Jangan Langsung Tidur Setelah Makan, Berbahaya !

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan, Berbahaya !

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan, Berbahaya !

Makan adalah kebutuhan penting yang sangat perlu dipenuhi, untuk menambah energi dan juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh, melalui makanan. Namun sayang, tidak sedikit manfaat makan malah hilang dan bahkan menjadi bahaya, karena kebiasaan buruk yang mengikuti, seperti contohnya adalah langsung tidur setelah makan.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Memang terasa nikmat ketika lelah habis beraktivitas kemudian makan, lalu langsung tidur. Namun, dibalik kenikmatan tersebut ternyata ada bahaya yang mengintai. Ya, langsung tidur setelah makan memang akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. Lalu apa saja bahaya langsung tidur setelah makan? Simaklah ulasannya berikut ini !

Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan

  • Berat Badan Naik

Setiap makanan atau camilan yang dikonsumsi oleh tubuh mengandung kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas. Jadi ketika kita mengkonsumsi makanan otomatis tubuh mendapat asupan kalori. Dan jika kita tidak melakukan aktivitas fisik, maka kalori di dalam tubuh tidak terbakar. Padahal tubuh perlu membakar kalori, bahkan lebih banyak dari kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga ketika kita makan langsung tidur, maka kalori dalam tubuh akan menjadi lemak menumpuk di dalam tubuh. Yang mana lemak yang menumpuk tersebut akan membuat berat badan jadi naik secara drastis, jika tidak ada pembakaran. Sehingga menyebabkan kegemukan bahkan obesitas.

Nah, maka dari itu, mulai dari sekarang sebaiknya jauhi kebiasaan buruk tersebut, karena langsung tidur setelah makan akan membuat berat badan jadi naik, bahkan mengalami obesitas. Dan perlu anda ketahui juga, bahwa obesitas merupakan salah satu penyebab utama dari beberapa penyakit yang berbahaya seperti diabetes, jantung koroner, dan stroke.

Baca Juga : Segudang Manfaat Yang Terkandung Pada Jahe

  • Diabetes

Diabetes merupakan efek yang terjadi akibat adanya penumpukan lemak di dalam tubuh dan juga kegemukan yang disebabkan oleh kebiasaan langsung tidur setelah makan. Dan jika anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan berat atau camilan sebelum tidur, maka anda juga termasuk orang yang beresiko terkena penyakit diabetes. Dan perlu anda ingat, bahwa diabetes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan mematikan. Bahkan penyakit ini juga bisa menyebabkan komplikasi penyakit lain yang juga berbahaya. Oleh karena itu, sebaiknya anda jauhi kebiasaan tidur setelah makan, agar anda terhindar dari obesitas dan penyakit-penyakit yang diakibatkannya.

  • Serangan Jantung

Selain menyebabkan penyakit diabetes, obesitas atau lemak yang menumpuk dalam tubuh akibat kebiasaan langsung tidur setelah makan juga bisa menyebabkan serangan jantung. Hal tersebut terjadi karena lemak yang menumpuk ada tubuh beresiko menyumbat bagian-bagian pembuluh darah, dan hal tersebut meningkatkan resiko dalam mengalami serangan jantung, selain faktor-faktor lainnya. Kebiasaan buruk langsung tidur setelah makan memang membuat lemak dan kalori tidak akan terbakar. Dan perlu anda ingat, serangan jantung juga merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

  • Stroke

Satu lagi penyakit akibat obesitas, yaitu penyakit stroke. Penyakit ini juga menjadi bahaya yang perlu diwaspadai oleh orang yang menjalani kebiasaan langsung tidur setelah makan. Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Ioannina Medical School di Yunani, menunjukkan bahwa orang yang menunggu paling lama antara makan dan tidur memiliki risiko yang sangat rendah untuk mengalami stroke. Itu artinya, orang yang langsung tidur setelah makan beresiko tinggi untuk mengalami stroke. Penelitian ini difokuskan pada 500 orang yang sehat.

  • Acid Reflux

Acid reflux merupakan suatu kondisi medis di mana asam lambung naik ke daerah kerongkongan atau tenggorokan. Hal tersebut terjadi ketika tubuh langsung dibaringkan setelah makan atau anda langsung tidur setelah makan atau sekedar mengkonsumsi camilan di malam hari.

Ketika anda mengkonsumsi makanan, maka asam lambung akan keluar untuk bekerja, dan ketika tubuh langsung dibaringkan, maka asam lambung akan naik hingga ke bagian tenggorokan dan kerongkongan. Hal itu akan menyebabkan efek perih dan sakit pada tenggorokan, ketika bangun dari tidur.

Baca Juga : Perawatan Kuku Agar Kuat dan Berkilau

  • Heart Burn

Heart burn disebabkan oleh hal yang sama dengan acid reflux. Heart burn terjadi ketika tubuh anda merasakan panas dan tidak nyaman pada bagian dada setelah anda langsung tidur setelah makan. Hal ini sama-sama disebabkan oleh asam lambung yang naik ke bagian rongga dada anda, sehingga menimbulkan efek panas dan tidak nyaman di bagian dada.

  • GERD (Gasteophageal Reflux)

GERD merupakan efek yang ditimbulkan dari heart burn. Jika anda merasakan gejala heart burn yang sering muncul ketika mengkonsumsi makanan berat ataupun camilan sebelum tidur, maka anda harus segera memeriksakannya ke dokter, karena kemungkinan anda menderita penyakit GERD atau Gasteophageal Reflux.

Jadi, itulah beberapa dampak buruk yang timbul jika anda langsung tidur setelah makan. Kebiasaan tersebut jelas cukup mengancam, karena seperti yang bisa anda perhatikan dari apa yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa dampak-dampak dari kebiasaan langsung tidur setelah makan ini menyebabkan penyakit-penyakit yang berbahaya dan mematikan. Oleh karena itu, mulai sekarang hindari kebiasaan langsung tidur setelah makan.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

1 thought on “Jangan Langsung Tidur Setelah Makan, Berbahaya !”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *