Inilah Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesehatan, – Anda pasti sudah sering mendengar istilah terapi akupuntur. Terapi ini sering menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Nah, apakah benar terapi akupuntur mampu membantu mengatasi masalah kesehatan? Apa sebenarnya manfaat terapi akupuntur itu? Mari kita simak ulasannya berikut ini !

Inilah Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesehatan

Akupuntur adalah teknik kesehatan holistik yang berasal dari praktek Pengobatan Tradisional Cina, yang dilakukan oleh ahli tusuk jarum dengan merangsang titik-titik tertentu pada tubuh dengan memasukkan jarum tipis ke dalam kulit. Meskipun perawatannya menggunakan jarum, namun terapi pengobatan ini tidak menimbulkan rasa sakit. Bahkan, salah satu manfaat yang paling populer dari akupuntur adalah untuk mengurangi rasa sakit kronis di seluruh tubuh dengan cara yang alami.

Dalam melakukan terapi akupuntur, terapis atau bisa disebut ahli akupuntur akan menargetkan beberapa titik khusus pada tubuh. Hal tersebut didasarkan pada kepercayaan orang-orang Tiongkok yang menyebutkan bahwa akan ada aliran energi yang dikenal dengan sebutan Qi. Nah, penyakit bisa muncul jika aliran Qi tersebut terhambat. Dengan melalui penusukan di titik-titik tertentu, maka akupuntur bisa menjadi salah satu terapi untuk melancarkan aliran Qi tersebut sekaligus mengobati berbagai penyakit yang menyerang.

Selama bertahun-tahun, popularitas terapi akupuntur atau metode tusuk jarum ini sudah menyebar hingga keluar Tiongkok, termasuk di Indonesia. Sekarang ini, sudah ada banyak para ahli tusuk jarum atau ahli akupuntur yang sudah tersebar di seluruh belahan dunia.

Para ahli akupuntur umumnya tidak memiliki gelar kedokteran, kecuali mereka mengikuti pelatihan formal untuk teknik pengobatan. Tidak sedikit juga dokter-dokter modern yang menggabungkan antara pengobatan medis dengan metode tradisional akupuntur ini. Di beberapa negara, para ahli akupuntur harus memiliki izin terlebih dahulu sebelum diperbolehkan membuka praktik. CARA MENGOBATI PSORIASIS

Kaitan Titik Akupuntur dengan Dampaknya kepada Kesehatan

Dalam tubuh tiap manusia, diyakini ada 400 lebih titik akupuntur. Titik akupuntur jika distimulasi akan merespons bagian tubuh tertentu dan menimbulkan efek terapeutik. Misalnya, ada 21 titik akupuntur yang diyakini dapat mempengaruhi organ limpa, ada 19 titik akupuntur yang berkaitan dengan usus kecil, ada 67 titik akupuntur yang dapat mempengaruhi kerja kandung kemih, dan ada 9 titik akupuntur pada jantung.

Titik-titik akupuntur tersebutlah yang ditargetkan oleh ahli akupuntur selama terapi, karena sakit yang dialami tersebut diyakini disebabkan oleh aliran Qi yang terhambat. Meski begitu, keberadaan titik-titik akupuntur tersebut ternyata masih bersifat kontroversi, sebab belum ada bukti yang kuat yang dapat mendukung.

Berbagai Manfaat Akupuntur

Inilah Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesehatan, – Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang diyakini dapat ditangani dengan melalui terapi akupuntur, diantaranya :

  • Terapi setelah stroke

Akupuntur bisa menjadi terapi pengobatan alternatif untuk pasien rehabilitasi pasca stroke. Hanya saja, efektifitas akupuntur sebagai terapi pasca stroke masih menjadi perdebatan. Anda dapat mencoba terapi akupuntur ini untuk mengobati stroke, namun sebaiknya anda juga harus tetap melakukan pengobatan stroke lainnya yang lebih jelas efektifitasnya. Pasalnya, meskipun akupuntur sudah dirasakan manfaatnya oleh sebagian, namun belum ada bukti ilmiah kuat yang mendukung.

  • Terapi radang sendi

Penyakit radang sendi atau arthritis bisa diredakan melalui terapi akupuntur. Hanya saja, akupuntur disini sifatnya adalah sebagai terapi pelengkap saja. Jadi, anda juga tetap perlu menjalani perawatan medis untuk mengobati radang sendi. Hindari menjadikan akupuntur sebagai satu-satunya acuan. Sakit lutut karena osteoarthritis dikabarkan juga dapat diredakan dengan akupuntur. Sebagian orang sudah merasakan manfaatnya, terutama yang berhubungan dengan pemulihan rasa sakit dan kaku otot.

  • Anti penuaan

Terapi akupuntur juga dikabarkan memiliki manfaat terhadap kecantikan, yaitu melawan penuaan dengan membantu mengurangi kerutan dan bercak pada wajah, serta mengangkat kelopak mata yang terkulai. Efektifitas akupuntur dalam bidang kecantikan belum dapat dibuktikan sepenuhnya dan masih perlu diteliti lebih lanjut.

Konsultasi dengan dokter jika anda ingin menjalani terapi akupuntur untuk kecantikan. Dan pastikan anda menerima terapi akupuntur dari ahli yang sudah memiliki sertifikasi, serta menjalankan terapi akupunturnya di tempat yang memiliki fasilitas memadai.

  • Mengatasi obesitas diimbangi diet dan olahraga

Kombinasi dari program diet dan rutinitas olahraga dengan akupuntur bisa membantu proses penanganan obesitas. Stimulasi dari jarum akupuntur bertujuan merangsang produksi hormon tertentu, menurunkan level substansi pemicu lapar dan nafsu makan, serta mengurangi jumlah lipid atau lemak dalam aliran darah. Namun, keefektifan akupuntur dalam menangani berat tubuh berlebihan masih perlu diteliti lebih lanjut. Yang jelas, dalam menurunkan berat badan, akupuntur sendiri belum cukup. Diperlukan pola makan yang sehat dan disiplin dalam berolahraga secara teratur.

Berbagai Risiko Akupuntur

Risiko akupuntur sebenarnya tergolong rendah jika Anda melakukannya dengan ahli tusuk jarum bersetifikat. Berikut adalah beberapa kemungkinan efek samping dan komplikasinya :

  • Rasa sakit

Setelah akupuntur, Anda mungkin mengalami rasa sakit, perdarahan kecil, atau memar di area yang tertusuk jarum.

  • Cedera organ

Jika jarum didorong terlalu dalam, mereka bisa menusuk organ internal, khususnya paru-paru. Ini adalah komplikasi yang sangat jarang terjadi di tangan dokter yang berpengalaman.

  • Infeksi

Ahli tusuk jarum selalu menggunakan jarum yang steril dan sekali pakai. Sebuah jarum yang digunakan kembali dapat membuat Anda terkena penyakit seperti hepatitis.

Mengantisipasi Risiko Eksternal

Saat memutuskan untuk melakukan terapi akupuntur, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kredibilitas terapis. Seorang terapis ideal harus berpengalaman atau setidaknya telah terlatih. Jika tidak, akan muncul risiko, seperti penyakit yang makin parah akibat salah posisi jarum, atau penusukan terlalu dalam yang bisa menyebabkan cedera organ internal .

Inilah Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesehatan, – Hal kedua yang terpenting adalah higienitas dari klinik dan terutama jarum akupuntur yang digunakan. Pastikan jarum akupuntur telah disterilisasi dengan benar atau gunakan jenis yang sekali pakai. Jika tidak, risiko infeksi seperti hepatitis bisa muncul akibat kelalaian akupunturis dalam menggunakan jarum yang kotor.

Baca Juga :

Oksidasi Aman dengan Mencukup Antioksidan

Waspada, Bahaya Dehidrasi Pada Masa Kehamilan

Apa Saja Manfaat Vitamin A Untuk Tubuh ?

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *