Perawatan Kuku Agar Kuat Dan Berkilau

Perawatan Kuku Agar Kuat Dan Berkilau

Perawatan Kuku Agar Kuat Dan Berkilau

Melakukan perawatan terhadap tubuh sangatlah penting. Tidak hanya untuk kesehatan, tapu juga untuk memberikan nilai positif terhadap penampilan. Terutama bagi kaum perempuan, penampilan adalah hal paling penting. Oleh karenya, melakukan perawatan tubuh juga tidak kalah pentingnya. Salah satunya adalah perawatan kuku, agar terlihat berkilau dan juga kuat. Nah, untuk itu, simaklah tips-tips berikut ini mengenai cara merawat kuku dengan baik.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Seperti halnya rambut, kuku merupakan salah satu perhiasan tubuh yang tidak boleh diabaikan, dan harus dirawat dengan baik. Dan itulah yang memang sering dilakukan oleh banyak perempuan. Kuku menjadi salah satu bagian dari perawatan mereka, baik itu perawatan ke salon maupun perawatan sendiri di rumah.

Fungsi utama dari kuku adalah untuk melindungi ujung jari, yang mana jari memiliki tekstur yang lembut dan dipenuhi dengan urat saraf. Kuku yang terawat dengan baik akan terlihat cantik. Kuku yang cantik dan bersih juga dapat menggambarkan kebersihan serta kondisi kesehatan seseorang. Selain itu, kuku yang cantik juga dapat menambah kepercayaan diri seseorang.

Lalu bagaimana cara merawat kuku agar cantik dan berkilau?

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang paling sering terpapar oleh berbagai hal ketika sedang beraktivitas sehari-hari, mulai dari mengetik komputer, memegang uang, hingga mengelola makanan di dapur. Dengan begitu, tangan menjadi anggota tubuh yang paling kotor dan paling mungkin banyak kuman dan bakteri. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk senantiasa menjaga kebersihan tangan terutama kuku. Perhatikan cara perawatan dan bahan yang digunakan dalam perawatan kuku anda.

Baca Juga : Bahaya Kelebihan Vitamin C Bagi Tubuh Yang Harus Anda Ketahui

  • Jangan Terlalu Sering Perawatan Di Salon

Melakukan perawatan kuku di salon memang cukup praktis, dan hasilnya pun terlihat lebih bagus daripada melakukan perawatan kuku sendiri di rumah. Namun tahukah anda? Ternyata melakukan perawatan kuku di salon terlalu sering juga tidak begitu baik untuk kesehatan kuku. Sebab, hal itu akan membuat kuku menjadi lebih rapuh, karena ketika di salon, kuku terlalu sering terkena unsur-unsur kimia yang keras. Bahkan, mungkin kuku akan terkena infeksi kronis, dan bagian sekitar kuku yang seharusnya rata mungkin akan menjadi bengkak. Jadi, sebaiknya lakukanlah perawatan kuku di rumah dengan sendiri. Kalaupun anda tetap memilih melakukan perawatan kuku di salon, sebaiknya anda membawa peralatan perawatan kuku sendiri, atau anda jangan terlalu sering melakukannya di salon, dibatasi saja.

  • Sebaiknya Lakukan Sendiri Perawatan Kuku Di Rumah

Melakukan perawatan kuku sendiri sebenarnya tidak terlalu rumit, hanya saja mungkin kita malas untuk melakukannya sendiri di rumah. Padahal untuk merawat kuku anda hanya perlu menggunting kuku ketika sudah panjang. Menggunting kuku secara rutin akan membuat kuku tetap sehat dan juga terlihat bersih dan cantik. Setelah memotong kuku, anda juga bisa menghaluskan bagian ujung kuku dengan kikir.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Saat melakukan perawat kuku, jangan lupa juga untuk merawat bagian kutikulanya dengan memberi pelembap pada bagian tersebut. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan dalam merawatnya. Jangan mendorong ataupun mengupas kutitula. Sebab, bisa merusak dan membuat kuku terinfeksi.

Saat membersihkan kuku bagian dalam berhati-hatilah, karena bagian tersebut beresiko terinfeksi, terutama saat membersihkannya dengan alat yang runcing. Bagian tersebut dapat terinfeksi jika jamur atau bakteri masuk ketika adanya celah antara kuku dan bantalan kuku.

  • Jangan Terlalu Sering Menggunakan Pengamplas Kuku dan Aseton

Mengamplas kuku memang bisa memudahkan kita untuk membentuk kuku dan membuatnya lebih cantik. Akan tetapi, ketika kita terlalu sering mengamplas kuku, alih-alih mendapatkan kuku cantik, justru malah membuat kuku bisa rusak. Kuku bisa mengalami retak kecil bahkan juga hingga retak permanen.

Selain itu, penggunaan aseton untuk membersihkan kuku juga bisa membuat kuku jadi rusak. Aseton adalah bahan yang terkandung pada cairan penghapus kuteks. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa kuku yang rapuh jika dibersihkan dengan aseton maka akan membuat kuku malah tambah rapuh. Hasil tersebut jelas menunjukkan bahwa aseton tidak baik untuk kuku.

Baca Juga : Hati-Hati, Jangan Kebanyakan Minum Air Kelapa !

  • Berikan Perawatan Alami

Untuk memperoleh kuku yang cantik dan berkilau, sebaiknya anda mencoba beberapa perawatan alami dengan menggunakan bahan-bahan alami. Seperti, merendam kuku dengan minyak zaitun yang hangat selama sekitar 15 menit hingga 20 menit. Minyak zaitun bisa membuat kuku anda lebih halus.

Kemudian, agar kuku anda berkilau dan kuat, pijatlah kuku menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam jeruk lemon. Setelah selesai, bersihkan kuku dengan dicuci. Jeruk lemon tersebut tidak hanya bisa membuat kuku anda berkilau dan kuat, tapi juga bisa menghilangkan noda pada kuku. Caranya, campurkan perasan jeruk lemon dengan secangkir air. Setelah itu, rendam kuku ke dalam campuran jeruk lemon tersebut selama beberapa menit. Jika sudah selesai, bersihkan kuku dengan dicuci dan juga gunakan pelembap setelahnya.

  • Rawat Kuku Cantik Dari Dalam

Selain melakukan perawatan dari luar, rawatlah kuku dari dalam juga, agar kuku cantik dan sehat. Anda perlu menjaga asupan gizi serta mengkonsumsi vitamin yang mengandung biotin. Sebab, biotin dipercaya dapat membuat kuku menjadi lebih tebal, sehingga tidak mudah patah dan juga pecah. Contoh makanan yang mengandung biotin adalah susu, kacang-kacangan dan telur.

Itulah beberapa perawatan kuku agar kuat serta terlihat cantik dan berkilau. Lakukanlah perawatan rutin dan teratur suapaya kuku selalu terjaga kesehatannya.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

1 thought on “Perawatan Kuku Agar Kuat Dan Berkilau”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *