Inilah Beberapa Penyakit Yang Dapat Menyerang Kuku

Inilah Beberapa Penyakit Yang Dapat Menyerang Kuku

Inilah Beberapa Penyakit Yang Dapat Menyerang Kuku

Mungkin anda tidak pernah mengira kalau kuku dapat terserang penyakit seperti halnya anggota tubuh lainnya. Namun ternyata kuku juga bisa terserang penyakit, yang mana beberapa penyakit kuku bisa saja merupakan gejala dari penyakit yang serius. Mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini !

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Seiring dengan bertambahnya usia, kuku akan menjadi lebih rapuh. Perubahan yang bersifat alami tersebut memang menjadi hal yang biasa (normal) dan tidak perlu mendapatkan penanganan. Akan tetapi beberapa perubahan tertentu pada kuku juga bisa saja mengindikasikan kondisi lainnya yang lebih serius.

Penyakit Yang Biasa Menyerang Kuku

1. Cantengan (Ingrown Toenails)

Siapa yang tak mengenal penyakit cantengan? Penyakit yang terlihat sepele namun menyakitkan ini memang sangat umum dan sering sekali terjadi pada kuku. Normalnya, kuku pada kaki maupun pada tangan, tumbuh dengan lurus. Namun terkadang, bagian tepi dari kuku tumbuh ke dalam daging hingga melukai. Hal tersebut menyebabkan bengkak, nyeri, dan kemerahan. Penyakit cantengan ini lebih sering terjadi pada kuku jempol kaki.

Kuku yang tumbuh ke dalam tersebut disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :

  • Pemotongan kuku yang kurang tepat seperti terlalu dalam atau tidak menggunakan gunting kuku.
  • Menggunakan sepatu yang terlalu kecil, sehingga menekan ujung-ujung jari kaki satu sama lain.
  • Luka pada jari kaki yang berulang karena aktivitas sehari-hari.
  • Faktor keturunan, di mana kuku cenderung tumbuh ke dalam daging.

Untuk mengatasi infeksi akibat kuku yang tumbuh ke dalam, caranya adalah dengan merendam kaki di dalam air garam hangat atau rendaman air sabun. Lalu gunakan plester dan antiseptik pada area yang terkena infeksi. Selama masih terinfeksi, usahakan untuk tidak melakukan pemotongan kuku yang terlalu dalam. Sebab, jika terlalu dipaksakan dipotong, maka cantengan bisa lebih parah.

Baca Juga : Inilah Bahaya Kesehatan Akibat Mengkonsumsi Gula Berlebihan

Namun jika anda juga merupakan pengidap diabetes, gangguan pembuluh darah tepi, atau kelainan peredaran darah lainnya, maka untuk mengatasi cantengan ini sebaiknya anda konsultasikan pada dokter, untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Biasanya dokter akan memotong kuku yang masuk ke dalam serta memberikan obat untuk mengatasi infeksinya. Namun jika kondisi tersebut masih berulang, maka dokter mungkin akan memotong tepi kuku beserta sebagian daging kuku agar tidak terjadi cantengan lagi.

2. Infeksi Kuku Onikomikosis

Onikomikosis adalah infeksi jamur atau dermatomikosis, kandida dan lainnya yang menyerang kuku. Penyakit ini bersifat menahun dan sangat tahan terhadap pengobatan. Jamur penyebab penyakit ini bisa berasal dari golongan dermatofita bisa juga dari golongan candida. Selain itu, infeksi juga bisa disebabkan oleh jamur filamentosa, seperti Scytalidium, Aspergillus, dan Fusarium.

Penyakit kuku ini tandanya adalah perubahan warna kuku yang terus memburuk dari waktu ke waktu, kuku menjadi kusam dan terlihat buruk. Infeksi kuk ini dapat menyebabkan kuku berwarna lebih gelap dan berbau tidak sedap. Dan jika dibiarkan, infeksi ini bisa menjalar ke kulit hingga jari. Bahkan jika infeksi sudah mencapai jari tangan atau kaki, maka penderita bisa mengalami kesulitan saat bekerja atau berjalan.

Penyakit Serius Dibalik Penyakit Kuku

Seperti yang telah dikatakan di awal, penyakit yang menyerang kuku tidak selalu berupa penyakit kuku saja, namun beberapa diantaranya juga bisa jadi merupakan gejala penyakit lain yang lebih serius. Dan beberapa penyakit kuku yang bisa mengindikasikan penyakit yang serius diantaranya adalah :

  • Sindrom Kuku Kuning

Ketika kuku lebih tebal dan tidak tumbuh secepat biasanya, maka bisa jadi kuku kekurangan kutikula dan bahkan lepas dari jari. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh keganasan organ-organ di dalam tubuh, artritis reumatoid, limpedema atau pembengkakan tangan, sinusitis, bronkitis kronis, serta efusi pleura.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

  • Jari Tabuh

Kondisi ini adalah ketika kuku jari mengeras dan membulat di sekitar ujung jari. Umumnya terjadi akibat rendahnya kadar oksigen dalam darah. Kondisi tersebut terkait dengan gangguan hati, paru, gangguan kardiovaskular, AIDS dan penyakit peradangan usus.

  • Garis Mees

Kondisi yang ditandai dengan adanya garis putih pada kuku ini memang cukup sering ditemukan. Garis tersebut biasanya menjadi tanda terjadinya keracunan arsenik. Namun untuk memastikannya, perlu diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

  • Koilonikia

Kondisi ketika kuku melengkung keluar hingga membentuk seperti sendok. Gangguan kuku seperti ini bisa jadi gejala beberapa penyakit seperti lupus, gangguan jantung, anemia defisiensi besi, dan hipotiroidisme.

  • Kuku Berlekuk (Pitting Nails)

Lekukan pada kuku ini biasanya ditemukan pada pengidap psoriasis, yaitu sebuah penyakit yang menyebabkan kulit kering, merah meradang, dan teriritasi. Penyakit ini merupakan penyakit yang tidak mudah disembuhkan, karena penyebabnya sampai saat ini belum diketahui secara pasti.

  • Kuku Terry

Penyakit yang terjadi ketika ujung kuku menjadi gelap. Selain akibat penuaan, kondisi tersebut juga bisa disebabkan penyakit tertentu seperti penyakit jantung, diabetes, dan gangguan hati.

Ketika anda mengalami kondisi gangguan kuku seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Agar anda juga mendapatkan penanganan yang tepat sesegera mungkin.

Baca Juga : Manfaat Yang Terkandung Pada Sayuran Brokoli

1 thought on “Inilah Beberapa Penyakit Yang Dapat Menyerang Kuku”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *