Awas, Jangan Salah Mengira ! Kulit Mengelupas Mungkin Disebabkan Psoriasis

Awas, Jangan Salah Mengira ! Kulit Mengelupas Mungkin Disebabkan Psoriasis

Sering kali kita mendapati kulit telapak tangan atau lainnya terkelupas. Awas, Jangan Salah Mengira ! Kulit Mengelupas Mungkin Disebabkan Psoriasis. Ya, sebaiknya anda kenali gejala-gejala psoriasis, siapa tau kulit mengelupas yang Anda alami disebabkan oleh psoriasis. Mari kita simak apa saja gejala psoriasis selain kulit yang mengelupas!

Awas, Jangan Salah Mengira ! Kulit Mengelupas Mungkin Disebabkan Psoriasis

Kulit yang mengelupas di lapisan kulit terluar dari epidermis biasanya berbentuk serpihan-serpihan besar seperti sisik. Selain membuat kulit di tampak kering dan pecah-pecah, kulit bersisik juga dapat menimbulkan gatal dan kemerahan. Kulit bersisik atau kulit yang mengelupas juga dapat membuat penderitanya malu hingga mempengaruhi kualitas hidupnya.

Kulit yang mengelupas atau kulit bersisik umumnya disebabkan oleh kondisi kulit yang kering. Dan mungkin masalah tersebut dianggap sepele karena biasa terjadi dan biasanya sering hilang dengan sendirinya. Namun berhati-hatilah karena kulit yang mengelupas tidak hanya disebabkan masalah sepele atau sebatas karena kulit kering saja, tapi juga bisa jadi disebabkan karena penyakit serius seperti psoriasis. Ya, psoriasis memang merupakan salah satu penyakit kulit yang serius, karena penyakit ini belum diketahui pasti penyebabnya, bahkan pengobatannya pun hingga kini belum bisa ditentukan. Meskipun memang ada beberapa penderita psoriasis yang bisa mengatasinya dengan upaya pengobatan yang maksimal. (Baca Juga : CARA MENGOBATI PSORIASIS)

Gejala psoriasis sebenarnya sangat beragam dan setiap pasien dapat mengalami gejala yang berbeda meski pada dasarnya sama atau tidak jauh berbeda. Itu lantaran penyakit psoriasis ini memang ada beberapa jenisnya. Secara umum, gejala psoriasis ini meliputi :

  • Bagian kulit memerah yang terasa tebal, kering, dan bersisik.
  • Kulit pecah-pecah yang terkadang bisa berdarah.
  • Kuku yang menebal dengan tekstur tidak rata.
  • Sendi-sendi yang membengkak dan kaku.

Jenis psoriasis kuku memiliki gejala berupa :

  • Perubahan warna kuku.
  • Cekungan-cekungan kecil yang muncul pada kuku.
  • Pertumbuhan kuku yang abnormal.
  • Kuku terlepas atau hancur.

Selain itu ada juga psoriasis scalp, yaitu psoriasis yang menyerang kulit kepala. Gejalanya terlihat mirip dengan ketombe, yakni sisik putih di kulit kepala dan terasa gatal, namun bedanya sisik putih di kulit kepala akibat psoriasis bisa disertai panas dan perih, tidak hanya gatal. Selain itu jika sisik putih di kepala tersebut digaruk bisa sampai berdarah. Gejalanya pun dapat menyebar hingga ke leher dan belakang telinga. (Baca Juga : Obat Jantung Bocor)

Dan berikut ini adalah beberapa gejala psoriasis menurut jenisnya, antara lain :

  • Ciri penyakit psoriasis vulgaris adalah bercak kulit kemerahan dengan sisik perak di atasnya. Psoriasis jenis ini menyebabkan gatal pada kulit dan dalam beberapa kasus menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.
  • Psoriasis guttate digambarkan sebagai bercak kecil bersisik merah pada setiap bagian tubuh.
  • Psoriasis inverse ditandai oleh bercak yang kebanyakan ditemui di ketiak, selangkangan, daerah payudara, alat kelamin, dan pantat. Meskipun tidak mengakibatkan sisik, tetapi jenis ini menyebabkan peradangan merah pada kulit.
  • Psoriasis pustular adalah salah satu jenis yang paling menyakitkan dan ditandai dengan lepuhan kekuningan penuh dengan nanah.
  • Psoriasis juga dapat muncul pada kulit kepala. Orang sering salah mengira psoriasis ini sebagai ketombe. Penebalan kulit yang muncul berbentuk serpihan bersisik merah pada kulit.

Diantara banyaknya jenis psoriasis, yang paling umum dan paling sering terjadi adalah psoriasis plak atau biasa disebut juga psoriasis vulgaris. Yang mana psoriasis jenis ini biasanya menyerang lutut dan siku.

Jadi, jika Anda mendapati kulit Anda mengelupas atau bersisik, Awas, Jangan Salah Mengira ! Kulit Mengelupas Mungkin Disebabkan Psoriasis. Kenali gejala-gejala psoriasis yang sudah disampaikan di atas. Dan jika Anda merasa mengalami gejala yang serupa, maka sebaiknya segeralah periksakan diri Anda ke dokter untuk memastikannya psoriasis atau bukan. Lalu segera lakukan pengobatan yang tepat sebelum bertambah parah.

Baca Juga :

Psoriasis Ternyata Berkaitan dengan Disfungsi Ereksi

Apakah Psoriasis Tidak Bisa Disembuhkan Secara Total?

Ruam Gatal pada Kepala, Siku dan Badan, Apakah Termasuk Psoriasis?

1 thought on “Awas, Jangan Salah Mengira ! Kulit Mengelupas Mungkin Disebabkan Psoriasis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *