Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Siapa yang tak menyukai air kelapa. Minuman ini sering kali menjadi pilihan untuk dikonsumsi ketika tubuh kelelahan sehabis berolahraga atau beraktivitas. Banyak manfaat yang terkandung pada air kelapa ini. Mau tau apa saja manfaat air kelapa untuk kesehatan? Mari kita simak ulasannya berikut ini !

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi air kelapa memang ketika tubuh lelah sehabis beraktivitas atau berolahraga. Minuman ini bahkan banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minuman isotonik yang diyakini mampu mengatasi dehidrasi.

Air kelapa sebenarnya merupakan cikal bakal dari daging kelapa yang berwarna putih. Selain enak dikonsumsi saat tubuh kelelahan atau pada saat cuaca sedang panas, air kelapa juga bagus untuk dikonsumsi ketika sedang kehilangan banyak cairan akibat diare, untuk menghidrasi tubuh kembali.

Kandungan Gizi pada Air Kelapa

  • Air kelapa mengandung gula dan elektrolit. Tiap 30 ml air kelapa mengandung 5,45 kalori dan 1,3 gram gula.
  • Air kelapa dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi untuk tubuh. Tiap 30 ml air kelapa mengandung 61 mg potasium dan 5,45 mg sodium. Air kelapa juga mengandung vitamin C, asam folat, kalsium, zat besi, magnesium dan fosfor.

Manfaat yang Terkandung pada Air Kelapa

  • Menghidrasi tubuh

Air kelapa merupakan pilihan minuman yang paling cocok dan tepat ketika tubuh tengah dalam kondisi dahaga dan cuaca panas, yang sering kali membuat tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi sendiri terjadi ketika tubuh kekurangan cairan. Yang mana hal ini bisa terjadi karena kurang minum air, atau karena diare dan muntah-muntah.

Ketika Anda dehidrasi, Anda tidak hanya kehilangan air, namun Anda juga kehilangan garam dan nutrisi penting dalam tubuh. Kandungan elektrolit pada air kelapa dapat membantu menghidrasi ulang tubuh pada kasus dehidrasi dan kehilangan cairan. Air kelapa juga mengandung karbohidrat yang dapat membantu meningkatkan energi Anda.

Sebuah studi Journal of International Society of Sports Nutrition yang diterbitkan pada tahun 2012 menemukan bahwa air kelapa mampu memberikan efek positif setara dengan minuman olahraga. Selain untuk menghidrasi, air kelapa juga dapat memberikan efek nyaman di perut sehingga dapat digunakan untuk menenangkan masalah perut seperti gangguan pencernaan, asam lambung yang melonjak, dan gastroenteritis.

  • Detoks alami

Tubuh memiliki kemampuan untuk membersihkan racun secara alami, atau yang disebut proses detoksifikasi, jika tubuh mendapatkan hidrasi dan nutrisi yang tepat.

Baca Juga : Tips Merawat Rumah Agar Sehat dan Aman

Ginjal dan liver merupakan organ pembersih racun dalam tubuh, dan keduanya tidak akan berfungsi secara sempurna tanpa asupan cairan yang cukup, sehingga mengarah pada penumpukan racun dalam tubuh.

Air kelapa mengandung sifat elektrolit. Kandungan tersebut mirip dengan darah manusia. Sehingga hal itu membuat air kelapa menjadi minuman yang sangat ideal untuk mengganti cairan tubuh, serta sangat membantu dalam membersihkan racun di dalam tubuh.

  • Menurunkan tekanan darah

Dengan kandungan vitamin C, kalium dan magnesium, air kelapa menjadi minuman yang baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Kandungan kalium-nya yang tinggi sangat membantu menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan efek negatif dari sodium. Hal itu berdasarkan hasil studi yang telah diterbitkan di West Indian Medical Journal pada tahun 2005. Dalam hasil studi tersebut disebutkan bahwa air kelapa dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

  • Menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan, – Untuk memiliki jantung sehat, Anda perlu makan makanan bergizi dan berolahraga secara teratur. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan air kelapa untuk kesehatan jantung anda, karena minuman ini juga dapat memberikan kontribusi yang baik dalam menjaga kesehatan jantung.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menyebut bahwa air kelapa memiliki efek yang menguntungkan terhadap metabolisme lipid untuk melawan peningkatan kolesterol total, VLDL, LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida. Air kelapa mengandung kolesterol dan lemak bebas yang dapat memberi manfaat kardioprotektif, melindungi jantung sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Air kelapa juga mengandung antioksidan, anti-platelet, anti-inflamasi, dan membantu meningkatkan sirkulasi. Hal ini dapat membantu mengurangi pembentukan plak pada arteri serta mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke.

  • Mengatur gula darah

Air kelapa mengandung asam amino dan serat makanan yang membantu mengatur gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Sehingga air kelapa sangat membantu bagi para penderita diabetes, karena membantu meningkatkan sirkulasi. Air kelapa juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengurangi gejala seperti mati rasa pada kaki serta kecenderungan yang mengarah ke penyakit aterosklerosis.

Sebuah studi yang mempelajari efek terapi air kelapa matang menemukan bahwa air kelapa juga dapat membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah serta stres oksidatif.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

  • Memperkuat tulang

Sebagian besar tulang memang terdiri dari kalsium, namun meski begitu, sejumlah nutrisi lainnya juga dibutuhkan untuk menjaga kekuatan serta kepadatan tulang. Beberapa penelitian menyatakan bahwa air kelapa memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Selain itu, air kelapa juga mengandung magnesium yang cukup tinggi, yang sangat diperlukan untuk membangun kekuatan tulang.

Berapa Jumlah Konsumsi yang Tepat?

Bagi orang Indonesia, mengonsumsi air kelapa merupakan hal yang umum. Air kelapa dijual dengan rasa alami atau dicampur bahan-bahan lain. Lalu berapa banyak sebaiknya mengonsumsi air kelapa?

Air kelapa bisa anda jadikan sebagai minuman sehari-hari seperti halnya jus buah. Akan tetapi anda perlu membatasi jumlah konsumsinya, sekitar satu gelas per hari saja. Sebab, meski tergolong sehat, air kelapa tetap mengandung kalori. Jadi jika konsumsi air kelapa Anda tiap hari sekitar 236 ml per hari, maka Anda harus menghitung tambahan 45-60 kalori. Dan kemudian, jika kalori tambahan dari air kelapa tersebut tidak dimanfaatkan oleh tubuh, maka yang terjadi adalah peningkatan berat badan sekitar 2 kg tiap tahun.

Perhatikan Kemungkinan Efek Samping

Di Indonesia, ibu hamil sering kali disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa, karena dianggap bermanfaaat. Tetapi hal itu belum dapat dibuktikan secara ilmiah. Oleh karena itu, sebaiknya para ibu hamil dan juga ibu menyusui berhati-hati mengkonsumsi air kelapa. Jika ragu, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Air kelapa juga memiliki kemungkinan menurunkan tekanan darah, sekaligus meningkatkan efek obat tekanan darah tinggi. Yang juga perlu diwaspadai adalah air kelapa dapat mengganggu tekanan darah selama dan pascaoperasi. Jadi, konsumsi air kelapa sebaiknya dihindari dulu selama kurang lebih dua minggu sebelum jadwal operasi.

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan, – Selain memanfaatkan air kelapa langsung dari buahnya, anda juga bisa memperolehnya dari produk yang saat ini memang sudah banyak disajikan dalam kemasan. Jangan lupa untuk membaca label pada kemasan sebelum membeli. Jika Anda meminum air kelapa, pastikan tidak berlebihan dan jumlahnya sesuai kebutuhan tubuh. Dan jika anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi air kelapa.

Baca Juga : Waspada, Keputihan Berikut Ini Pertanda Bahaya !

1 thought on “Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *