Mendongeng Pada Anak Ternyata Ada Manfaatnya

Mendongeng Pada Anak Ternyata Ada Manfaatnya

Mendongeng Pada Anak Ternyata Ada Manfaatnya

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak orang tua meninggalkan budaya cerita mereka untuk anak-anak. Orang tua saya sekarang menggunakan teknologi digital untuk menghibur bayi mereka. Sebenarnya, dongeng dibicarakan langsung dari mulut orang tua dan merupakan hiburan yang tepat bagi anak-anak.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Selain hal yang menarik, kegiatan ini memiliki banyak kelebihan sehingga bisa membantu perkembangan anak di masa depan.

Belum diputuskan dalam cerita yang terlalu dini. Jika yang kecil masih dalam kandungan, aktivitas ini sudah bisa dilakukan. Saat bayi kecil lahir, sebaiknya teruskan kebiasaan baik ini.

Memang, bayi kecil tidak mengerti kata-kata Anda, tapi mendengarkan suara Anda bisa menjadi langkah awal untuk merangsang kemampuan mengenali dengan mendengarkan suara. Berikut adalah beberapa keuntungan dari mendongeng untuk anak-anak :

  • Perkaya kosa kata anak-anak.
  • Mendengarkan cerita yang bisa merangsang imajinasi, saya berpikir bahwa si kecil akan tumbuh menjadi anak kreatif.
  • Kemampuan melatih untuk mendengarkan.
  • Setelah membaca ceritanya, Anda bisa bertanya kepada anak-anak cerita atau membiarkan mereka berbicara. Hal ini bermanfaat untuk melatih ingatannya.
  • Kami akan mengenalkan anak-anak kami pada hal-hal seperti gambar, gambar, huruf, angka, dan lainnya.
  • Lebih banyak anak mendengarkan anak-anak yang berbicara lebih mudah.
  • Saat Anda menceritakannya, Anda dan si kecil Anda bisa memeluknya bersama, peluk. Hal ini dapat meningkatkan hubungan orangtua-anak.

Tapi ingat, jangan memberi dongeng kepada anak lewat media teknologi. Misalnya, mari kita lihat seorang anak nonton TV, lalu setelah dia lihat, ayo dengarkan ceritanya lewat layar, mari kita download ceritanya lewat aplikasi dongeng di gadget.

Baca Juga : Anda Suka Ngorok Saat Tidur? Beginilah Cara Mengatasinya!

Membaca dongeng, anak Anda adalah aktivitas interaktif yang memungkinkan Anda bertukar pikiran dengan cerita. Sekalipun hal itu dilakukan oleh media digital, kegiatan ini bisa menjadi salah satu cara. Dalam dongeng digital anak-anak bisa kehilangan kemampuan mereka untuk berpikir karena imajinasi mereka dan dia diberi kacamata hanya dengan satu orang.

Tips Menjadi Pendongeng yang Baik

Menjadi teller cerita itu mudah, terutama jika dilakukan dengan main-main. Inilah tip berikutnya :

  • Sebagai buku gambar yang lengkap dan penuh warna, silahkan pilih buku yang bisa menarik perhatian anak-anak. Sebisa mungkin cari buku dengan tipe kardus untuk mencegah kemunduran yang cepat akibat tertangkap dalam ukuran yang kompak. Secara umum, anak-anak suka memasukkan semua yang dimilikinya di mulutnya. Setelah melihat disainnya, saya pilih buku dengan cerita yang memiliki pesan moral. Mendongeng Pada Anak Ternyata Ada Manfaatnya.
  • Sebelum ceritanya, pastikan Anda sudah tahu plot untuk mengeksplorasi dan menyampaikan pesannya bahkan kepada anak-anak.
  • Tentang pengisahan cerita, saat diawali dengan ungkapan “satu hari” atau “dulunya suatu waktu”.
  • Dengarkan dongeng dari Anda dengan antusias tolong beritahu saya hampir satu ekspresi penuh. Bahkan saat menggambarkan cerita yang ada, atur nada suaramu. Misalnya, ketika Anda menemukan huruf anak-anak dalam cerita mengubah suara Anda sebaiknya membunyikan anak kecil, ganti. Jika ada karakter buruk, ubah suaramu dengan lebih tidak menyenangkan. Baca : Cara Mengobati Psoriasis
  • Anda tidak memerlukan kata tindak lanjut 100% untuk kata-kata yang tercetak di buku ini. Gunakan kata-kata Anda sendiri mudah dimengerti anak.
  • Kami memiliki interaksi seperti pertemuan ini. Penjelasan berlebihan dari cerita ini, Anda dan si kecil Anda bisa berkomunikasi di kedua arah. Di tengah cerita, atau di bagian manapun, Anda bisa bertanya tentang sisa cerita. Misalnya, ketika Anda menceritakannya, tentang Marin, lalu apa, lalu mengubah “Marine Kundang”, Anda mungkin bertanya, “?” Seiring otak anak berpikir untuk mengajukan masalah dengan dongeng, Anda harus tergelitik sebanyak mungkin.
  • Tidak perlu mengajarinya membaca atau mengenali huruf, karena aktivitasnya bisa mengurangi kesenangan anak saat ceritanya selesai. Cukup fokus pada kesempatan untuk bersenang-senang dengan anak-anak.

Hal pertama yang Anda rasakan adalah Anda tidak bercita-cita untuk menceritakannya, terutama jika Anda tidak mengerti sesuatu yang kecil, atau mungkin Anda sibuk dengan berbagai pekerjaan rumah tangga yang tidak memiliki waktu untuk ceritanya.

Sebenarnya, ini adalah cerita yang sederhana. Bicarakan saja dengan anak-anak dan habiskan sepanjang hari selama 10 sampai 15 menit. Bisa Anda lakukan sebelum tidur siang, sebelum tidur di malam hari, atau jika Anda tidak bosan dengan yang kecil. Saat berbicara, Anda melakukannya, sehingga Anda bisa benar-benar bahagia, yang terpenting. Mendongeng Pada Anak Ternyata Ada Manfaatnya.

Baca Juga : Anda Suka Makan Gorengan? Inilah Bahayanya Bagi Kesehatan !

1 thought on “Mendongeng Pada Anak Ternyata Ada Manfaatnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *