Jangan Sering Mandi Air Hangat, Berbahaya

Jangan Sering Mandi Air Hangat, Berbahaya

Jangan Sering Mandi Air Hangat, Berbahaya

Mandi dengan menggunakan air hangat sebenarnya bermanfaat sekali untuk kesehatan, karena mandi dengan air hangat bisa melancarkan peredaran darah, menghilangkan stres, meredakan demam, serta bisa membersihkan tubuh secara menyeluruh. Namun meski begitu, mandi dengan air hangat juga harus dalam batasan yang wajar, seperlunya saja, karena terlalu sering mandi dengan air hangat justru malah tidak baik buat kesehatan.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

1. Dapat Menurunkan Kualitas Sperma

Bagi kesehatan seksualitas, mandi dengan air hangat akan berdampak buruk terhadap kualitas sperma pria. Terlalu sering mandi dengan air hangat bisa membuat kualitas sperma jadi buruk. Itu terjadi karena dengan mandi air hangat, produksi sperma jadi menurun. Produksi sperma membutuhkan waktu yang lebih panjang.

2. Melebarkan Pori-Pori Jadi Lebih Besar

Ketika kulit berada pada suhu yang panas, pori-pori biasanya akan melebar, begitu juga ketika tubuh dimandikan dengan air hangat. Pori-pori kulit bisa menjadi lebih besar, dan tubuh juga akan menjadi lebih mudah sakit. Hal itu terjadi lantara pada saat tubuh terkena air hangat atau suhu panas kemudian pori-pori membuka, pembuluh darah pada bagian kulit akan menjadi sangat sensitif, dan setelah itu pori-pori kulit tidak langsung mengecil kembali ke ukuran semula. Hal itulah yang kemudian membuat penyakit bisa menyerang, yaitu melalui pori-pori, seperti contohnya adalah jerawat.

Baca Juga : Manfaat Kesehatan Yang Terdapat Pada Gerakan Sholat

3. Membuat Kulit Jadi Lebih Sensitif

Ketika kita mandi dengan air hangat, kulit beresiko menjadi lebih sensitif, karena perbedaan suhu antara air dan kulit yang normal membuat kulit mengirimkan sinyal sensitif, sehingga mengakibatkan berbagai reaksi bermunculan, seperti kulit merah seperti terbakar, muncul ruam merah serta luka pada kulit. Resiko tersebut biasanya lebih sering terjadi pada bayi dan juga orang tua. Apalagi bayi yang masih berusia beberapa hari. Selain itu, orang yang mengidap diabetes juga bisa mendapatkan ancaman yang serius, terutama jika terdapat luka pada kaki karena kerusakan syaraf pada bagian kaki.

4. Menyebabkan Sakit Kepala

Perbedaan antara suhu udara dengan suhu air akan membuat aliran darah dari tubuh ke otak akan jadi bermasalah. Aliran darah yang bermasalah pada otak tersebut mengakibatkan munculnya sakit kepala yang terjadi secara tiba-tiba. Kondisi tersebut kemudian juga bisa membuat anda sempoyongan atau sulit untuk berdiri, berjalan atau bahkan untuk duduk dengan baik sekalipun. Sakit kepala dengan baik bisa menjadi lebih parah, atau bisa juga menjadi lebih ringan, tergantung pada kondisi kesehatannya.

5. Tekanan Darah Beresiko Menurun Drastis

Air hangat atau air panas ternyata bisa mempengaruhi pembuluh darah. Dengan mandi air hangat, maka pembuluh darah di bagian kulit akan menjadi lebih lebar. Akibatnya pembuluh darah perifer menjadi bekerja berlawanan, sehingga dapat mengakibatkan tekanan darah jadi menurun. Meskipun kondisi tersebut tidak sepenuhnya akan terjadi, karena tergantung juga pada kesehatan awal, baik sebelum ataupun sesudah mandi. Bahkan beberapa orang merasa detak jantungnya menjadi lebih cepat, karena jantung memompa darah dengan lebih cepat.

6. Mengalami Masalah Pencernaan

Mandi dengan air hangat atau berendam di air hangat dalam waktu yang lama juga bisa menyebabkan masalah pada pencernaan. Itu terjadi karena adanya gangguan pada aliran darah dari tubuh ke bagian otak. Kondisi tersebut bahkan akan lebih mudah terjadi ketika mandi air hangat dilakukan segera setelah selesai makan. Gangguan pencernaan yang terjadi biasanya berupa mual dan muntah. Dengan resiko tersebut, maka mandi dengan air hangat sangat tidak disarankan untuk ibu hamil karena nantinya dapat menyebabkan mual parah.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

7. Beresiko Menyebabkan Keguguran

Selain bisa membuat mual parah, mandi air hangat bagi ibu hamil ternyata juga bisa menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk tidak pernah mandi air hangat selama masa kehamilan. Selain itu, beresiko menyebabkan cacat pada janin, jika ibu hamil mandi dengan air hangat.

Mandi dengan air hangat memang berbahaya bagi ibu hamil, karena pada ibu hamil itu bisa membuat kontraksi yang lebih cepat, bahkan sistem pembuluh darah pada ibu hamil bisa mengalami bahaya lain. Jadi, sangat tidak disarankan bagi ibu hamil untuk mandi dengan air hangat.

Itulah beberapa bahaya mandi dengan air hangat. Jadi, Jangan Sering Mandi Air Hangat, Berbahaya. Dan mulai dari sekarang, berhati-hatilah dalam melakukan kebiasaan apapun. Jangan sampai kebiasaan yang sering dilakukan ternyata memiliki dampak buruk terhadap kesehatan.

1 thought on “Jangan Sering Mandi Air Hangat, Berbahaya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *