Hati-Hati ! Kebanyakan Makan Durian Ternyata Tidak Baik

Hati-Hati ! Kebanyakan Makan Durian Ternyata Tidak Baik

Hati-Hati ! Kebanyakan Makan Durian Ternyata Tidak Baik

Siapa yang tak mengenal buah durian?! Buah yang memiliki bau khas yang menyengat ini merupakan salah satu buah yang banyak penggemarnya dan banyak juga yang tidak menyukainya karena baunya yang dianggap tidak enak.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Durian memiliki banyak kandungan di dalamnya, seperti vitamin yang baik manfaatnya untuk tubuh. Namun disamping itu, durian juga memiliki kandungan zat yang tidak baik untuk tubuh. Dan berikut ini adalah beberapa kandungan yang terdapat pada buah durian, antara lain :

  • Karbohidrat.
  • Vitamin B, C, E.
  • Zat besi.
  • Kalsium.
  • Magnesium.
  • Potasium.
  • Asam folat.
  • Fosfor.
  • Mangaan.
  • Sulfur.
  • Karoten.
  • Serat.
  • Glukosa tinggi.
  • Lemak.
  • Kolesterol.
  • Alkohol.

Dengan terkandungnya zat yang tidak baik untuk tubuh, konsumsi durian dalam jumlah yang banyak pun akan memberikan dampak yang buruk terhadap kesehatan tubuh. Meskipun memang dalam buah durian sendiri juga terkandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

Dan berikut ini adalah beberapa hal yang akan terjadi jika terlalu banyak mengkonsumsi buah durian. Diantaranya adalah :

1. Meningkatkan Kadar Kolesterol

Seperti yang terlihat dalam poin di atas bahwa buah durian ini mengandung kolesterol. Maka dengan mengkonsumsi buah durian dalam jumlah yang banyak, itu berarti kadar kolesterol dalam tubuh pun bisa meningkat. Oleh karena itu, buah durian ini menjadi salah satu pantangan yang harus dihindari oleh penderita diabetes, karena mengandung kolesterol yang berbahaya. Mengkonsumsi durian dalam jumlah banyak akan memicu peningkatan kadar kolesterol.

Baca Juga : Bersiwak Ternyata Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan

Dosis yang masih dianggap wajar dalam mengkonsumsi buah durian ini cukup satu buah saja. Itupun sudah terbilang banyak. Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh akan memicu peningkatan pada semua hal, seperti asam urat juga akan ikut meningkat. Dampaknya, jika kolesterol dan asam urat sudah tinggi, maka bisa terjadi komplikasi, yang sangat fatal bagi kesehatan seseorang.

2. Menyebabkan Penyakit Diabetes

Seseorang dengan riwayat keluarga menderita diabetes sangat pantang untuk mengkonsumsi durian lebih dari dua buah. Hal itu dikarenakan pada buah durian, terdapat kandungan glukosa yang tinggi, dan itu jelas akan memacu naiknya kadar gula darah, sehingga resiko untuk terkena diabetes pun akan turun meningkat semakin besar.

Apalagi untuk penderita diabetes. Tidak boleh bagi mereka mengkonsumsi durian lebih dari lima biji saja. Karena akibatnya sama, kandungan glukosa dalam buah durian dapat menaikkan kadar gula darah penderita diabetes, bahkan lebih cepat dibandingkan dengan glukosa dalam gula pasir. Dan yang paling berbahayanya, gula darah yang tinggi bisa mengakibatkan kematian.

Jadi, sebaiknya hindari mengkonsumsi buah durian, bagi anda yang menderita penyakit diabetes atau bagi anda yang memiliki faktor resiko terkena diabetes, seperti yang telah dikatakan sebelumnya.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

3. Mengakibatkan Kematian Pada Janin

Selain untuk penderita diabetes, buah durian juga berbahaya bagi ibu hamil. Mengkonsumsi durian bagi ibu hamil akan membuat perutnya panas, dan hal itu akan memicu kematian pada janin, karena janin yang ada dalam kandungan tidak mampu menahan panas yang berlebihan.

Efek rasa panas yang ditimbulkan ketika mengkonsumsi buah durian muncul akibat kandungan alkohol yang tinggi pada buah durian. Selain buah durian, buah nangka, buah nanas dan tape juga memiliki kadar alkohol yang tinggi. Jadi, sebaiknya ibu hamil mengurangi konsumsi buah-buah tersebut. Dan lebih baiknya hindari saja konsumsi buah-buah tersebut.

4. Menyebabkan Penyakit Jantung

Kandungan alkohol dan kolesterol yang tinggi pada buah durian akan membuat detak jantun terpacu lebih cepat. Dan penyebab seseorang terkena sakit jantung serta mengakibatkan kematian adalah degup jantung cenderung cepat. Jadi, dengan mengkonsumsi durian secara berlebihan, maka akan beresiko terkena penyakit jantung.

5. Menyebabkan Kematian Pada Penderita Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi biasanya disertai dengan komplikasi penyakit jantung. Dengan kandungan alkohol yang tinggi, buah durian mampu meningkatkan tekanan darah penderita hipertensi. Hal tersebut dapat mengakibatkan detak jantung lebih cepat, sehingga dapat menimbulkan serangan jantung secara mendadak.

Baca Juga : Ternyata Benda Berikut Ini Lebih Kotor Dari Toilet

6. Menyebabkan Kematian Jika Dicampur Minuman Beralkohol

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya dalam poin di atas, bahwa buah durian memiliki kandungan alkohol di dalamnya. Jika mengkonsumsi buah durian bersamaan dengan minuman beralkohol atau buah durian dicampurkan dengan minuman beralkohol, maka akan menghasilkan sulfur atau belerang. Dan sulfur yang masuk ke dalam tubuh akan menurunkan metabolisme serta sistem kekebalan tubuh seseorang. Bahkan jika jumlahnya sangat banyak, sulfur yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan kematian. Sebab, sulfur merupakan salah satu zat yang sangat pantang sampai masuk ke dalam tubuh manusia, karena bisa menyebabkan kematian.

7. Menimbulkan Masalah Pencernaan

Jika mengkonsumsi durian disandingkan dengan minuman seperti kopi. Maka seseorang bisa terkena penyakit komplikasi. Selain itu, mengkonsumsi durian juga tidak boleh bersamaan dengan minuman bersoda, karena akan membuat seseorang terkena gangguan pencernaan dalam jangka panjang, akan membuat usus dan lambung terluka bahkan berlubang. Yang mana jika usus dan lambung berlubang, maka itu bisa mengakibatkan kematian.

8. Menyebabkan Penyakit Ginjal

Terdapat zat ethanol, methanol dan juga ethyl metacrylate serta senyawa berupa sulfur atau belerang pada buah durian. Kandungan zat etanol dan metanol sangat berbahaya bagi kesehatan. Bagi penderita ginjal, zat-zat tersebut tidak dapat diuraikan. Sehingga kinerja ginjal bisa terbebani, bahkan kinerja ginjal dapat menurun. Selain itu, zat tersebut juga menyebabkan seseorang terkena penyakit ginjal.

9. Mengakibatkan Penyempitan Pembuluh Darah

Efek buruk lainnya dari mengkonsumsi buah durian adalah senyawa berupa alkohol dalam buah durian bisa mengakibatkan penyempitan pembuluh darah di dalam otak. Pembuluh darah yang menyempit nantinya akan membuat oksigen tidak dapat menyalur dengan maksimal ke otak, sehingga akibatnya bisa menyebabkan stroke.

Itulah beberapa dampak buruk yang terjadi jika terlalu banyak mengkonsumsi durain. Jadi, Hati-Hati ! Kebanyakan Makan Durian Ternyata Tidak Baik untuk kesehatan. Konsumsilah buah durian sewajarnya saja. Karena apapun juga, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak pasti akan memberikan dampak yang buruk terhadap kesehatan.

1 thought on “Hati-Hati ! Kebanyakan Makan Durian Ternyata Tidak Baik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *