Manfaat Terong Ungu Yang Bagus Untuk Kesehatan

Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan

Manfaat Terong Ungu Yang Bagus Untuk Kesehatan

Manfaat Terong Ungu Yang Bagus Untuk Kesehatan perlu anda ketahui. Bagi masyarakat pulau Jawa, sudah tidak asing lagi dengan yang namanya terong ungu. Terong ungu sering ini cukup populer dan sudah biasa dikonsumsi. Terong ungu lebih sering dianggap sebagai sayuran daripada buah-buahan, meskipun bagi kebanyakan orang terkadang bingung harus mengklasifikasikan terong ungu ini ke dalam golongan buah atau sayur. Namun yang pasti adalah terong ungu ini ternyata memiliki banyak manfaatnya yang bagus untuk kesehatan. Mari kita simak ulasannya berikut ini !

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Terong ungu banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai sayuran yang diolah menjadi hidangan untuk disantap dengan nasi. Tidak sedikit rumah makan atau warung nasi di Indonesia yang menyajikan masakan terong ungu sebagai salah satu menunya, seperti balado terong, terong krispi, bahkan ada juga terong penyet.

Kandungan Gizi Terong Ungu

Ada berbagai zat yang terkandung dalam terong ungu. Kandungan tersebut antara lain :

  • Vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin D dan vitamin K.
  • Zat besi.
  • Antosianin.
  • Ellagic Acid (salah satu komponen fenolik).
  • Phycocyanian.

Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan

Dengan berbagai kandungan gizi tersebut, terong ungu memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat yang terkandung pada sayuran terong ungu ini? Inilah dia Manfaat Terong Ungu Yang Bagus Untuk Kesehatan, diantaranya adalah :

  • Baik Untuk Kesehatan Jantung

Terong ungu dapat menurunkan kadar kolesterol serta membantu menstabilkan tekanan darah. Dengan manfaat tersebut terong ungu dapat menurunkan resiko terhadap penyakit jantung. Selain itu, tubuh juga akan terus terhidrasi dengan baik, karena terong ungu mengandung kalium. Dengan begitu, tidak ada retensi cairan yang mencegah penyakit jantung koroner.

Baca Juga : Dampak Buruk Polusi Udara Akibat Kabut Asap

  • Membantu Fungsi Otak

Terong ungu mengandung fitonutrien yang dapat menjaga membran sel dan melindungi dari segala bentuk kerusakan, serta memfasilitasi transfer pesan dari satu bagian ke bagian lainnya, sehingga melestarikan fungsi memori.

  • Menurunkan Berat Badan

Terong ungu dianggap memiliki kandungan air yang tinggi namun memiliki kalori yang rendah. Hal tersebut membuat terong ungu sangat ideal dijadikan sebagai makanan sehat bagi orang-orang yang menginginkan penurunan berat badan. Tekstur terong ungu yang kenyal adalah karakteristik salah satu makanan yang dapat dimakan dalam bentuk mentah.

  • Membantu Pencernaan

Terong ungu berkhasiat untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat, karena pada terong ungu terdapat kandungan serat yang baik. Kandungan serat tersebut akan mencegah sembelit dan juga mengurangi resiko kanker usus besar.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

  • Mengontrol Kadar Gula Darah

Terong ungu merupakan sumber serat yang sangat kaya dan kandungan karbohidrat larut yang rendah. Terong ungu sangat bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah dan juga mengontrol penyerapan glukosa. Terong ungu merupakan pilihan makanan yang tepat bagi orang-orang yang menderita diabetes tipe 2.

  • Mencerahkan Kulit

Terong ungu mengandung kadar air dalam jumlah yang tinggi. Hal tersebut akan membantu tubuh dan menjaga tubuh serta kulit selalu terhidrasi dengan baik. Kandungan mineral dan vitaminnya juga membantu memberikan kulit yang baik.

  • Melembabkan Kulit Kepala

Terong ungu mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang baik untuk memberikan nutrisi bagi kulit kepala agar tetap sehat. Hal tersebut juga akan menghindari sejumlah masalah yang terkait dengan kesehatan kulit kepala.

Itulah Manfaat Terong Ungu Yang Bagus Untuk Kesehatan. Dengan berbagai manfaat tersebut yang bagus untuk kesehatan, maka alangkah baiknya anda menjadikan terong ungu ini sebagai salah satu menu makan anda, agar anda dapat merasakan manfaat yang dikandungnya.

Baca Juga : Hati-Hati, Mengendarai Motor Tanpa Jaket Itu Berbahaya !

1 thought on “Manfaat Terong Ungu Yang Bagus Untuk Kesehatan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *