Jangan Makan dan Minum Sambil Berdiri, Berbahaya !

Jangan Makan dan Minum Sambil Berdiri, Berbahaya !

Jangan Makan dan Minum Sambil Berdiri, Berbahaya !

Jangan Makan dan Minum Sambil Berdiri, Berbahaya ! Mungkin bagi sebagian orang menganggap biasa jika makan dan minum sambil berdiri. Apalagi di jaman sekarang ini yang notabene gaya hidup dan kebiasaannya cenderung mengikuti budaya barat. Namun, dibalik kebiasaan yang dianggap modern tersebut, ada bahaya yang mengintai ketika membiasakan diri makan dan minum sambil berdiri. Apa sajakah bahaya makan dan minum sambil berdiri? Simaklah ulasannya berikut ini !

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Sebenarnya bagi yang beragama islam, makan dan minum sambil berdiri memang dilarang. Dan dari dunia medis pun ada alasannya yang membuat seseorang pantang untuk makan dan minum sambil berdiri. Sehingga tak heran jika dalam ajaran agama islam melarang makan dan minum sambil berdiri, karena setiap apa yang menjadi perintah dalam ajaran agama islam pasti ada manfaat dan kebaikannya. Begitu juga dengan larangan makan dan minum sambil berdiri.

Dalam dunia medis, kebiasaan makan dan minum sambil berdiri akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Beberapa penyakit dan gangguan kesehatan pun bisa muncul jika membiasakan makan dan minum sambil berdiri.

Makan Sambil Berdiri

Ketika anda mengkonsumsi makanan dalam kondisi berdiri, menyebabkan refleksi saraf oleh reaksi saraf kelana yang banyak tersebar di lapisan endotel yang mengelilingi usus. Jika refleksi tersebut terjadi secara keras dan mendadak, maka akibatnya dapat membuat saraf vagal inhibition jadi tidak berfungsi. Dan jika hal tersebut terjadi berulang kali, maka jantung bisa dalam bahaya, bahkan bisa sampai menyebabkan kematian mendadak.

Selain itu, dampaknya tidak hanya sampai itu saja, makan sambil berdiri yang dilakukan berulang kali akan menyebabkan lambung dan dinding usus mengalami luka. Posisi makan yang salah seperti itu akan memicu reflux asam lambung yang biasa dikenal dengan istilah GERD atau Gastro Esophageal Reflux Disease, yang pada akhirnya naik ke esophagus, dan menyebabkan iritasi di kerongkongan. Jika terus-menerus dilakukan, kebiasaan makan sambil berdiri beresiko menyebabkan kanker pada saluran esophagus. Hal itu jelas sangat berbahaya, dan perlu diwaspadai.

Baca Juga : Inilah Manfaat Ikan Kakap Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Ketika seseorang dalam posisi berdiri, otot di tenggorokan akan mengalami pengerutan. Hal tersebut akan menghalangi perjalanan makanan menuju ke usus, dan terkadang fungsi pencernaan pun jadi terganggu dan menyebabkan rasa sakit. Kemudian dalam posisi berdiri, organ pada pusat saraf yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan pun akan bekerja lebih keras agar dapat mempertahankan seluruh otot tubuh. Keadaan saraf pada posisi tersebut kurang tenang.

Berbeda dengan posisi makan sambil duduk, yang akan menguntungkan tubuh, karena pada posisi duduk, saraf dalam keadaan tenang sehingga sistem pencernaaan akan terkontrol dengan baik dan siap menerima makanan yang masuk.

Minum Sambil Berdiri

Posisi berdiri juga tidak baik dilakukan saat minum. Sebab, dampaknya juga akan tidak baik terhadap kesehatan. Sebab, ketika minum dalam posisi berdiri, maka air yang diminum akan masuk ke dalam tubuh dengan tanpa melalui penyaringan oleh sfringer, yang merupakan sebuah struktur maskuler berotot yang bisa membuka dan menutup agar air kemih bisa lewat. Di mana sfringer tersebut hanya akan bekerja ketika posisi kita tengah duduk. Sehingga jika anda minum sambil berdiri, maka air yang diminum akan masuk ke dalam tubuh begitu saja, tanpa melalui penyaringan oleh sfringer.

Hal tersebut jelas tidak baik untuk kesehatan, apalagi jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama secara terus menerus, jelas itu akan berbahaya bagi kesehatan. Sebab, beberapa penyakit seperti penyakit batu ginjal beresiko diderita. Pasalnya, setiap air yang diminum akan disalurkan pada `pos-pos’ penyaringan yang berada pada ginjal. Jika kita minum sambil berdiri, maka air yang kita minum secara otomatis masuk tanpa melalui penyaringan lagi, langsung menuju kandung kemih. Dan ketika menuju kandung kemih, akan terjadi pengendapan di sepanjang saluran ureter. Sebab, banyak limbah-limbah yang tersisa di ureter, yang mana limbah-limbah tersebutlah yang menjadi awal mula terbentuknya kristal ginjal alias batu ginjal.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Selain itu, makan dan minum sambil berdiri juga dapat mengakibatkan disfungsi saraf. Pada saat duduk, apa saja yang dimakan atau diminum oleh seseorang akan melalui dinding usus dengan perlahan dan lambat. Namun, berbeda cerita jika makan atau minum sambil berdiri, makanan atau minuman akan jatuh dengan keras ke dasar usus, menabraknya dengan keras. Jika hal tersebut terus terjadi berulang kali dalam jangka waktu yang panjang atau lama, maka bisa menyebabkan melar dan jatuhnya usus, yang kemudian menyebabkan disfungsi pencernaan.

Makan dan minum sambil duduk jelas memilik banyak manfaat terhadap kesehatan. Selain tubuh akan merasakan kenikmatan makanan dan kesegaran minuman yang masuk ke dalam tubuh, tapi juga makanan dan minuman tersebut akan melewati dinding usus dengan lembut dan perlahan, sehingga tidak akan merusak usus.

Bahaya lainnya adalah pada saat berdiri, tubuh seseorang dalam keadaan yang tegang. Setiap organ keseimbangan dalam pusat saraf bekerja keras untuk mempertahankan semua otot tubuh agar tetap tegak. Hal tersebut membuat tubuh seseorang tidak mencapai ketenangan yang merupakan syarat terpenting pada saat makan dan minum. Ketenangan hanya bisa dihasilkan pada posisi duduk, di mana syaraf berada dalam keadaan tenang dan tidak tegang, sehingga sistem pencernaan pun bisa dalam keadaan siap untuk menerima makanan dan minuman dengan cara cepat.

Nah jadi, Jangan Makan dan Minum Sambil Berdiri, Berbahaya ! Selain itu, bagi seorang muslim hal itu pun menjadi sebuah larangan yang tidak boleh dilakukan. Maka dari itu, mari kita biasakan untuk makan dan minum dengan posisi duduk, dan tidak lupa juga untuk selalu berdo’a sebelum dan juga sesudah makan, agar mendapatkan keberkahan dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Baca Juga : Waspada, Batuk Berdarah Bisa Indikasikan Penyakit Serius !

2 thoughts on “Jangan Makan dan Minum Sambil Berdiri, Berbahaya !”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *