Ladies, Inilah Bahaya Memasang Implan Payudara

Ladies, Inilah Bahaya Memasang Implan Payudara

Ladies, Inilah Bahaya Memasang Implan Payudara

Bagi seorang wanita, payudara merupakan salah satu organ tubuh yang sangat spesial. Keberadaan payudara menjadi keistimewaan yang membuat wanita menjadi lebih menarik penampilannya. Oleh karena itu, tak sedikit wanita yang berusaha melakukan perawatan dan segala cara untuk membuat payudaranya terlihat seksi dan kencang, salah satunya adalah dengan memasang implan payudara. Namun sayangnya, tidak banyak orang yang tahu resiko sebenarnya akibat pemasangan implan itu. Mari kita simak ulasannya berikut ini !

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Pemasangan implan payudara memang tidak serta merta dilakukan wanita untuk menjadikannya terlihat lebih menarik atau lebih seksi, namun ada juga alasan kesehatan. Secara umum, alasan dari dilakukannya pemasangan implan payudara ada dua, yaitu rekonstruksi serta kosmetik. Rekonstruksi biasanya dilakukan setelah pengangkatan payudara akibat penyakit, seperti kanker payudara. Sedangkan dengan alasan kosmetik biasanya dimaksudkan untuk memperbaiki penampilan, seperti yang telah dikatakan sebelumnya di awal, melalui pembesaran atau pengencangan payudara.

Pemasangan implan payudara memang sudah bukan hal yang asing lagi. Kita sering mendengar dan bahkan melihat beberapa artis melakukan pemasangan implan payudara guna memperbaiki atau memperindah organ tubuh yang satu itu. Padahal, pemasangan implan payudara memiliki bahaya terhadap tubuh. Dan hal tersebut sebenarnya sudah pernah dijelaskan oleh para ahli kesehatan mengenai bahaya implan payudara. Namun hal tersebut ternyata tidak mampu mempengaruhi mereka yang menginginkan pemasangan implan payudara. Karena faktanya, jumlah wanita yang memasangan implan payudara justru meningkat setiap tahunnya.

Kenali Bahaya Pemasangan Implan Payudara

Seperti yang sudah dikatakan dari awal, bahwa operasi pemasangan implan payudara memiliki bahaya yang mengintai terhadap kesehatan tubuh. Lalu apa saja bahaya dari pemasangan implan payudara itu? Bahaya pemasangan implan payudara diantaranya adalah :

  • Menyebabkan Sakit di Hampir Seluruh Tubuh

Pemasangan implan payudara akan berefek cukup berbahaya, dan yang paling umum terjadi adalah menyebabkan rasa sakit atau nyeri di sekitar payudara. Bahkan tidak hanya di sekitar payudara saja yang terasa sakit, namun sejumlah wanita yang sudah melakukan pemasangan implan payudara juga merasakan sakit serta nyeri di hampir seluruh tubuh. Mulai dari leher, otot, persendian, mati rasa di sekitar payudara bahkan sampai kelelahan.

Baca Juga : Manfaat Terong Ungu Yang Bagus Untuk Kesehatan

  • Beresiko Komplikasi

Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 40% wanita yang sudah melakukan pemasangan implan payudara, harus kembali menjalani prosedur bedah lainnya karena mengalami komplikasi akibat pemasangan implan payudara tersebut. Komplikasi tersebut seperti rasa nyeri, payudara yang mengeras, sampai infeksi payudara yang menyebar hingga ke beberapa organ tubuh lainnya. Hal itu memang bisa saja terjadi karena tubuh mungkin akan bereaksi terhadap benda asing tersebut.

  • Mempengaruhi Sensitivitas Puting Payudara

Implan payudara merupakan benda asing yang pada dasarnya memang tidak dapat diterima oleh tubuh. Dan salah satu akibat dari pemasangan implan payudara ini, sejumlah wanita jadi kehilangan sensitivitas di bagian puting payudaranya, sedangkan sebagian wanita lainnya malah menjadi lebih sensitif di bagian puting payudaranya. Jadi, pemasangan implan payudara juga dapat mempengaruhi sensitivitas pada puting payudaranya, dan hal itu membuat wanita merasa sangat tidak nyaman saat payudaranya “dipegang”, bahkan cenderung menimbulkan rasa sakit atau nyeri.

  • Berisiko Jadi Sarang Bakteri

Sejumlah penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa pemasalan implan payudara salin, yang digunakan untuk “memperindah” dada memiliki resiko tinggi menjadikan payudara sebagai sarang bakteri dan jamur. Sebab, bahan yang digunakan memang rentan terhadap pertumbuhan bakteri dan jamur. Dan jika payudara sudah menjadi tempat bersarangnya bakteri dan juga jamur, maka itu jelas akan berbahaya.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

  • Berisiko Menyebabkan Penyakit Mematikan

Pemasangan implan payudara beresiko menyebabkan penyakit mematikan jika terjadi kebocoran pada implan yang dipasang. Dan kasus bocornya implan payudara ini sudah bukan hal yang aneh lagi, karena sudah pernah terjadi beberapa kali bahkan sudah banyak kasus tersebut yang terjadi. Implan payudara yang bocor menyebabkan fibrosis pada paru, tiroiditis hashimoto, dermatomiositis, polymyositis sampai polymyalgia. Sebab, cairan implan payudara yang bocor tersebut bisa langsung masuk ke kelenjar getah bening.

  • Produksi ASI Jadi Berkurang

Payudara tidak hanya sebagai organ tubuh wanita yang memiliki nilai plus terhadap penampilan, namun labih dari itu, payudara juga menjadi sumber kehidupan bagi sang buah hati. Ya, seperti kita ketahui bahwa payudara normalnya akan memproduksi ASI (Air Susu Ibu) yang akan menjadi asupan penting bagi buah hati. Dan jika anda melakukan pemasangan implan payudara, maka produksi ASI akan sangat terancam. Selain itu, anda juga akan mengalami kesulitan ketika mendeteksi kanker payudara, yang memang sangat berisiko terjadi pada kaum wanita.

Jadi, itulah beberapa bahaya yang ditimbulkan akibat memasang implan payudara. Untuk itu, jika anda berniat untuk melakukan pemasangan implan payudara, sebaiknya anda pikirikan dengan baik mengenai bahaya-bahaya yang akan ditimbulkan seperti yang sudah disampaikan barusan. Ingat, kesehatan itu merupakan hal yang paling berharga dalam hidup ini. Jangan sampai anda menyesal.

Baca Juga : Dampak Buruk Polusi Udara Akibat Kabut Asap

2 thoughts on “Ladies, Inilah Bahaya Memasang Implan Payudara”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *