Memberi Makan Anak Dengan Asupan Yang Tepat

Memberi Makan Anak Dengan Asupan Yang Tepat

Memberi Makan Anak Dengan Asupan Yang Tepat

Asupan makanan yang bergizi pada anak sangatlah penting, demi pertumbuhan dan perkembangan berjalan optimal. Oleh sebab itu, pastikanlah bahwa anak mendapatkan asupan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Anak yang masih berusia balita mempunyai risiko besar terkena kekurangan gizi. Di usia tersebut, anak dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat, sehingga merka membutuhkan asupan zat gizi yang lebih banyak, namun di sisi lain mereka malah mengalami penurunan nafsu makan dan daya tahan tubuhnya pun masih rentan.

Memberikan asupan makanan dengan nutrisi yang tepat pada anak, artinya :

  • Tepat kombinasi zat gizinya, antara kebutuhan protein, karbohidrat, vitamin, lemak, mineral serta kebutuhan cairan tubuh pada anak, yaitu 1-1,5 liter/hari.
  • Tepat porsinya, sesuai yang dibutuhkan tubuh berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian.
  • Tepat dengan tahap perkembangan anak, artinya kebutuhan kalori anak berdasarkan berat badan dan usia.

Nah, oleh sebab itu, ketika memberikan makanan pada anak, usahakan nutrien-nutrien berikut ini ada di dalam makanan yang akan anak konsumsi. Diantaranya :

  • Karbohidrat

Untuk menunjang aktivitas anak, dibutuhkan jumlah energi yang memadai, salah satu sumbernya adalah karbohidrat. Kegunaan lain dari karbohidrat adalah membantu tubuh menggunakan protein dan lemak untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Beberapa sumber karbohidrat yang bisa didapat dengan mudah adalah beras, sereal, roti, kentang, dan pasta.

Baca Juga : Terlalu Lama Tidur Ternyata Bisa Berbahaya

  • Protein

Protein merupakan bahan utama penyusun sel dalam tubuh manusia. Tidak heran jika pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat memerlukan dukungan nutrisi ini. Beruntung, banyak pilihan sumber makanan yang mengandung protein. Senyawa ini bisa ditemukan di dalam susu, telur, makanan laut, dan daging. Bukan hanya berbasis hewan, protein juga bisa ditemukan di dalam tumbuhan. Kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian adalah sumber protein nabati yang layak dijadikan bahan dalam resep makanan anak.

  • Zat Besi

Peranan zat besi bagi tubuh salah satunya adalah membawa oksigen di dalam darah. Selain itu, zat besi juga dapat menjaga semangat anak-anak tetap terjaga. Untuk mencukupi kebutuhan anak akan zat besi, beberapa makanan yang bisa menjadi pilihan adalah daging tanpa lemak, ikan, sayuran hijau gelap, biji-bijian, buah-buahan, dan kacang-kacangan yang diperkaya zat besi senantiasa bisa diberikan. Guna mendukung dirinya memiliki sistem penyerapan zat besi yang lebih baik, berikan anak cukup makanan yang mengandung vitamin C.

  • Kalsium

Guna mendukung pertumbuhan anak, kebutuhan kalsium dirinya wajib dipenuhi. Zat ini sangat penting untuk memperkuat tulang dan gigi. Bahan makanan yang kaya akan kalsium berasal dari susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt. Selain itu, beberapa sayuran berdaun juga bisa menjadi sumber kalsium yang layak diprioritaskan.

  • Vitamin

Vitamin memiliki peran vital bagi perkembangan dan pertumbuhan anak-anak. Vitamin A sangat berguna untuk menunjang kesehatan mata, kulit, dan mencegah infeksi. Sementara itu, selain baik dalam melawan flu, vitamin C juga berperan penting dalam memperkuat dinding pembuluh darah, membantu proses penyembuhan luka, dan memperkuat tulang dan gigi. Vitamin A bisa diperoleh dari wortel, labu, bayam, ubi jalar, brokoli, minyak ikan, kuning telur, dan kubis. Sementara untuk memperoleh manfaat vitamin C, anda bisa memilih jeruk, stroberi, mangga, melon, pepaya, tomat, brokoli, kembang kol, bayam, dan kentang.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

  • Asam Folat

Nutrisi lain yang wajib ada di dalam resep makanan anak adalah asam folat. Senyawa ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak anak. Kondisi kekurangan asam folat menjadikan anak berisiko menderita anemia. Beberapa sumber makanan yang mengandung asam folat adalah asparagus, bayam, sereal biji-bijian utuh, buncis, lentil, kacang hijau, dan kubis.

  • Serat

Guna mendukung kinerja pencernaan anak, maka asupan serat harus tercukupi. Untuk itu, anak-anak harus rajin mengonsumsi makanan yang kaya serat, seperti sereal, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Meskipun kebanyakan anak-anak memang kurang menyukai makanan jenis ini, tapi orang tua harus bisa mengupayakannya, misalkan dengan mengkreasikan makanannya, supaya anak lebih tertarik untuk memakannya.

  • Lemak

Sumber energi lain yang mudah disimpan dalam tubuh anak-anak adalah lemak. Sumber-sumber lemak yang bisa disajikan pada anak adalah susu, ikan, daging merah, dan kacang-kacangan.

  • Antioksidan

Anak yang sehat memiliki kekebalan tubuh yang prima dalam menghadapi ancaman serangan penyakit dari luar. Untuk peran yang satu ini, biasakan anak diberikan sumber makanan dengan kandungan antioksidan yang memadai. Antioksidan memiliki peran vital dalam memperkuat imunitas tubuh manusia. Beberapa makanan yang mengandung senyawa ini, antara lain kacang almond, jeruk, bayam, tomat, wortel, buah beri, dan paprika.

Dari yang telah disebutkan di atas, sebenarnya banyakn bahan makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan anak, sehingga kiranya bukan hal yang sulit bagi para orang tua untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Yang terpenting adalah semuanya harus seimbang, jangan sampai kekurangan ataupun berlebihan.

Baca Juga : Inilah Beberapa Manfaat Madu Untuk Kesehatan

1 thought on “Memberi Makan Anak Dengan Asupan Yang Tepat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *