Manfaat Kesehatan dan Kecantikan dari Lidah Buaya

Manfaat Kesehatan dan Kecantikan dari Lidah Buaya

Manfaat Kesehatan dan Kecantikan dari Lidah Buaya

Anda mungkin pernah mendengar atau bahkan sering melihat ada beberapa produk kesehatan dan produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar pembuatannya. Hal tersebut tidak mengherankan memang, karena lidah buaya sendiri memang memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Tanaman lidah buaya memang telah dikenal sejak ribuan tahun lalu memiliki banyak khasiat. Bakan secara historis, tanaman lidah buaya dianggap berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan efektif sebagai obat pencahar. Dan seiring berkembangnya zaman, lidah buaya juga semakin mendapatkan kepercayaan sebagai obat tradisional untuk mengobati beberapa penyakit.

Manfaat Yang Terkandung Pada Lidah Buaya

1. Memenuhi Kebutuhan Vitamin

Tubuh memerlukan asupan vitamin setiap harinya untuk memberikan nutrisi pada tubuh. Sebab, setiap harinya tubuh beraktifitas, mengeluarkan banyak tenaga, membuat otak terus berpikir, dan tentunya merasakan lelah fisik serta batin setelah melakukan serangkaian aktifitas seharian. Dengan terpenuhinya asupan nutrisi pada tubuh, maka tubuh akan dapat terjaga kebugarannya. Salah satu asupan yang bisa menjadi pilihan adalah jus lidah buaya, karena dalam lidah buaya terkandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, B2, B6, B12, vitamin C, vitamin E, dan asam folat. Dan selain itu, beberapa mineral juga terkandung pada lidah buaya, seperti zat besi, natrium, kalsium, zink, kromium, kalium, dan magnesium.

2. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Setiap hari tubuh kita terkena racun, baik dari luar maupun dari dalam. Racun tersebut bisa berasal dari makanan yang dikonsumsi, dari sisa hasil metabolisme tubuh atau fungsi yang dilakukan tubuh. Oleh karena itu, tubuh memerlukan proses yang dinamakan dengan detoksifikasi, yaitu proses yang dilakukan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Baca Juga : Tips Menjadikan Keluarga Anda Keluarga Yang Sehat

Tubuh sebenarnya sudah memiliki mekanisme khusus untuk mengeluarkan racun, seperti melalui keringat atau air kencing. Namun selain itu, akan lebih baik jika kita turut membantu membersihkan  racun di dalam tubuh. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi jus lidah buaya, karena tanaman lidah buaya kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan. Racun yang bersarang di dalam tubuh akan membuat fungsi organ vital jadi rusak secara perlahan.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ketika tubuh mendapatkan luka, maka harus segera ditangani dengan baik, agar tidak terjadi infeksi yang bisa memperparah kondisinya. Nah, tanaman lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi luka, caranya adalah mengoleskan langsung gel lidah buaya pada luka, sesegera mungkin saat luka masih baru, dan sebelumnya luka dibersihkan terlebih dahulu. Lidah buaya akan memberikan rasa kesejukan pada bagian luka, sehingga rasa perih bisa hilang secara berangsur-angsur.

4. Menghilangkan Ketombe

Tidak sedikit shampoo yang menggunakan tanaman lidah buaya sebagai bahan bakunya. Itu karena lidah buaya sendiri memang memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan rambut, salah satunya adalah mengatasi ketombe. Cara memanfaatkan tanaman lidah buaya untuk mengatasi ketombe ini bisa dikombinasikan dengan buah mengkudu, yaitu dengan mengoleskan campuran tanaman lidah buaya dengan buah mengkudu pada kulit kepala yang berketombe secara merata. Diamkan selama kurang lebih satu jam, kemudian bilas dengan menggunakan shampoo sampai bersih.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

5. Menghaluskan Rambut

Tanaman lidah buaya tidak hanya bagus untuk mengatasi ketombe, tapi juga bagus untuk kesehatan rambut. Caranya yaitu dengan memanfaatkan lendirnya (gel lidah buaya). Oleskan gel lidah buaya secara menyeluruh pada rambut hingga kulit kepala. Lakukan secara rutin agar rambuh lebih halus.

6. Melembabkan Rambut

Tanaman lidah buaya juga bisa membuat rambut tidak mudah kering. Rambut yang kering akibat kurang vitamin bisa diatasi dengan tanaman lidah buaya ini. Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala. Lakukan dengan rutin sebanyak 2 kali sehari selama beberapa hari. Masing-masing perawatan cukup menghabiskan waktu sekitar 20 menit saja.

7. Mencegah Kebotakan

Tanaman lidah buaya juga memiliki manfaat yang dapat mencegah kebotakan dan menumbuhkan rambut lebih cepat. Selain itu, tanaman lidah buaya juga dapat menghilangkan uban. Kebotakan yang disebabkan oleh rambut yang tipis dan lemah sehingga mudah rontok, lama-kelamaan akan jadi botak. Cara memanfaatkan tanaman lidah buaya untuk mencegah kebotakan adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala dan rambut secara menyeluruh. Kemudian biarkan gel tersebut menempel selama kurang lebih 15 menit, setelah itu bersihkan dengan menggunakan shampoo.

Baca Juga : Jauhkanlah Asap Rokok Dari Buah Hati Anda !

8. Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan masalah yang sangat mengganggu. Selain karena sering terasa sakit, jerawat juga membuat penderitanya merasa malu dengan kemunculannya, apalagi dalam jumlah banyak. Bahkan jerawat sering kali muncul lagi meskipun sudah pernah bisa diatasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat secara alami adalah dengan menggunakan tanaman lidah buaya. Caranya yaitu dengan menggunakan dagingnya untuk dioleskan pada wajah yang berjerawat. Cara tersebut dilakukan secara rutin sehabis bangun tidur dan menjelang tidur malam. Lakukanlah sampai jerawat hilang dengan perlahan.

9. Menyehatkan Kulit

Tidak sedikit produk kosmetik yang menggunakan tanaman lidah buaya sebagai bahan bakunya. Hal itu lantaran tanaman lidah buaya ini memang memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan kulit, diantaranya :

  • Memberikan kelembaban pada kulit lebih lama.
  • Membuat kulit lebih cerah dan tidak kusam.
  • Mengatasi kulit kering karena ehidrasi atau kekurangan vitamin.
  • Membuat permukaan kulit jadi lebih halus.
  • Membuat kulit jadi lebih kenyal dan sehat.

10. Mengurangi Gatal Pada Kulit

Gatal pada kulit bisa diatasi juga dengan tanaman lidah buaya. Caranya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya pada permukaan kulit yang mengalami gatal.

Itulah beberapa Manfaat Kesehatan dan Kecantikan dari Lidah Buaya. Jadi, tanaman lidah buaya ini memang memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan. Tanpa membeli produk kesehatan dengan harga yang mahal, anda juga bisa memanfaatkan lidah buaya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

1 thought on “Manfaat Kesehatan dan Kecantikan dari Lidah Buaya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *