Mencegah Osteoporosis Dengan Asupan Vitamin Untuk Tulang

Mencegah Osteoporosis Dengan Asupan Vitamin Untuk Tulang

Mencegah Osteoporosis Dengan Asupan Vitamin Untuk Tulang

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang menyerang tulang. Penyakit didefinisikan sebagai suatu kondisi di mana kualitas kepadatan tulang menurun, sehingga membuat tulang jadi keropos dan mudah retak. Penyakit ini tidak bisa dianggap sepele, karena beresiko membahayakan nyawa penderitanya. Untuk itu, perlu upaya pencegahan agar terhindar dari penyakit yang satu ini.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Osteoporosis pada umumnya baru akan diketahui setelah ditemukannya retak pada tulang, setelah pasien mengalami jatuh ringan. Kasus yang paling banyak ditemukan pada penderita osteoporosis adalah retak pada pergelangan tangan, tulang pinggul, dan tulang belakang.

Penyakit osteoporosis ini lebih beresiko menyerang wanita dibandingkan pria. Di Indonesia saja, ada sebanyak 23% wanita berusia 50-80 tahun dan 53% wanita berusia 70-80 tahun yang menderita osteoporosis. Meski begitu, osteoporosis bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada orang-orang yang masih berusia muda. Maka dari itu, sangatlah perlu untuk memenuhi asupan vitamin yang baik untuk kesehatan tulang, agar tercegah dari penyakit osteoporosis dan juga penyakit tulang lainnya.

Osteoporosis atau pengeroposan tulang merupakan penyakit yang cukup serius, apalagi jika diderita oleh remaja. Sebab, dengan kondisi tulang yang rawan retak, maka penderita tidak akan bisa bebas untuk melakukan aktvitas, apalagi yang menguras tenaga seperti mengangkat beban berat, karena itu bisa beresiko menyebabkan cedera tulang atau tulang retak bahkan patah.

Menurunnya kualitas kepadatan tulang memang membuat kekuatan tulang jadi lemah, sehingga tulang mudah patah dan rapuh. Kondisi tersebut umumnya tidak menimbulkan sakit, terkecuali pada kondisi patah tulang belakang, yang dapat menimbulkan sakit jangka panjang atau kronis. Bahkan tidak hanya tulang retak atau patah saja, sebagian penderita osteoporosis yang berusia lanjut juga memiliki postur tubuh yang membungkuk, atau pembengkokan tulang ke arah depan. Kondisi itu umumnya terjadi ketika tulang belakang patah, sehingga tulang membengkok karena tidak mampu lagi menopang berat badan.

Baca Juga : Makan Mie Instan Campur Nasi Ternyata Berbahaya

Penuhi Asupan Vitamin Untuk Tulang Sejak Dini

Agar tulang terbebas dari masalah oesteoporosis memang salah satunya adalah dengan menjaga tulang agar tetap sehat, yakni dengan memenuhi kebutuhan asupan vitamin yang bagus untuk tulang. Dan vitamin yang dibutuhkan oleh tulang adalah vitamin D, guna menjaga kekuatan tulang dan juga otot. Tanpa adanya vitamin D, penyerapan kalsium tidak akan mampu berlangsung dengan baik. Akibatnya, tubuh kehilangan senyawa penting yang dapat mencegah penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Cara yang paling mudah dan praktis untuk mendapatkan asupan vitamin D adalah melalui paparan sinar matahari. Namun selain itu juga, perlu untuk perbanyak konsumsi jenis-jenis makanan sehat dan bergizi. Sebuah hasil penelitian menyatakan bahwa, kandungan vitamin D dan kalsium dapat meningkatkan kepadatan tulang untuk wanita yang telah memasuki masa menopause. Selain itu, manfaat vitamin untuk tulang juga dapat membantu penyembuhan penyakit rakitis.

Seseorang yang kekurangan vitamin D umumnya memiliki karakteristik seperti :

  • Jarang terkena paparan sinar matahari.
  • Berusia 50 tahun lebih.
  • Menderita penyakit ginjal.
  • Tidak toleran terhadap laktosa (susu).
  • Kulit berwarna gelap.
  • Bayi baru lahir yang hanya diberi ASI saja.
  • Diet berlebihan dengan menerapkan pola makan meniadakan konsumsi daging, ikan, telur, serta produk olahan susu.

Seseorang yang kekurangan vitamin D rendah umumnya membutuhkan konsumsi suplemen vitamin D. Selain itu, bisa juga mendapatkannya dari buah dan sayuran yang mengandung vitamin D.

Asupan Vitamin D Yang Dibutuhkan Tubuh

Anak-anak dan remaja usia antara 9 sampai 18 tahun membutuhkan asupan vitamin D sebanyak 600 satuan internasional (IU) per hari (1 IU = 0,025 mikrogram cholecalciferol atau ergocalciferol).

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Sedangkan orang dewasa usia 50 tahun ke bawah membutuhkan 400 IU hingga 800 IU vitamin D per hari. Dan orang dewasa usia di atas 50 tahun membutuhkan asupan 800 IU sampai 1.000 IU vitamin D per sehari.

Adapun batas normal kadar vitamin D di dalam tubuh dalam sehari tidak boleh melebihi 4.000 IU, karena dapat meningkatkan resiko terkena batu ginjal. Jika anda ingin mendapatkan takaran asupan vitamin D yang tepat untuk menghindari kekurangan vitamin D, sebaiknya anda konsultasikan pada dokter.

Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Tulang

Salah satu kunci memiliki tulang yang sehat dan kuat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium. Nutrisi tersebut sangat bagus untuk tubuh, seiring dengan bertambahnya usia dan semakin melemahnya kepadatan tulang. Dengan mengkonsumsi vitamin untuk tulang seperti vitamin D dan kalsium, maka penyakit osteoporosis bisa dicegah.

Dan berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin untuk tulang, antara lain :

  • Produk susu, yoghurt, dan keju.
  • Ikan sarden, tuna dan salmon.
  • Jus jeruk.
  • Telur.
  • Bayam.

Masukkanlah makanan-makanan tersebut ke dalam menu makan anda, demi mencegah penyakit osteoporosis. Anda juga bisa mengalami kekurangan vitamin D jika jarang terpapar sinar matahari. Imbangi juga asupan vitamin D dengan melakukan olah raga secara teratur agar tulang tetap kuat dan sehat.

Baca Juga : Inilah Manfaat Lari Pagi Yang Belum Anda Ketahui

1 thought on “Mencegah Osteoporosis Dengan Asupan Vitamin Untuk Tulang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *