Gigi Anda Sensitif ? Inilah Penyebab dan Cara Menanganinya !

Gigi Anda Sensitif ? Inilah Penyebab dan Cara Menanganinya !

Gigi Anda Sensitif ? Inilah Penyebab dan Cara Menanganinya !

Anda sering merasakan ngilu pada gigi ? Mungkin itu menunjukkan gigi anda mengalami gigi sensitif. Beberapa faktor bisa menjadi penyebab gigi sensitif. Apa saja kah penyebab gigi sensitif ? Mari kita bahas berikut ini bersama dengan cara penanganannya !

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Gigi sensitif adalah rasa tidak nyaman pada gigi yang biasanya dipicu oleh makanan dan minuman yang dingin, panas, manis atau asam. Gigi sensitif bisa menimbulkan rasa sakit berupa kejutan yang tajam dan pendek, atau lebih sering kita sebut dengan istilah “ngilu”.

Gigi sensitif terjadi ketika bagian yang lebih lembut pada gigi yaitu dentin, yang terletak di bawah lapisan enamel gigi, terpapar tanpa perlindungan. Dentin memiliki ribuan tabung kecil yang berisi cairan dan mengarah langsung ke pusat saraf gigi. Ketika dentin gigi terkena rangsangan, misalnya oleh makanan atau minuman yang dingin atau asam, dan mencapai pusat saraf gigi, maka akibatnya menimbulkan rasa ngilu.

Penyebab Gigi Sensitif

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan gigi sensitif. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah :

  • Kebiasaan menggosok gigi dengan keras. Kebiasaan tersebut seiring waktu akan membuat enamel gigi bisa rusak sehingga dentin terbuka. Apalagi jika menggosok giginya dengan keras menggunakan sikat gigi yang kasar. Selain itu, kebiasaan menggeretakkan gigi juga bisa menyebabkan gigi menjadi sensitif.
  • Penyakit gusi gingivitis. Penyakit berupa gusi bengkak dan sakit ini bisa menyebabkan gusi tertarik dan akar gigi terbuka. Kondisi ini bisa menyebabkan gigi jadi sensitif.
  • Gigi berlubang, retak, atau patah yang dapat dipenuhi oleh bakteri dari plak sehingga menyebabkan gigi menjadi sensitif. Baca Juga : Ternyata Vaping Sama Bahayanya dengan Rokok Tradisional
  • Gesekan gigi. Seperti halnya menggosok gigi dengan keras, gesekan gigi juga dapat membuat enamel jadi rusak dan membuat dentin terbuka, sehingga seiring waktu juga membuat gigi jadi sensitif.
  • Penggunaan beberapa produk pemutih gigi juga dapat mengakibatkan gigi jadi sensitif.
  • Penumpukan plak membuat gigi menjadi sensitif jika terjadi di dekat permukaan akar gigi.
  • Gigi sensitif juga bisa disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam yang tinggi sehingga merusak enamel.
  • Efek setelah melakukan pembersihan gigi, restorasi gigi, dan pemasangan mahkota. Meski demikian kondisi sensitif setelah tindakan ini bisa menghilang dalam waktu 4-6 minggu.
  • Gigi sensitif sering ditemukan pada seseorang di usia 25 tahun sampai 30 tahun.

Penanganan Gigi Sensitif yang Tepat

Gigi Anda Sensitif ? Inilah Penyebab dan Cara Menanganinya ! – Saat anda mengalami gigi sensitif, rasa ngilu pada gigi bisa timbul kapan saja oleh apa saja. Misalnya, gigi ngilu saat menggosok gigi, gigi ngilu saat makan serta minum, atau gigi ngilu saat membersihkan gigi dengan benang. Hal pertama yang perlu dilakukan jika anda merasa gigi anda sensitif adalah periksakan pada dokter untuk mengetahui dan memastikan apakah gigi anda benar-benar sensitif atau tidak, sekaligus mengetahui penyebab sebenarnya rasa sakit pada gigi tersebut.

Setelah menjalani pemeriksaan terhadap gigi anda, dokter dapat memberikan pada anda beberapa rekomendasi penanganan sesuai dengan penyebab dasar dari kondisi gigi sensitif yang anda alami. Rekomendasi yang mungkin akan diberikan dokter bisa berupa penggunaan pasta gigi untuk gigi sensitif, pemberian material untuk mengurangi sensitivitas pada gigi, pemakaian fluoride untuk menguatkan enamel dan mengurangi rasa sakit, atau pengobatan saluran akar gigi.

Untuk mencegah rasa sakit berulang akibat gigi sensitif, yang perlu anda lakukan adalah menjaga kebersihan gigi secara rutin, yaitu dengan menggosok gigi menggunakan sikat yang lembut serta pasta gigi yang mengandung fluoride minimal dua kali dalam satu hari, menggosok gigi jangan terlalu keras, bersihkan gigi dengan benang gigi setiap hari, atau anda juga bisa minta pelindung mulut pada dokter jika anda memiliki kebiasaan menggeretakkan gigi.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Selain itu dengan tindakan penanganan di atas, anda juga perlu membatasi makanan dan minuman yang mengandung zat asam, seperti minuman berkarbonasi, yoghurt, dan anggur. Dan ketika anda habis mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam, maka anda sebaiknya minum susu atau air putih untuk mengimbangi kadar asam di dalam mulut anda. Hindari  juga menggosok gigi segera setelah makan atau minum yang mengandung asam. Pasalnya, zat asam tersebut dapat melunakkan lapisan enamel pada gigi sehingga sangat mungkin tererosi ketika disikat. Oleh karena itu, tunggulah beberapa jam setelah makan atau minum kembudian baru menyikat gigi.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, rasa sakit yang ditimbulkan gigi sensitif dinyatakan bisa diminimalisir dengan penggunaan lingkaran nano. Alat ini berupa lingkaran kecil berbahan keramik bernama hidroksiapatit yang digunakan dokter gigi untuk mengisi lubang penyebab gigi sensitif.

Gigi Anda Sensitif ? Inilah Penyebab dan Cara Menanganinya ! – Metode baru lainnya yang cukup cocok pada kebanyakan pasien adalah penggunaan laser dalam perawatan gigi sensitif. Hal tersebut karena tidak ditemukannya dampak negatif lanjutan setelah penggunaan laser tersebut. Namun meski begitu, masih perlu juga penelitian lanjutan dalam jangka panjang untuk memastikan hal tersebut. Oleh karena itu, penanganan pertama yang paling umum dilakukan untuk mengatasi gigi sensitif adalah dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung garam potassium (kalium) dan fluoride.

Baca Juga : Mau Tau Manfaat Buah Naga ? Temukan Jawabannya Disini !

2 thoughts on “Gigi Anda Sensitif ? Inilah Penyebab dan Cara Menanganinya !”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *