Terlalu Banyak Dikonsumsi, Inilah Bahaya Soda Kue !

Terlalu Banyak Dikonsumsi, Inilah Bahaya Soda Kue !

Terlalu Banyak Dikonsumsi, Inilah Bahaya Soda Kue !

Anda tau soda kue atau yang biasa disebut baking soda? Bahan yang digunakan untuk membuat kue jadi mengembang tersebut ternyata juga memiliki risiko menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Lalu seperti apa bahaya yang akan ditimbulkan akibat mengkonsumsi soda kue? Mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini !

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Soda kue atau baking soda merupakan salah satu bahan dapur yang digunakan untuk membuat roti. Bahan ini akan membuat roti yang anda bikin jadi mengembang dengan baik. Bahan ini biasanya ada pada pembuatan roti berupa donat, kue-kue kecil, brownis, dan lain sebagainya. Jika roti yang anda makan tidak mengandung soda kue, maka tampilan dan teksturnya kurang mantap.

Soda kue sebenarnya memang bukan bahan dasar yang secara langsung mempengaruhi citarasa dari roti yang anda buat. Akan tetapi, jika roti yang anda buat tidak menggunakan soda kue, maka tekstur roti yang anda buat tidak akan seimbang. Roti anda terkesan bantet, kaku, dan keras. Bahan-bahan dasar roti seperti tepung, telur, dan gula akan menempel menjadi satu. Kohesivitasnya tinggi, sehingga akan melekat erat satu sama lain. Nah, dengan menggunakan soda kue, maka roti akan mengembang, sehingga nantinya ketika di oven atau di kukus, proporsi pas dan balance.

Bahan Dasar Soda Kue

Soda kue merupakan bentuk dari sodium bikarbonat murni. Berikut ini adalah beberapa hal yang berhubungan dengan bahan dasar soda kue :

Mengeluarkan gas karbondioksida. Jika bahan dasar soda kue sodium bikarbonat bercampur dengan bahan yang mengandung asam, maka bisa mengeluarkan gas karbondioksida. Inilah yang membuat kue mengembang. Jika gas karbondikoksida terlalu banyak dihirup bisa menyebabkan sesak nafas dan jika dihirup terus menerus bisa menyebabkan gangguan paru-paru.

Penggunaan soda kue. Selain digunakan dalam pembuatan roti, soda kue juga bisa anda temui dalam pembuatan martabak manis. Biasanya penjual akan mencampurkan soda kue pada proses terakhir. Kemudian campuran kue tadi di masukan dalam oven atau di panggang.

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Dimasukkan tahap terakhir. Mengapa soda kue harus dimasukan dalam tahap terakhir? Pasalnya, soda kue berguna untuk mengembangkan makanan. Bahan ini akan mengalami cepat reaksi saat bercampur langsung dengan bahan asam, gas karbondioksida langsung keluar. Sehingga bahan kue tersebut harus segera dipanggang sebelum gas-nya hilang. Sehingga roti bisa terbentuk sempurna.

Soda Kue Digunakan sebagai Pengobatan

Tidak hanya digunakan dalam pembuatan kue, baking soda atau soda kue juga ternyata digunakan di dalam dunia medis, yakni sebagai obat. Bahan aktif sodium bikarbonat atau natrium bikarbonat yang terkandung pada soda kue termasuk kategori antasida dan bersifat menetralkan asam lambung dengan cepat. Oleh karena itu, soda kue biasa juga digunakan untuk mengobati nyeri ulu hati, sakit perut, dan gangguan pencernaan. Selain itu penyakit asam lambung yang ditandai dengan naiknya asam lambung ke kerongkongan juga dapat diterapi dengan soda kue.

Terlalu Banyak Dikonsumsi, Inilah Bahaya Soda Kue ! – Sebenarnya, natrium bikarbonat sendiri juga sudah dihasilkan secara alami oleh tubuh manusia pada organ pankreas, yang bertujuan untuk melindungi saluran usus. Oleh karena itu, natrium bikarbonat yang terkandung pada soda kue juga memiliki cara kerja yang sama dengan metode yang sama seperti yang dihasilkan oleh tubuh.

Namun meski soda kue sangat penting dalam pembuatan kue dan bias juga dimanfaatkan dalam hal pengobatan, tapi penggunaannya dalam jumlah banyak dapat berefek menjadi racun. Misalnya, sebagian atlet percaya bahwa mengonsumsi soda kue sebelum menghadapi pertandingan akan membantu menambah stamina, tapi fakta yang ada justru sebaliknya. Soda kue tidak akan membuat stamina bertambah, justru mengonsumsi soda kue akan memberikan efek samping yang mungkin berbahaya bagi tubuh.

Bahaya Soda Kue

Meskipun soda kue atau kandungan natrium bikarbonat dapat berperan dalam meredakan penyakit tertentu, namun beberapa kondisi lainnya juga memungkinkan zat tersebut justru menjadi ancaman bahaya bagi kesehatan.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Bagi orang yang memiliki riwayat penyakit gagal jantung kongestif, sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan atau substansi yang mengandung natrium bikarbonat. Begitu juga jika anda memiliki kadar yang tinggi pada kalium, natrium, klorin, dan kalsium. Anda sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung soda kue. Kemudian, jika anda memiliki pH tubuh yang lebih tinggi dari normal, anda juga sebaiknya jangan mengonsumsi apa pun yang ada kandungan natrium bikarbonat-nya. Jika anda mengidap alergi terhadap zat natrium bikarbonat, anda juga tentu harus menghindarinya.

Anda yang sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan pun sebaiknya juga menghindari penggunaan natrium bikarbonat ini. Pasalnya, zat tersebut ada kemungkinan dapat membahayakan janin.

Soda kue juga tidak diperbolehkan untuk diberikan pada anak di bawah usia 6 tahun, kecuali dokter sudah menganjurkan dan memberikan resep. Bahaya soda kue yang di dalamnya terkandung zat natrium bikarbonat masih belum berakhir. Zat ini berisiko memberikan efek samping yang umum terjadi, seperti diare, mual, perut kembung,  dan mengandung gas. Bahkan masih ada efek lainnya yang lebih serius, diantaranya :

  • Meningkatkan kadar natrium di dalam darah
  • Memperburuk kondisi gagal jantung kongestif
  • Meningkatkan tingkat pH tubuh
  • Memicu kejang dan kontraksi otot
  • Menyebabkan kaki dan pergelangan kaki mengalami pembengkakan

Terlalu Banyak Dikonsumsi, Inilah Bahaya Soda Kue ! – Terlepas dari bukti medis yang ada, anda sebaiknya tidak sembarang dalam menggunakan soda kue, karena efek bahayanya tiap orang akan bervariasi. Sama halnya dengan pemanfaatan zat natrium bikarbonat. Jadi sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan aman atau tidaknya penggunaan tersebut.

Baca Juga : Tips Merawat Rumah Agar Sehat dan Aman

1 thought on “Terlalu Banyak Dikonsumsi, Inilah Bahaya Soda Kue !”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *