Manfaat Buah Blueberry Untuk Penderita Psoriasis

Manfaat Buah Blueberry Untuk Penderita Psoriasis

Manfaat Buah Blueberry Untuk Penderita Psoriasis

Blueberry merupakan salah satu makanan yang bagus dikonsumsi penderita psoriasis. Manfaat Buah Blueberry Untuk Penderita Psoriasis sangat baik dalam membantu perawatan psoriasis dan juga membantu dalam upaya pengobatan psoriasis.

Manfaat Buah Blueberry Untuk Penderita Psoriasis

Peranan makanan terhadap perkembangan suatu penyakit memang cukup berpengaruh. Makanan yang dikonsumsi akan sangat mempengaruhi penyakit yang diderita apakah akan terus berkembang semakin parah atau membaik. Oleh karenanya ada istilah pantangan makanan penyakit. Yang mana makanan-makanan tersebut dikategorikan memberi pengaruh buruk terhadap penyakit yang bisa membuat penyakit semakin parah. Sebaliknya, makanan yang baik akan membantu dalam proses pengobatan penyakit. Salah satunya pada penyakit psoriasis ini, yang mana salah satu makanan yang baik dikonsumsi adalah buah blueberry, karena manfaat yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk penderita psoriasis.

Fitonutrien dalam Buah Blueberry

Fitonutrien adalah zat kimia alami yang terkandung dalam tumbuh-tumbuhan. Terdapat ribuan zat kimia natural yang dibutuhkan oleh tanaman untuk melindungi dirinya dari kuman, jamur, dan hal-hal lain yang membahayakan hidupnya. Bagi manusia, mengkonsumsi fitonutrien akan membantu mencegah penyakit yang mungkin menjangkiti tubuh dan dapat menjaga organ-organ tubuh agar berfungsi dengan baik.

Kandungan fitonutrien dalam blueberry antara lain :

  • Anthocyanins : malvidins, delphinidins, pelargonidins, cyanidins, peonidins
  • Asam hydroxycinnamic : asam caffeic, asam ferulat, asam coumaric
  • Asam hidroksibenzoat : asam gallic, asam procatchuic
  • Flavonoid : kaempferol, quercetin, myricetin
  • Fenol lainnya yang berhubungan dengan Fitonuntrien : pterostilbene (melawan kanker), resveratrol.

Hampir semua fitonutrien yang disebutkan di atas, memiliki fungsi sebagai antioksidan dan sebagai senyawa anti-inflamasi / peradangan bagi tubuh, dan khasiat ini jelas sangat bagus untuk penderita psoriasis yang mengalami peradangan kronis pada kulitnya. Fitonutrien juga berguna untuk banyak manfaat kesehatan lainnya jika dikonsumsi secara teratur. (Baca Juga : CARA MENGOBATI PSORIASIS)

Manfaat dan Khasiat Blueberry

  • Memperkuat Imun dan Perlindungan Tubuh Secara Menyeluruh

Menurut Highbush Blueberry Council AS, blueberry memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan buah atau sayuran lainnya. Kandungan antioksidan akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan menetralisir radikal bebas akibat paparan asap, racun dan pestisida. Sebagian besar kekuatan antioksidan blueberry berasal dari Anthocyanins (antosianin), pigmen yang bertanggung jawab untuk warna biru blueberry. Antioksidan tinggi di dalam Blueberry mampu menjaga kualitas sistem kardiovaskular, sistem saraf, sistem pencernaan, menstabilkan gula darah dan mencegah kerusakan otot akibat aktivitas fisik yang berlebihan. Dengan khasiatnya yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, itu sangat bagus untuk penderita psoriasis yang kebetulan memang sampai saat ini diduga berkaitan dengan lemahnya sistem kekebalan tubuh atau gangguan imunitas.

  • Menyehatkan Jantung

Blueberry dapat membantu mengurangi risiko terkena serangan jantung karena mengandung kadar tinggi senyawa anthocyanins yang dapat membantu memperluas arteri, dan mencegah penumpukan plak yang umumnya menyebabkan serangan jantung.

  • Manfaat Kardiovaskular

Dalam Penelitian berkelanjutan, mengkonsumsi rutin blueberry antara 1-3 bulan mampu menstabilkan tingkat lemak di dalam darah, termasuk penurunan kolesterol total, meningkatkan kolesterol baik / HDL, dan menurunkan trigliserida. Pada saat yang sama, blueberry  juga mampu untuk membantu melindungi komponen darah (seperti kolesterol LDL) dari kerusakan oksigen, yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Perlindungan juga ditujukan untuk sel yang melapisi dinding pembuluh darah serta mampu menstabilkan tekanan darah. (Baca Juga : Obat Leukimia)

  • Melawan Kanker

Blueberry juga mengandung senyawa fenol yang disebut pterostilbenes, yang tinggi kandungan antioksidan. Menurut National Institutes of Health. Selain memiliki sifat antioksidan, pterostilbenes memiliki sifat antiproliferatif, yang berarti mereka memiliki kemampuan untuk memperlambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Pada Mei 2010 di dalam “Journal of Surgery gastrointestinal, ”mengungkapkan studi yang dilakukan di University of Vermont melaporkan bahwa ketika kanker diuji terhadap pterostilbenes, pertumbuhan sel kanker tidak hanya melambat, namun sel-sel kanker benar-benar mati.

  • Memecah Lemak Perut

Sebuah studi oleh University of Michigan Cardiovascular Center menunjukkan bahwa polifenol yang terkandung di dalam blueberry dapat memecah lemak perut, dan mengurangi faktor risiko sindrom metabolik.

  • Menyehatkan Mata

Ekstrak blueberry, mengandung senyawa yang disebut anthocyanins, yang mampu untuk memperlambat berkurangnya fungsi penglihatan.

  • Kesehatan Otak

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Free Radical Biology and Medicine menunjukkan bahwa blueberry mengurangi tingkat kehilangan memori karena faktor usia, karena kandungan antioksidan yang disebut flavonoid, yang mampu mengaktifkan bagian otak yang mengontrol daya ingat dan proses pembelajaran.

  • Kesehatan Tulang

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Bone and Mineral Research pada tahun 2010 menunjukkan Blueberry memainkan peran penting dalam perkembangan tulang karena tingginya kandungan mangan di dalam Blueberry.

Itulah Manfaat Buah Blueberry Untuk Penderita Psoriasis. Jadi, buat Anda yang menderita penyakit psoriasis, mulai saat ini Anda bisa memasukkan buah blueberry ke dalam menu makan Anda, karena khasiatnya yang bagus untuk penyakit psoriasis.

Baca Juga :

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Penderita Psoriasis?

Bolehkah Penderita Psoriasis Mengkonsumsi Daging?

Awas, Jangan Salah Mengira ! Kulit Mengelupas Mungkin Disebabkan Psoriasis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *