Makan Mie Instan Campur Nasi Ternyata Berbahaya

Makan Mie Instan Campur Nasi Ternyata Berbahaya

Makan Mie Instan Campur Nasi Ternyata Berbahaya

Mie instan merupakan salah satu makanan yang paling populer. Selain pembuatannya yang mudah, mie instan juga banyak menyediakan aneka rasa. Namun, ada kebiasaan yang dilakukan hampir oleh setiap orang ketika makan mie instan, yaitu menambahkan nasi saat menyantapnya. Kebiasaan itu ternyata memiliki dampak buruk terhadap kesehatan, disamping mie instan sendiri tanpa tambahan nasi juga sudah tidak baik untuk kesehatan.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Mie instan sejatinya merupakan makanan pengganti ketika nasi yang merupakan makanan pokok, tidak ada. Mie instan merupakan makanan pengganjal perut saja, akan tetapi jika kurang kenyang hanya makan mie instan saja, sebagian orang menambahkan nasi saat makan mie instan. Nasi dan mie instan selama bertahun-tahun sudah menjadi favorit mayoritas warga Indonesia. Bahkan bagi sebagian orang sudah membiasakan makan dengan mie instan hampir setiap harinya.

Dari sisi praktis, mengkonsumsi mie instan memang sangat mudah dan murah. Bahkan tanpa lauk lain, rasa mie instan pun sudah enak. Jika ditambah nasi, rasanya akan lebih enak lagi. Sayangnya, kebiasaan yang enak tersebut bisa membahayakan kesehatan. Sebab, pada dasarnya, nasi dan juga mie instan sama-sama mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi. Jadi jika dikonsumsi sama-sama, maka karbohidrat dan kalori yang anda dapatkan dalam sekali mengkonsumsi mie instan plus nasi akan sangat banyak. Hal tersebut jelas akan tidak baik terhadap kesehatan.

Perlu diketahui dan diingat bahwa mie instan adalah makanan yang mengandung karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi, begitu pun dengan nasi. Jika kedua makanan tersebut digabungkan dalam sekali konsumsi, maka tentu secara tidak langsung tubuh akan kemasukan karbohidrat dan kalori yang yang berlipat-lipat (banyak), sedangkan tubuh juga membutuhkan asupan nutrisi lainnya, tidak hanya karbohidrat dan kalori saja. Asupan nutrisi lainnya juga dibutuhkan tubuh, seperti protein, mineral, dsb. Jika mie instan dikonsumsi dengan nasi, maka itu setara dengan mengkonsumsi 800 – 900 kalori dalam sekali makan. Sementara dalam sehari, tubuh hanya membutuhkan asupan kalori sebanyak 1200 – 1400 kalori saja. Selain dari mie instan, belum lagi asupan makanan lainnya dalam sehari. Hal itu jelas tidak dianjurkan bagi tubuh.

Baca Juga : Inilah Manfaat Lari Pagi Yang Belum Anda Ketahui

Dan berikut ini adalah beberapa bahaya atau dampak buruk dari mengkonsumsi mie instan campur nasi, diantaranya :

  • Meningkatkan Hormon Insulin

Ketika makanan yang mengandung karbohidrat masuk dalam tubuh, makanan tersebut akan dicerna menjadi gula atau amilum. Lalu hasil dari proses tersebut akan memasuki pankreas dan diolah jadi hormon insulin. Maka jika asupan karbohidratnya banyak, otomatis produksi hormon insulin pun juga banyak.

  • Merusak Pankreas

Selain produksi hormon insulin yang meningkat, terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat juga akan membuat pankreas rusak. Sebab, organ tubuh yang banyak berperan dalam memproduksi gula yang diolah menjadi hormon insulin adalah pankreas. Jadi jika terlalu banyak gula, maka pankreas juga akan bekerja lebih keras, sehingga pankreas dapat mengalami kerusakan.

  • Mengganggu Sistem Pencernaan

Beberapa orang yang terlalu banyak mengkonsumsi mie instan akan mengalami gangguan sistem pencernaan. Gangguan ini biasanya ditandai dengan mulas dan diare. Sebab pencernaan mie instan membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 2 hari. Oleh sebab itu sangat berbahaya jika terlalu sering mengkonsumsi mie instan.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

  • Resiko Diabetes Meningkat

Kandungan kalori ketika mengkonsumsi mie instan dan nasi sangat banyak. Jika semuanya diolah, maka hasil olahan yang berupa gula akan memenuhi tubuh, sehingga kerja pankreas semakin keras hingga dapat menyebabkan kerusakan, seperti yang telah dikatakan pada poin sebelumnya. Dan jika sudah seperti itu, maka pankreas yang harusnya mampu memisahkan gula dan darah, yang terjadi malah kedua zat tersebut menyatu dan tidak bisa terfilter, sehingga bisa menyebabkan diabetes.

  • Resiko Obesitas

Mengkonsumsi mie instan dengan nasi secara berlebihan atau terlalu sering, dan tanpa diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan vitamin lainya, maka hal tersebut dapat meningkatkan resiko obesitas. Sebab karbohidrat mampu dipecah menjadi lemak, yang tentu beresiko menyebabkan obesitas.

  • Resiko Tekanan Darah Tinggi

Dalam mie instan terdapat kandungan zat sodium yang mampu meningkatkan tekanan darah. Jika terlalu banyak mengkonsumsi mie instan campur nasi, maka anda pun akan beresiko mengalami tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskuler seperti jantung.

Itulah beberapa dampak buruk terhadap kesehatan akibat mengkonsumsi mie instan campur nasi. Masih banyak sebenarnya dampak buruk akibat mengkonsumsi mie instan campur nasi. Jika ingin mengkonsumsi mie instan, sebaiknya dicampurnya dengan sayuran, yang lebih sehat dan juga lebih bermanfaat tentunya untuk kesehatan.

Baca Juga : Tips Dalam Memilih Daging dan Seafood Yang Segar

1 thought on “Makan Mie Instan Campur Nasi Ternyata Berbahaya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *