Hati-Hati, Jangan Kebanyakan Minum Air Kelapa !

Hati-Hati, Jangan Kebanyakan Minum Air Kelapa !

Hati-Hati, Jangan Kebanyakan Minum Air Kelapa !

Siapa yang tidak mengenal akan banyaknya manfaat dari air kelapa. Tidak hanya sebagai bahan baku dalam minuman segar saja, air kelapa juga diyakini mempunyai kemampuan untuk mengatasi dan mengobati beberapa keluhan penyakit, seperti alergi, diare, panas dalam, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Bahkan beberapa produsen minuman isotonik pun juga memanfaatkan khasiat air kelapa sebagai minuman isotonik yang mereka produksi, dengan menjadikan air kelapa sebagai bahan bakunya. Hal tersebut karena memang air kelapa banyak mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh di saat kehilangan cairan.

Kandungan Air Kelapa

Pada air kelapa, nilai kalori yang terkandung rata-rata sebesar 17 kalori per 100 gram. Kandungan lainnya yang juga terdapat pada air kelapa adalah kandungan enzim, yang mampu mengurai sifat racun. Kemudian dari banyaknya jenis kelapa, yang paling tinggi kandungan anti racun (tanin) adalah air kelapa hijau.

Selain itu, air kelapa juga mengandung vitamin C, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, dan hidrat arang. Rasa manis pada air kelapa muda merupakan berasal dari kandungan gula yang terdiri atas glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Sementara kandungan airnya sendiri mencapai sekitar 95,5 gram per 100 gram.

Jika dilihat dari nutrisi yang dikandungnnya, air kelapa memang memiliki segudang manfaat yang bagus untuk kesehatan, terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Akan tetapi air kelapa juga tidak bisa sembarangan dikonsumsi tanpa batasan, karena jika terlalu banyak atau terlalu sering mengkonsumsi air kelapa justru akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. Bahkan air kelapa bisa berbahaya.

Baca Juga : Daun Sirih, Tanaman Herbal Penuh Manfaat Untuk Kesehatan

Dokter Umum Klinik Keluarga Antasari Bandar Lampung, Dr. Yoshika Kurniasari. menjelaskan alasan kenapa air kelapa memberikan dampak buruk dan berbahaya bagi kesehatan jika terlalu banyak atau terlalu sering dikonsumsi. Dan berikut ini adalah fakta mengenai air kelapa, diantaranya :

1. Air kelapa mengandung mineral dan vitamin, sehingga ketika kita kelelahan setelah beraktifitas atau bekerja dan menguras keringat, minum air kelapa akan memberikan kesegaran dan menghilangkan lelah dan cape. Akan tetapi, minum air kelapa saja ternyata tidak cukup. Sebab, ketika mengeluarkan keringat, tubuh juga akan kekurangan sodium. Sedangkan dalam air kelapa hanya sedikit kadar sodium yang terkandung. Jadi, selain minum air kelapa, disarankan juga untuk tetap minum air mineral ketika tubuh kelelahan.

2. Air kelapa adalah minuman yang rendah lemak. Tapi, jangan beranggapan kalau air kelapa bisa anda jadikan sebagai obat diet alami untuk mencegah berat badan berlebih. Sebab, mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan justru malah akan menimbulkan masalah, yakni diare. Mungkin bagi orang yang mengalami sembelit sangat cocok mengkonsumsi air kelapa, karena bisa membantu untuk melancarkan pencernaan yang terganggu. Akan tetapi bagi orang yang sehat tentu hal itu malah akan menyebabkan diare.

3. Air kelapa memang memiliki sejumlah zat mineral yang terkandung di dalamnya, yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Akan tetapi, mengkonsumsi air kelapa juga tidak menjamin kekebalan tubuh seseorang menjadi lebih kuat dalam melawan serangan penyakit yang disebabkan bakteri dan virus. Sebab, sistem kekebalan tubuh manusia sangat kompleks dan membutuhkan nutrisi lain yang cukup untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

4. Meskipun air kelapa mengandung asam amino yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari yang terkandung pada susu sapi, namun tidak berarti air kelapa bisa menggantikan susu sebagai minuman kesehatan. Sebab, susu memiliki kandungan vitamin serta mineral yang lebih lengkap daripada air kelapa. Jadi, ketika anda mengganti susu dengan air kelapa, maka anda bisa mengalami kekurangan nutrisi dan dapat mengganggu kinerja organ tubuh anda.

5. Air kelapa bermanfaat untuk penderita batu ginjal. Akan tetapi, air kelapa justru akan berbahaya bagi orang yang fungsi ginjalnya menurun. Oleh karena itu, perlu pemeriksaan secara menyeluruh pada penderita batu ginjal untuk mengetahui fungsi ginjalnya apakah masih bagus atau tidak. Sebab, kalium dan zat elektrolit lainnya dalam air kelapa bsa menyebabkan hiperkalemi. Selain itu, efek buruk air kelapa bagi mereka yang fungsi ginjalnya menurun adalah dapat membahayakan jantung.

6. Jangan mengkonsumsi air kelapa ketika anda sedang berada dalam perjalanan ke suatu tempat. Sebab, salah satu efek samping air kelapa adalah dapat menimbulkan kejang otot dan kelelahan akibat kadar kalsium yang terkandung pada air kelapa.

Jadi, seperti itulah fakta-fakta mengenai air kelapa yang harus anda ketahui. Dan dari fakta-fakta di atas dapat kita ketahui bahwa air kelapa memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, tapi akan berdampak buruk jika dikonsumsi terlalu sering atau dalam jumlah yang berlebihan.

Baca Juga : Inilah Akibatnya Jika Anda Kurang Tidur

1 thought on “Hati-Hati, Jangan Kebanyakan Minum Air Kelapa !”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *