulai dari sekarang, sebaiknya cucilah tangan anda setelah selesai dari toilet, dengan menggunakan sabun.

Baca Juga : Jangan Sering Mandi Air Hangat, Berbahaya

2. Telepon Genggam atau HP

HP atau telepon genggam alias ponsel menjadi salah satu benda berikutnya yang ternyata lebih kotor dibandingkan dengan toilet sekalipun. Hal ini mungkin terbilang sangat mengejutkan sekali, namun itu merupakan sebuah fakta. Karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa telah ditemukan bakteri ada pada ponsel. Bahkan penelitian tersebut menunjukkan bahwa jenis bakteri ponsel lebih banyak 10 kali lipat dibandingkan dengan bakteri pada toilet.

Sebenarnya tidak perlu heran jika kuman sangat mudah hinggap pada ponsel. Karena ponsel menjadi satu benda yang cukup sering menempel di tangan atau mulut, bahkan terus menerus. Jadi, sebaiknya mulai sekarang jangan terlalu sering meminjam ponsel dari orang lain atau juga meminjamkan ponsel kepada orang lain, karena ponsel bisa menjadi salah satu sarana penularan kuman, bakteri, dan bahkan virus sekalipun.

3. Tas Genggam

Tidak banyak memang yang sering menggunakan tas genggam. Dan pada umumnya tas genggam hanya wanita saja yang sering menggunakannya. Tas genggam selalu setia menemani ke mana pun pergi, dan biasa ditaruh di kendaraan, di meja kantor atau bahkan di lantai sekalipun. Tas genggam tersebut juga bisa saja dibawa masuk ke toilet. Sehingga tidak heran jika tas genggam bisa jauh lebih kotor disbanding toilet sekalipun.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

4. Tempat Tisu Toilet

Dibandingkan toilet, ternyata tempat tisu di toilet justru bisa mengandung lebih banyak bakteri hingga 150%. Itu terjadi karena kebiasaan kita ketika mengambil tisu sebelum dan sesudah ke toilet. Bahkan sering kali kita menaruh tisu di toilet. Hal itu tentu bisa menjadi salah satu penyebab tempat tisu toilet lebih kotor dibandingkan toilet.

5. Spons Pencuci Piring

Meskipun kegunaannya sebagai pembersih, namun spons pencuci piring sebenarnya justru terdapat banyak bakteri di dalamnya. Bahkan spons pencuci piring bisa sampai 200 ribu kali lebih banyak bakteri dibanding toilet. Dan para ahli kesehatan pun menganggap bahwa spons pencuci piring ini merupakan alat rumah tangga yang paling banyak terdapat bakteri.

6. Jari Tangan

Dari semua benda yang ternyata lebih kotor dari toilet, jari tangan menjadi hal berikutnya yang juga lebih kotor. Bahkan menurut seorang ahli mengatakan, jari tangan sangat mudah sekali untuk membawa kuman dan memindahkannya ke bagian tubuh yang lain atau permukaan-permukaan yang lain. Maka dari itu, sering sekali diperingatkan bahwa tangan sangat perlu untuk dicuci dengan air dan juga sabun, termasuk ketika habis keluar dari kamar mandi. Dan juga jangan asal dalam mencuci tangan. Pastingan tangan tercuci dengan bersih supaya terbebas dari kuman.

Jadi, itulah beberapa benda yang ternyata lebih kotor dibandingkan dengan toilet sekalipun. Untuk itu, mulai dari sekarang, berhati-hatilah dengan benda-benda tersebut. Dan ingat, jangat terlewat untuk membersihkan tangan (cuci tangan), karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tangan menjadi salah satu anggota tubuh yang sangat mudah dihinggapi kuman, bakteri, bahkan virus sekalipun.

Baca Juga : Manfaat Kesehatan Yang Terdapat Pada Gerakan Sholat

1 thought on “Ternyata Benda Berikut Ini Lebih Kotor Dari Toilet”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *