Jangan Biasakan Minum Obat Tidur, Berbahaya !

Jangan Biasakan Minum Obat Tidur, Berbahaya !

Jangan Biasakan Minum Obat Tidur, Berbahaya !

Anda sering mengalami insomnia atau susah tidur? Sering memilih obat tidur sebagai solusi untuk mengatasi insomnia anda? Hati-hati, terlalu sering mengkonsumsi obat tidur ternyata bisa bahaya terhadap kesehatan ! Mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini !

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh setiap orang sebagai sarana untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas dan mengeluarkan tenaga. Tidur juga bertujuan untuk mengembalikan kondisi fisik yang sudah lelah, agar bisa kembali beraktivitas dalam kondisi yang fit. Manfaat tidur pun memang banyak, terutama tidur di malam hari. Akan tetapi, tidak semua orang bisa dengan mudah tidur, sehingga tak jarang obat tidur pun dikonsumsi agar bisa dengan mudah tertidur dan mendapatkan istirahat yang cukup untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Obat tidur tersebut bisa karena memang diresepkan oleh dokter, atau bisa juga karena mereka sendiri yang berinisiatif untuk membeli sendiri di apotek. Mengkonsumsi obat tidur sebenarnya merupakan hal yang wajar-wajar saja dan bisa diterima, akan tetapi jika mengkonsumsinya terlalu sering dan berlebihan, maka akan memiliki efek yang tidak baik bagi kesehatan.

Baru-baru ini sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Substance Abuse and Mental Health Service Administration, menunjukkan bahwa obat tidur dianggap memiliki dampak buruk terhadap kesehatan, bahkan cukup besar dari apa yang dipikirkan sebagian banyak orang. Data dari sebuah penelitian menunjukkan, ada banyak masalah kesehatan di rumah sakit yang terjadi akibat dari pengkonsumsian obat tidur yang berlebihan. Hal tersebut juga didukung dengan data yang memang menunjukkan peningkatan jumlah pasien yang dirujuk ke rumah sakit akibat penggunaan obat tidur dari sejak tahun 2005 hingga tahun 2010.

Lalu, apa sebenarnya yang membuat obat tidur menjadi berbahaya?

Carl Bazil, M.d yang merupakan seorang peneliti mengatakan, banyak orang berpikir bahwa obat tidur cenderung tidak berbahaya. Padahal, meskipun obat tidur dapat membantu seseorang tidur dengan tenang, tapi efeknya hanya sementara, dan tidak dianjurkan untuk digunakan dalam jangka yang panjang. Jika digunakan tidak semestinya, obat ini bisa berbahaya.

Baca Juga : Olahraga Memang Memiliki Segudang Manfaat Untuk Kesehatan

Bahaya terbesar dari obat tidur cenderung lebih banyak berpengaruh pada wanita dibandingkan pria. Hal ini karena wanita memiliki kemungkinan memetabolisme obat tidur lebih lama daripada pria. Masalah lain terkait obat tidur adalah efeknya yang baru akan terasa di keesokan harinya. Orang yang mengkonsumsi obat tidur di malam hari biasanya akan sedikit lelah setelah bangun tidur keesokan harinya. Bahkan orang tersebut mungkin masih merasa mengantuk. Apabila dia mengantuk ketika berangkat kerja dan dia sedang berkendara, maka hal tersebut dapat berakibat fatal untuk keselamatannya. Lebih lanjut lagi Bazil menjelaskan bahwa “Kecelakaan yang terjadi saat berkendara merupakan salah satu masalah terbesar jika seseorang mengkonsumsi obat tidur. Hal itu karena mereka sering tidak sadar bahwa kesadaran mereka belum pulih sepenuhnya setelah mengkonsumsi obat tidur. Kondisi tersebut bisa dikatakan hampir mirip dengan seseorang yang mengendarai kendaraan sambil mabuk”. Jangan Biasakan Minum Obat Tidur, Berbahaya !

Obat tidur juga dapat berbahaya jika mengkonsumsinya bersamaan dengan alkohol, stimulan, ataupun obat lainnya. Efeknya akan mengganda dan membuat orang merasa tidak nyaman saat bangun tidur keesokan harinya. Sebagian besar orang sering tidak sadar bahwa efek obat tidur sangatlah cepat dan kuat. Supaya tidak terlalu berbahaya, sebaiknya obat tidur dikonsumsi saat anda memang sudah benar-benar siap untuk tidur. Sementara masalah lainnya yang dapat muncul akibat mengkonsumsi obat tidur adalah ketagihan. Kendati tidak selalu terjadi, namun penggunaan jangka panjang obat tidur dapat memicu rasa ketagihan dan ketergantungan terhadap obat tersebut. Ketika tubuh telah terbiasa dengan obat tidur, maka tubuh juga akan ‘menerimanya’. Jadi, hal tersebut memungkinkan anda akan menjadi lebih sulit tertidur jika tidak minum obat tidur terlebih dahulu.

Jadi, berikut inilah resiko yang ditimbulkan akibat terlalu sering mengkonsumsi obat tidur, antara lain :

  • Toleransi Obat

Dalam jangka waktu tertentu, tubuh Anda akan membangun obat tidur yang toleran, sehingga obatnya makan lebih dari biasanya sehingga obat bisa bekerja pada tubuh Anda. Dengan menggunakan peningkatan jumlah obat tidur yang Anda minum, Anda akan merasakan efek samping yang besar.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

  • Ketergantungan Obat

Anda mungkin akan bergantung pada obat tidur untuk tidur, Anda bisa tidur, tidak pernah tidur nyenyak, bahkan jika Anda tidak memakainya. Obat resep biasanya bisa sangat adiktif, karena membuat sangat sulit menghentikannya.

  • Gejala Sakau

Jika tiba-tiba berhenti menggunakan obat-obatan, Anda mungkin mengalami gejala sakau, seperti mual, berkeringat dan gemetar.

  • Interaksi Obat

Obat tidur bisa berinteraksi dengan obat lain. Hal ini dapat memperparah efek samping dan terkadang bisa berbahaya, terutama dengan analgesik resep obat dan obat penenang lainnya.

  • Insomnia

Terkadang insomnia lebih buruk dari sebelumnya saat Anda berhenti menggunakan obat tidur.

  • Menutupi Masalah Utama

Meskipun Anda tidak dapat disembuhkan dengan obat tidur, mungkin ada gangguan medis atau mental yang menyebabkan insomnia dan gangguan tidur.

Jadi, anda boleh saja mengkonsumsi obat tidur untuk membantu supaya cepat tidur, namun jangan terlalu sering mengkonsumsinya juga. Jangan biarkan tubuh anda bergantung pada obat tidur demi mendapatkan tidur yang nyenyak. Untuk mengatasi masalah tidur, sebaiknya anda perbaiki saja pola tidur anda, bisa dengan cara relaksasi sebelum tidur atau bisa juga dengan mengkonsumsi makanan yang dapat memicu rasa kantuk. Hal tersebut akan lebih baik dibanding dengan terus-terusan konsumsi obat tidur. Jangan Biasakan Minum Obat Tidur, Berbahaya !

Baca Juga : Waspada Makanan Berikut Ini, Mengandung Kolesterol Jahat !

1 thought on “Jangan Biasakan Minum Obat Tidur, Berbahaya !”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *