Segudang Manfaat Yang Terkandung Pada Jahe

Segudang Manfaat Yang Terkandung Pada Jahe

Segudang Manfaat Yang Terkandung Pada Jahe

Jahe merupakan tanaman rimpang yang sering digunakan sebagai rempah-rempah dan juga sering dimanfaatkan sebagai bahan obat. Jahe memiliki rasa pedas sebagai khasnya, yang mana rasa pedas pada jahe tersebut disebabkan karena senyawa keton bernama zingeron.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Jahe memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Bahkan jahe merupakan jenis tanaman herbal yang sudah mendapatkan kepercayaan, khususnya dari masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat kita lihat dari banyaknya olahan jahe sebagai minuman kesehatan, termasuk minuman untuk menghangatkan badan di saat cuaca dingin. Bahkan tidak sedikit juga produsen obat-obatan yang mengatasnamakan jahe sebagai bahan racikan di dalam obat-obatan tersebut.

Lalu apa saja manfaat yang terkandung pada jahe??

  • Menurunkan Tekanan Darah

Jahe memiliki manfaat untuk merangsang pelepasan hormon adrenalin dan juga dapat memperlebar pembuluh darah, sehingga darah dapat mengalir lebih lancar dan lebih cepat, serta meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

  • Melancarkan Peredaran Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi jahe dapat secara efektif mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan juga hati. Gingerol yang terdapat pada jahe memiliki efek yang bersifat antikoagulan, sehingga mampu mencegah penggumpalan darah. Dan kandungan pada jahe mampu merangsang pelepasan hormon adrenalin yang pada akhirnya dapat memperlancar aliran peredaran darah. Sehingga, jahe mampu mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang menjadi penyebab utama penyakit stroke serta serangan jantung.

Baca Juga : Perawatan Kuku Agar Kuat dan Berkilau

  • Menurunkan Berat Badan

Seperti yang dikatakan sebelumnya, jahe dapat melebarkan pembuluh darah dan membakar kalori menjadi panas tubuh. Jahe hanya mengandung sedikit kalori, sehingga tidak akan berpengaruh pada kenaikan berat badan. Selain itu, mengkonsumsi jahe dengan membuat wedang setiap hari dapat menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh.

  • Mencegah Perut Buncit

Mengkonsumsi jahe secara rutin dan sebelum makan dapat mencegah perut buncit. Sebab, jahe dapat melancarkan metabolisme tubuh dan melancarkan sistem pencernaan. Sehingga, peningkatan metabolisme tersebut akan mempercepat pembakaran kalori dan terbebas dari perut buncit.

  • Membersihkan Kotoran Dalam Tubuh

Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dan teratur, tubuh dapat menjadi berkeringat. Dan dengan melalui keringat tersebut, berbagai jenis kotoran jahat yang terdapat dalam tubuh akan dikeluarkan.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

  • Mengatasi Perut Kembung

Ekstrak jahe sangat bermanfaat bagi mereka yang sering mengalami perut kembung. Sebab, jahe dapat mengobati gangguan pencernaan dan iritasi usus.

  • Mengatasi Mabuk Perjalanan

Jahe bagus untuk yang sering mengalami mabuk dalam perjalanan. Sebab, rempah-rempah yang satu ini diyakini dapat mengurangi rasa mual dan juga menyembuhkan jet lag.

  • Mengobati Demam dan Batuk

Gingerol pada jahe dapat melancarkan peredarah darah. Kandungan gingerol juga dapat digunakan untuk mengurangi demam dan batuk. Mengkonsumsi jahe berarti menekan timbulnya efek samping seperti yang terkandung dalam kandungan obat-obatan kimia.

  • Mengatasi Peradangan

Seperti telah dikatakan sebelumnya, jahe mengandung senyawa yang bernama gingerol. Senyawa tersebut bertanggung jawab sebagai aroma menyengat dan memiliki khasiat anti-inflamasi. Jadi, saat anda mencari obat anti peradangan, maka pastikan obat yang anda pilih mengandung gingerol.

Baca Juga : Bahaya Kelebihan Vitamin C Bagi Tubuh Yang Harus Anda Ketahui

  • Pereda Nyeri dan Sendi Kaku

Dalam sebuah studi yang telah dilakukan untuk menguji manfaat jahe, disimpulkan bahwa jahe juga ternyata dapat menghilangkan rasa sakit, meningkatkan pergerakan pada sendi, serta mengurangi pembengkakan akibat artritis reumatoid. Jahe juga bermnafaat untuk membantu meredakan nyeri pada punggung dan sakit kepala seperti migrain.

  • Menangkal Radikal Bebas

Jahe mengandung kandungan antioksidan yang mampu untuk dapat mengatasi efek merusak karena disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh.

  • Memerangi Sel Kanker

Jahe mengandung nutrisi yang dapat membantu meredam perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh. Pada sejumlah studi mengungkapkan bahwa khasiat ekstrak jahe dapat untuk memerangi beragam jenis kanker seperti kanker ovarium dan kanker usus.

Itulah Segudang Manfaat Yang Terkandung Pada Jahe. Masih banyak manfaat lain yang terkandung pada jahe, seperti, mencegah siklus menstruasi yang tidak teratur, mengobati sakit gigi, sebagai obat jerawat, membuat tubuh perkasa, mengobati morning sickness, mengobati migrain, mengobati luka gigitan ular, serta bersifat anti alergi.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

1 thought on “Segudang Manfaat Yang Terkandung Pada Jahe”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *