Menggunakan Masker Coklat Untuk Perawatan Wajah

Menggunakan Masker Coklat Untuk Perawatan Wajah

Menggunakan Masker Coklat Untuk Perawatan Wajah

Coklat merupakan salah satu penganan yang sangat digandrungi banyak orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa bahkan orang tua. Coklat adalah hasil olahan biji kakao yang terdapat pada buah kakao. Nah, selain memiliki rasa yang nikmat, ternyata coklat hasil olahan biji kakao ini memiliki manfaat yang bagus ketika dijadikan masker untuk perawatan wajah. Mau tahu seperti apa masker coklat dan apa saja manfaatnya bila dijadikan masker? Simaklah ulasannya berikut ini !

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Coklat mengandung banyak nutrisi penting yang manfaatnya bagi tubuh sangat bagus. Dalam setiap 100 gram coklat, terdapat kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B6, B9, B12, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kolin, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, mangan, sodium, kalium, dan juga zinc.

Tidak hanya itu saja, coklat juga kaya akan flavonoid, zat alami dengan efek antioksidan. Antioksidan ini berfungsi untuk melindungi dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh yang bisa disebabkan oleh radikal bebas. Dengan begitu kulit pun akan tampak lebih awet muda, bebas dari penuaan dini, serta terlindung dari sinar matahari yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit.

Ada sebuah anggapan yang menyatakan bahwa coklat merupakan biang dari timbulnya jerawat. Namun, hal tersebut belum dapat dibuktikan sampai saat ini, yang menunjukkan bahwa pernyataan tersebut benar. Sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan adanya senyawa atau bahan kimia alami dalam coklat murni yang bisa memicu timbulnya jerawat atau bahkan membuat jerawat menjadi lebih parah.

Baca Juga : Hati-Hati ! Kebanyakan Makan Durian Ternyata Tidak Baik

Coklat justru ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk kulit, caranya yaitu dengan menggunakannya sebagai perawatan kulit wajah, seperti salah satunya adalah sebagai masker wajah. Masker coklat untuk wajah memiliki banyak manfaat, diantaranya :

1. Mencegah Penuaan Dini

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, coklat memberikan manfaat terhadap kulit yang membuat kulit tampak lebih awet muda. Sebab, coklat memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bisa mencegah radikal bebas penyebab munculnya penuaan. Adapun jenis penuaan yang bisa dicegah dengan coklat adalah kerutan, keriput, garis-garis, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, kulit akan telihat lebih awet muda meskipun usianya sudah cukup tua.

2. Melindungi Kulit Dari Sinar UVA dan UVB

Kandungan flavonoid yang tinggi pada coklat membuatnya mampu untuk mencegah dampak buruk dari sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari sinar matahari. Selain itu, coklat juga mengandung anti-inflamasi yang akan mampu mengatasi peradangan yang disebabkan sinar matahari berlebih.

3. Sebagai Detoksifikasi

Masker coklat akan memberikan manfaat sebagai detoks untuk membersihkan racun pada kulit yang nantinya bisa menyebabkan munculnya berbagai masalah pada kulit, seperti iritasi sampai alergi. Nah, dengan masker coklat, kulit anda bisa bebas dari racun yang akan memberikan masalah tersebut. Dan untuk melengkapinya, anda bisa mengkombinasikan coklat dengan kafein. Karena kombinasi tersebut dipercaya akan mampu men-detoksifikasi racun yang ada dalam lapisan kulit.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

4. Menutrisi Kulit Dengan Baik

Kulit sangatlah perlu asupan nutrisi berupa vitamin dan mineral, yang diperlukan untuk meregerenasi sel-sel yang baru. Dan dengan menggunakan masker coklat, kebutuhan kulit akan nutrisi tersebut bisa tercukupi. Pasalnya, coklat mengandung vitamin A, B1, C, D, dan E. Selain itu, coklat juga mengandung mineral alami seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan sebagainya.

5. Melembabkan Kulit Wajah

Manfaat yang akan diberikan masker coklat berikutnya adalah melembabkan kulit wajah. Caranya bisa anda aplikasikan dengan membuat masker coklat yang dicampurkan dengan madu murni dan juga susu murni secukupnya. Gunakan masker tersebut secara rutin setiap satu minggu sebanyak 2 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Mencerahkan Kulit Wajah

Masker coklat juga akan memberikan manfaat dengan membantu mencerahkan kulit wajah secara alami. Untuk memperoleh manfaat tersebut, buatlah masker coklat yang dipadukan dengan tambahan susu murni secukupnya.

Itulah beberapa manfaat yang akan diperoleh dengan menggunakan masker coklat sebagai perawatan wajah. Jadi, jangan mengira kalau coklat itu hanya sebatas enak di mulut saja, namun juga memberikan manfaat yang bagus untuk kesehatan kulit dengan menjadikannya sebagai masker wajah.

Baca Juga : Bersiwak Ternyata Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan

1 thought on “Menggunakan Masker Coklat Untuk Perawatan Wajah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *