Dapatkan Manfaat Kesehatan Dengan Berjemur Di Pagi Hari

Dapatkan Manfaat Kesehatan Dengan Berjemur Di Pagi Hari

Dapatkan Manfaat Kesehatan Dengan Berjemur Di Pagi Hari

Bagi sebagian orang mungkin sudah tahu kalau berjemur di pagi hari di bawah sinar matahari memberi manfaat yang baik untuk kesehatan. Dan pada kesempatan ini, akan kami bahas mengenai manfaat yang akan didapatkan dari berjemur di pagi hari. Lalu seperti apakah manfaatnya untuk kesehatan? Simaklah ulasannya berikut ini !

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Sinar matahari dikenal memiliki efek buruk jika terlalu lama mengenai kulit, karena pada sinar matahari terdapat sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan kanker kulit, bahkan tidak baik juga untuk kesehatan lainnya. Namun jika dalam porsi dan waktu yang tepat, ternyata sinar matahari juga membeikan efek yang baik untuk kesehatan dengan memberikan manfaat. Terutama sinar matahari di pagi hari.

Sinar matahari memiliki peranan yang sangat penting bagi kelangsungan makhluk hidup di muka bumi ini. Sinar matahari akan menjaga suhu bumi supaya tetap hangat, dan mencegah dunia agar tidak beku. Namun cerita lain akan muncul, jika sinar matahari terlalu lama dan terlalu sering mengenai tubuh. Hal itu akan memberikan dampak yang buruk terhadap kesehatan, seperti resiko terkena kanker kulit dan juga terkena penyakit mata katarak. Selain itu, kulit terbakar matahari juga merupakan kondisi yang diakibatkan dari efek buruk sinar radiasi UVB yang berasal dari sinar matahari.

Akan tetapi jika saja dimanfaatkan dengan benar dalam jumlah yang tepat dan waktu yang tepat, sinar matahari dapat memberikan manfaat yang membuat tubuh menjadi lebih sehat. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang akan didapatkan dari sinar matahari di pagi hari, antara lain :

1. Memperoleh Vitamin D

Sinar matahari akan merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D. Sinar matahari yang mengenai wajah, leher, lengan, dan kaki selama 10 hingga 15 menit saja akan menghasilkan 1.000 sampai 3.000 unit internasional (IU). Tergantung pada jenis kulit yang dimiliki serta kebutuhan akan vitamin D oleh masing-masing tubuh dalam satu hari.

Baca Juga : Menggunakan Masker Coklat Untuk Perawatan Wajah

Vitamin D memiliki manfaat untuk meningkatkan penyerapan kalsium di dalam usus, yang kemudian mentransfer kalsium tersebut melintasi membaran sel, sehingga akan memperkuat tulang. Vitamin D juga akan memberikan perlindungan terhadap tubuh dari serangan kanker, seperti kanker paru-paru, kanker kulit, dan kanker prostat, melindungi tubuh dari osteoporosis, rakhitis, dan juga diabetes.

Selain itu, vitamin D juga akan membantu tubuh dalam menurunkan kadar kolestrol dalam darah yang tinggi, sehingga akan membantu dalam melawan penyakit jantung.

2. Merangsang Produksi Serotonin

Selain mampu merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D, sinar matahari juga dapat merangsang tubuh untuk memproduksi hormon serotonin. Hormon tersebut merupakan sebuah neurotransmitter di otak yang akan mengatur suasana hati. Serotonin yang cukup tinggi nantinya bisa menghasilkan suasana hati yang lebih baik, serta bisa membuat cara berpikir menjadi lebih tenang dengan mental yang fokus.

3. Memperbaiki Kulit

Berjemur di bawah sinar matahari pagi hari dengan aman, terbukti dapat memperbaiki kondisi kulit yang kronis, seperti jerawat, penyakit eksim, dan bahkan penyakit psoriasis sekalipun. Paparan sinar matahari juga bisa mengurangi gejala dari tanda peregangan, bekas luka, serta masalah kulit lainnya.

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat sinar matahari selanjutnya adalah mapu meningkatkan sirkulasi darah, dengan melebarkan pembuluh darah yang berada pada kulit. Dengan demikian, oksigen dan nutrisi akan lebih banyak dibawa menuju sel-sel pada saat pembuluh darah kapiler sedang terbuka. Sehingga hal tersebut akan membuat kesehatan pun menjadi lebih baik. Selain itu, hal tersebut juga akan membuat jantung jadi lebih sehat, dengan menurunkan denyut nadi pada saat sedang beristirahat, dan mengurangi tekanan darah.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

5. Mengatasi Depresi

Orang yang mengidap gangguan afektif musiman atau SAD, bisa mengembangkan gejala depresi, seperti hilangnya minat pada kegiatan sehari-hari, merasa lemas tidak memiliki tenaga atau kelelahan, dan juga kemurungan pada musim dingin atau pada saat sinar matahari kurang terpancar.

Nah, dengan sinar matahari, masalah SAD atau gejala depresi bisa dikurangi dengan cara melepaskan endorphin, yaitu anti-depresan alami yang dimiliki tubuh, yang sangat berguna pada kasus-kasus depresi musiman seperti SAD.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Sinar matahari juga dapat memperkuat dan memperkokoh sistem kekebalan tubuh seseorang. Sebab, pada saat terpapar sinar matahari, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang akan membantu melawan infeksi serta berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri, jamur, dan virus.

7. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, sinar matahari juga dapat meningkatkan detoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh, dengan melalui cara memperbaiki fungsi hati. Selain itu, sinar matahari juga akan meningkatkan sirkulasi darah seperti yang telah dikatakan sebelumnya, yang mana nantinya akan membuat racun-racun di dalam tubuh tereliminasi lebih efisien melalui darah.

8. Memperbaiki Kualitas Tidur

Paparan sinar matahari akan membuat produksi melatonin jadi meningkat. Yang mana melatonin adalah sebuah hormon yang diproduksi kelenjar pinea, yang ditemukan di dasar otak. Melatonin akan sangat dibutuhkan untuk membantu kualitas tidur yang baik.

Itulah manfaat yang akan didapatkan ketika berjemur di pagi hari. Ingat, berjemurlah dengan waktu yang secukupnya saja supaya tidak terkena dampak buruk dari sinar matahari yang sudah disinggung sebelumnya di awal. Dan sebaiknya gunakan tabir surya untuk mencegah efek buruk sinar matahari, ketika anda ingin berjemur di pagi hari.

Baca Juga : Hati-Hati ! Kebanyakan Makan Durian Ternyata Tidak Baik

1 thought on “Dapatkan Manfaat Kesehatan Dengan Berjemur Di Pagi Hari”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *