Inilah Bahaya Kesehatan Akibat Mengkonsumsi Gula Berlebihan

Inilah Bahaya Kesehatan Akibat Mengkonsumsi Gula Berlebihan

Inilah Bahaya Kesehatan Akibat Mengkonsumsi Gula Berlebihan

Sudah bukan rahasia umum lagi mendengar larangan atau pembatasan dalam mengkonsumsi gula atau makanan yang mengandung gula. Pasalnya, konsumsi gula secara berlebihan atau terlalu sering akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. Lalu sebenarnya apa saja sih dampak buruk konsumsi gula terhadap kesehatan? Mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini !

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Gula memang cukup erat dengan makanan serta minuman yang sering kita konsumsi sehari-hari. Gula sering digunakan untuk membuat makanan atau minuman memiliki rasa manis. Bahkan bagi beberapa orang, gula atau makanan dan minuman yang manis menjadi favorit yang sering mereka konsumsi setiap hari. Padahal, konsumsi gula secara berlebihan atau terlalu sering akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. Bahkan seperti yang sudah banyak orang ketahui bahwa gula merupakan salah satu penyebab penyakit diabetes. Tidak hanya diabetes saja, konsumsi gula yang berlebihan juga bisa memicu penyakit lainnya yang juga berbahaya.

Dan berikut ini ada bahaya yang mengintai akibat mengkonsumsi gula berlebihan, diantaranya :

  • Penimbunan Lemak Pada Perut

Obesitas merupakan salah satu penyakit yang cukup serius, karena obesitas menjadi aktor utama dibalik munculnya penyakit-penyakit mematikan seperti jantung dan diabetes. Dan sekarang ini, ada banyak kasus obesitas yang setiap tahunnya sering mengalami peningkatan. Hal tersebut memang tidak begitu mengherankan karena sekarang ini hampir setiap orang sulit menerapkan pola hidup yang sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula dan lemak. Padahal, makanan-makanan tersebut jelas tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Dan makanan yang mengandung gula akan tidak baik bila dikonsumsi secara berlebihan, karena beresiko menyebabkan penimbunan lemak pada lingkar pinggang dan perut, sehingga meningkatkan resiko obesitas atau kegemukan.

  • Berisiko Terkena Diabetes

Seperti yang telah dikatakan di awal, bahwa salah satu bahaya mengonsumi gula secara berlebihan adalah mengakibatkan penyakit diabetes. Ya, memang sudah tidak asing lagi dengan pernyataan tersebut, bahwa gula beresiko tinggi menyebabkan diabetes. Bahaya tersebut bahkan sudah sering dikemukakan oleh para peneliti. Sebab gula yang dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan sistem insulin dalam tubuh menjadi terganggu. Dan jika tidak terkontrol, maka akan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Baca Juga : Manfaat Yang Terkandung Pada Sayuran Brokoli

  • Dapat Merusak Jantung

Tidak hanya menyebabkan diabetes saja, konsumsi gula secara berlebihan juga akan berakibat fatal terhadap kesehatan, yaitu merusak jantung. Sebuah penelitian dalam Journal of American Heart Association pada tahun 2013 mengungkapkan, kebanyakan mengkonsumsi gula bisa mengakibatkan cara kerja jantung jadi terganggu dalam melakukan fungsinya sebagai pemompa darah. Hasil studi tersebut juga mengungkapkan bahwa molekul yang terdapat pada gula yaitu glukosa 6-fosfat bisa menyebabkan otot jantung berubah. Dan jika hal tersebut terus dibiarkan, maka konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan seseorang terkena gagal jantung.

  • Dapat Merusak Hati

Konsumsi gula secara berlebihan juga dapat merusak hati. Sebuah penelitian menunjukan bahwa tidak hanya alkohol yang memiliki efek beracun terhadap organ hati, tapi gula juga sama. Jika gula dikonsumsi secara berlebihan, maka fungsi organ hati akan terganggu karena mengalami kerusakan.

  • Bahaya Terhadap Pengidap Kanker

Tidak hanya menyebabkan penyakit, konsumsi gula berlebihan juga berdampak buruk terhadap sebuah penyakit, salah satunya adalah penyakit kanker. Bagi penderita kanker, mengkonsumsi gula dalam jumlah yang tinggi akan membuat kesempatan bertahan hidup jadi relatif rendah, terutama bagi penderita kanker payudara dan kanker usus besar.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

  • Risiko Menderita Penyakit Kronis

Berdasarkan sebuah penelitan yang dilakukan pada tahun 2013, diperkirakan ada sekitar 180.000 kasus kematian di dunia yang disinyalir akibat mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis. Maka tidak heran jika gula berkaitan dengan beberapa penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, dan juga kanker.

  • Dampak Buruk Terhadap Otak

Mengkonsumsi gula secara berlebihan juga memiliki dampak buruk yang berhubungan dengan otak. Sebuah penelitan yang dilakukan tahun 2009 menunjukan bahwa mengkonsumsi gula berkaitan erat dengan terjadinya penuaan pada sel-sel otak.

  • Dapat Merusak Gigi

Menurut Asosiasi Dental Amerika (ADA), makanan dan minuman yang mengandung gula yang tinggi bisa memicu timbulnya karang dan lubang pada gigi, sehingga menyebabkan sakit gigi. Dan perlu anda ketahui, bahwa gula merupakan makanan yang dikonsumsi oleh bakteri dan bisa menghasilkan asam yang mengakibatkan gigi berlubang. Maka dari itu, ADA memberikan saran untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula. Selain itu, rutinlah menyikat gigi setelah makan, agar gigi berlubang dapat dicegah.

  • Meningkatkan Tekanan Darah

Tidak hanya garam saja yang dapat meningkatkan tekanan darah jika dikonsumsi secara berlebihan, gula pun sama halnya. Konsumsi gula secara berlebih ternyata juga dapat meningkatkan tekanan darah (menyebabkan darah tinggi).

Jadi seperti itulah bahaya-bahaya yang mengintai akibat mengkonsumsi gula secara berlebihan atau terlalu sering. Maka dari itu, mulai dari sekarang sebaiknya kita membatasi konsumsi gula, termasuk mengkonsumsi makanan dan juga minuman yang mengandung gula. Sebab hal tersebut jelas tidak ada manfaatnya, malah memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. Baiknya konsumsilah lebih banyak buah dan sayuran agar asupan nutrisi terhadap tubuh dapat seimbang.

Baca Juga : Mencegah Osteoporosis Dengan Asupan Vitamin Untuk Tulang

1 thought on “Inilah Bahaya Kesehatan Akibat Mengkonsumsi Gula Berlebihan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *