Jangan Terlalu Sering Mandi Air Hangat, Berbahaya !

Jangan Terlalu Sering Mandi Air Hangat, Berbahaya !

Jangan Terlalu Sering Mandi Air Hangat, Berbahaya !

Apakah anda suka mandi dengan air hangat? Mulai saat ini sebaiknya Jangan Terlalu Sering Mandi Air Hangat, Berbahaya ! Mari kita cari tahu apa saja bahaya mandi air hangat terlalu sering !

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Mandi menggunakan air hangat memang terasa nyaman untuk tubuh, apalagi pada saat cuacanya dingin seperti di pagi hari dan malam hari. Sering kali kita mengambil solusi mandi dengan air hangat pada kondisi cuaca yang dingin. Dan biasanya kita akan merasa tubuh lebih hangat dan seluruh rasa lelah juga jadi hilang. Kebiasaan mandi dengan air hangat tersebut sudah sering dilakukan oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Kebiasaan tersebut mungkin sulit untuk dirubah karena ketika mulai untuk mandi air dingin maka tubuh akan menggigil kedinginan. Tentu hal tersebut justru akan membuat badan menjadi tidak nyaman. Dan ternyata dibalik manfaatnya yang besar, ternyata mandi dengan menggunakan air hangat juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Dan berikut ini adalah beberapa bahaya atau dampak buruk bagi kesehatan jika anda sering mandi dengan air hangat, diantaranya :

  • Menurunkan Kualitas Sperma

Dalam dunia kesehatan, terutama kesehatan seksualitas, dampak mandi air hangat terhadap kualitas sperma pria memang sudah dikenal tidak baik alias buruk. Dimana kebiasaan mandi Dengan air hangat bisa menyebabkan kualitas air sperma menjadi lebih buruk. Sebab mandi menggunakan air hangat bisa membuat jumlah sperma menjadi lebih menurun. Hal ini terjadi karena produksi sperma membutuhkan waktu yang lebih panjang. Produksi sperma yang ada di bagian skrotum memberikan reaksi yang sangat buruk untuk produksi sperma.

  • Pori-Pori Menjadi Lebih Besar

Banyak orang yang ingin mandi air hangat untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat. Namun jika mandi air hangat dijadikan kebiasaan maka bisa menyebabkan pori-pori tubuh menjadi lebih besar sehingga tubuh juga menjadi lebih mudah sakit. Sebab, ketika tubuh terkena air hangat atau panas kemudian pori-pori membuka dan pembuluh darah pada bagian kulit juga menjadi sangat sensitif, setelah itu pori-pori tubuh tidak mengecil kembali ke ukuran semula. Hal tersebut memungkinkan penyakit-penyakit bisa menyerang melalui pori-pori secara langsung, seperti halnya jerawat.

Baca Juga : Kulit Pisang Ternyata Memiliki Segudang Manfaat Untuk Kesehatan

  • Kulit Menjadi Lebih Sensitif

Ketika membisakan mandi air hangat, maka tubuh mungkin akan terbiasa dengan suhu tertentu. Akan tetapi, kulit masih tetap beresiko menjadi karena perbedaan antara suhu air dan suhu kulit yang normal. Apabila perbedaan suhu tersebut terus menerus terjadi, maka kulit akan mengirimkan sinyal sensitif dengan beragam reaksi, seperti munculnya ruam merah dan luka pada kulit. Resiko ini biasanya lebih sering ditemukan pada bayi dan orang tua, terlebih bayi yang baru lahir. Orang yang menderita diabetes juga bisa mendapatkan ancaman serius terutama jika ada luka pada kaki karena kerusakan syaraf pada bagian kaki.

  • Menggigil Setelah Mandi

Ketika mandi air hangat maka rasanya sangat menyegarkan, namun ketika selesai maka kulit menjadi jauh lebih dingin dan bisa menyebabkan sampai menggigil. Hal itu terjadi karena pembuluh darah di bagian kulit akan menjadi lebih besar setelah mandi dengan air hangat, dan menyebarkan panas ke semua bagian kulit tubuh. Namun setelah itu, suhu di sekitar kulit justru akan menjadi lebih rendah, bahkan bisa jauh lebih rendah lagi. Sehingga menyebabkan tubuh anda bisa sampai menggigil dan bahkan sampai jatuh sakit.

  • Sakit Kepala

Perubahan antara suhu udara dengan suhu air bisa membuat masalah pada aliran darah dari tubuh ke bagian otak. Jika sudah terjadi perubahan aliran darah pada otak, maka akibatnya bisa terjadi sakit kepala secara tiba-tiba. Hal ini bahkan mungkin akan membuat anda merasa sulit untuk berdiri atau berjalan dengan baik (sempoyongan). Sakit kepala yang dirsakan bisa menjadi lebih berat atau lebih ringan, tergantung pada kondisi kesehatan.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

  • Resiko Tekanan Darah Menurun Drastis

Air hangat atau panas bisa menyebabkan sentuhan langsung, yang mana hal itu ternyata dapat mempengaruhi pembuluh darah. Pembuluh darah yang ada pada bagian kulit akan menjadi lebih lebar. Hal itu membuat pembuluh darah perifer akan bekerja berlawanan, sehingga menyebabkan tekanan darah bisa menurun. Kondisi tersebut masih tergantung pada kesehatan awal, baik sebelum mandi atau sesudah mandi. Beberapa orang merasakan detak jantungnya lebih cepat, karena pada saat itu jantung memompa darah dengan cepat.

  • Mengalami Gangguan Pencernaan

Jika anda sering berendam atau mandi dengan air hangat dalam waktu yang lama, maka akibatnya anda bisa mengalami gangguan pencernaan. Hal itu terjadi akibat adanya gangguan aliran darah dari tubuh ke otak. Kondisi tersebut akan lebih mudah terjadi jika mandi air hangat dilakukan langsung setelah makan. Gangguan pencernaan yang terjadi biasanya berupa mual dan muntah. Oleh karena itu, mandi air hangat sangat tidak disarankan untuk ibu hamil, karena bisa menyebabkan mual yang parah.

  • Beresiko Mengalami Keguguran

Ibu hamil memang sangat tidak disarankan untuk mandi air hangat. Sebab, selain bisa menyebabkan mual yang parah seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, mandi air hangat juga bisa beresiko menyebabkan keguguran atau cacat pada janin. Bahaya mandi air hangat pada ibu hamil bisa membuat kontraksi yang lebih cepat bahkan sistem pembuluh darah ibu hamil bisa mengalami bahaya lain. Oleh karena itu, ibu hamil sangat tidak disarankan untuk mandi air hangat.

  • Keracunan

Keracunan memang bisa terjadi akibat mandi air hangat. Hal itu akan terjadi ketika seseorang mandi dengan air hangat setelah minum obat atau setelah mengkonsumsi zat yang bisa mempengaruhi jantung. Hal itu terjadi ketika zat-zat kimia yang sudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan reaksi tekanan darah dan detak jantung yang lebih cepat. Air hangat memang bisa mempengaruhi jantung dan juga tekanan darah, sehingga akibatnya bisa menyebabkan anda sakit kepala dan kurang respon terhadap lingkungan.

Jadi, Jangan Terlalu Sering Mandi Air Hangat, Berbahaya ! Sebaiknya kalau ingin mandi air hangat di saat tertentu saja, dan sebaiknya tidak lebih dari 1 kali dalam seminggu. Dan suhu airnya pun jangan terlalu panas, karena bisa merusak kulit. Suhu yang tepat adalah hangat kuku.

Baca Juga : Ternyata Vaksinasi Masih Diperlukan Oleh Orang Dewasa

1 thought on “Jangan Terlalu Sering Mandi Air Hangat, Berbahaya !”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *