Sering Mengkonsumsi Kecap Manis Bahaya Bagi Kesehatan

Sering Mengkonsumsi Kecap Manis Bahaya Bagi Kesehatan

Sering Mengkonsumsi Kecap Manis Bahaya Bagi Kesehatan

Siapa yang tak mengenal kecap manis? Bahan baku yang satu ini sangat populer di Indonesia, bahkan menjadi salah satu bahan baku andalan dalam membuat masakan khas, yang ada di berbagai daerah di Indonesia, termasuk salah satunya adalah nasi goreng.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Tidak hanya sebatas itu saja, bahkan beberapa orang menjadikan kecap manis sebagai teman yang wajib ada saat makan, apapun makanannya, baik itu sop, mie bakso, mie ayam ataupun bubur ayam. Seperti itulah populernya kecap manis di Indonesia.

Namun, tahukah anda bahwa ternyata kecap manis tidak begitu baik untuk kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering apalagi secara berlebihan. Bahkan beberapa dampak buruknya bisa berbahaya terhadap kesehatan.

Lalu apa saja bahaya yang akan diterima jika terlalu sering mengkonsumsi kecap manis??

Sebelum membahas lebih jauh mengenai apa saja bahaya yang ditimbulkan oleh kecap manis jika terlalu sering dikonsumsi, mari kita cari tahu mengenai kecap manis ini ! Simaklah ulasanya berikut ini !

Kecap manis merupakan bumbu masakan yang banyak menjadi favorit masyarakat. Kecap manis dibuat dari fermentasi campuran kacang kedelai, garam, air garam, dan jamur Aspergillus. Fermentasi kedelai mengandung sejumlah bahan kimia yang disebut isoflavon. Bahan ini adalah fitoestrogen dan salah satu bahan kimia utama yang mengganggu sekresi estrogen dan aktivitas hormonal lainnya pada manusia. Dengan adanya bahan kimia tersebut, maka tak heran jika kecap manis ini akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan, apalagi jika dikonsumsi secara terus menerus.

Baca Juga : Dapatkan Manfaat Kesehatan Dengan Berjemur Di Pagi Hari

Dan berikut inilah beberapa bahaya yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi kecap manis, diantaranya adalah :

1. Menimbulkan Masalah Pada Ginjal

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kecap yang berasal dari fermentasi kedelai mengandung bahan kimia yang akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh. Salah satu yang akan terkena dampak buruk tersebut adalah ginjal. Oksalat dan phytoestrogen yang terdapat dalam produk kedelai akan mempengaruhi ginjal. Kandungan oksalat dapat mengakibatkan terbentuknya batu ginjal, sedangkan kandungan fitoestrogen dapat mengakibatkan kegagalan fungsi ginjal, atau yang lebih sering disebut dengan istilah gagal ginjal.

2. Mengakibatkan Penggumpalan Sel Darah Merah

Dalam sebuah produk kedelai, atau dalam hal ini adalah kecap manis, terdapat kandungan yang dapat membuat sel darah merah mengalami penggumpalan, yaitu kandungan hemagglutinin. Dan hal tersebut akan mengakibatkan oksigen dalam darah menjadi berkurang, sehingga bisa mengakibatkan serangan jantung serta serangan penyakit kronis lainnya.

3. Mengganggu Penyerapan Mineral

Dalam produk kecap manis, terdapat kandungan fitat dalam jumlah yang tidak sedikit. Kandungan fitat tersebut dapat mengganggu proses pencernaan, dengan menghalangi penyerapan mineral dalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi kecap manis dalam jumlah yang banyak atau dalam waktu yang sering, maka jelas itu akan memberikan dampak yang buruk terhadap kesehatan.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

4. Mengurangi Jumlah Sperma

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa ada beberapa kasus mengenai penurunan jumlah sperma pada pria terjadi dikarenakan kebiasaan mengonsumsi produk kedelai. Dalam hal ini, maka mengkonsumsi kecap manis secara berlebihan atau terlalu sering akan mengurangi jumlah sperma. Pasalnya, konsumsi kecap manis berlebihan dapat meningkatkan kadar hormon estrogen, sehingga kesehatan reproduksi pria akan terganggu. Sebab, hormon estrogen nantinya akan bekerja menghambat tiroid, kelenjar yang bekerja mengeluarkan hormon. Dan ketika tiroid terhambat, maka metabolisme tubuh akan menjadi lambat dan terjadilah kenaikan berat badan alias obesitas. Dan ketahuilah, bahwa obesitas juga bisa menurunkan hormon dan mengurangi kesuburan pria.

5. Memicu Kanker Payudara

Kandungan yang juga terdapat pada kecap manis adalah isoflavon. Kandungan tersebut terbukti dapat bertindak sebagai katalis yang akan mempercepat perkembangan sel-sel kanker pada payudara. Tidak hanya itu saja, kecap manis juga dilaporkan dapat mengakibatkan gangguan pada siklus menstruasi bagi wanita.

Jadi, seperti itulah dampak buruk yang akan ditimbulkan dari mengkonsumsi kecap manis berlebihan. Dampak buruk tersebut jelas tidak baik dan bahkan berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, mulai dari sekarang sebaiknya batasi dalam mengkonsumsi kecap manis dalam menu masakan anda. Sayangi tubuh anda, karena sehat itu sangat berarti dan mahal harganya.

Baca Juga : Menggunakan Masker Coklat Untuk Perawatan Wajah

1 thought on “Sering Mengkonsumsi Kecap Manis Bahaya Bagi Kesehatan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *