Dapatkan Manfaat Kesehatan Dari Daun Kemangi !

Dapatkan Manfaat Kesehatan Dari Daun Kemangi !

Dapatkan Manfaat Kesehatan Dari Daun Kemangi !

Bagi anda yang suka makan lalap, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya daun kemangi. Daun ini menjadi salah satu dedaunan yang sering digunakan sebagai lalap, untuk menemani makan, ditambah dengan sambal. Namun tahukah anda, bahwa daun kemangi ini ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.Simaklah ulasannya berikut ini !

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Daun kemangi memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, apalagi bagi mereka yang gemar makan lalap. Tidak hanya itu saja, kemangi juga merupakan salah satu bumbu dalam membuat pepes. Daun yang berasal dari tumbuhan kecil ini memang sering dikonsumsi sebagian banyak masyarakat kita. Memiliki aroma yang khas, kuat namun lembut.

Daun kemangi dikatakan memiliki sifat antioksidan dan antibakteri. Daun Selain itu, daun kemangi juga memiliki kandungan vitamin K. Aromanya yang segar, menawarkan dosis yang sehat dari pembekuan darah dengan adanya vitamin K. Setiap 2 sendok makan daun kemangi yang dihaluskan menyediakan 27% dari rekomendasi vitamin K, serta vitamin A, mangan, dan magnesium.

Daun kemangi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan daun kemangi ini sering digunakan juga sebagai ramuan herbal untuk mengobati penyakit. Karena harumnya yang khas, daun kemangi juga bisa untuk menambah selera makan.

Dan berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari daun kemangi, antara lain :

1. Menyehatkan Jantung

Kemangi memiliki kandungan carotenoid yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dapat diubah menjadi vitamin A. Dengan begitu, kemangi bisa menjadi metode yang bagus untuk mendapatkan magnesium yang baik untuk kesehatan jantung, dengan meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi kemungkinan irama jantung yang tidak normal, serta menenangkan otot dan pembuluh darah.

Baca Juga : Inilah Kondisi Yang Menyebabkan Lidah Jadi Putih

2. Mencegah Berbagai Macam Kanker

Kemangi memiliki anti-oksidan yang sangat efektif. Anti-oksidan alami pada kemangi dapat menjaga tubuh terhindar dari kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga, mampu untuk mencegah sebagian besar penyakit kanker. Selain itu, kemangi juga mengandung flanovoid yang akan melindungi struktur sel dari radiasi. Dengan begitu, kemangi benar-benar mampu untuk membantu sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Minyak kemangi memiliki manfaat yang bagus untuk membuat kulit dan rambut yang kusam menjadi lebih cerah. Kemangi juga bagus untuk mengatasi jerawat. Selain itu, kemangi juga bagus mengobati rambut yang kurus. Sebab, kemangi mampu meningkatkan sirkulasi darah menuju akar rambut. Kemangi akan bekerja dengan membantu akar rambut, menawarkan anti-oksidan serta kelembaban terhadap folikel rambut, serta membentengi dasar rambut. Sehingga rambut akan menjadi lebih berkualitas.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Anti-oksidan pada kemangi tidak hanya efektif melawan kanker, namun juga baik membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit menular. Daun kemangi berkhasiat sebagai anti bakteri yang akan mampu mengurangi resiko bakteri seperti E. coli serta Listeria, yang bisa menyebabkan keracunan makanan. Selain itu juga, daun kemangi bisa digunakan sebagai penutup luka. Kandungannya berkhasiat untuk mencegah infeksi bakteri. Dengan memakan daun kemangi, manfaatnya juga dapat membantu melawan infeksi virus dari dalam tubuh seperti flu dan herpes.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

5. Meningkatkan Daya Ingat

Kemangi mampu meningkatkan daya ingat seseorang. Kemangi banyak mengandung kortikosteron yang akan membantu menguatkan daya ingat. Kemangi bekerja sangat efektif dalam mengaktifkan sirkulasi otak yang dapat mengurangi resiko kerusakan otak. Tidak hanya itu, kemangi juga dapat membantu memelihara sistem saraf.

6. Mengurangi Stres

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa daun kemangi memiliki khasiat yang cukup bagus mengurangi stres. Bahkan para ahli kesehatan merekomendasikan daun kemangi ini untuk dikonsumsi dengan jumlah 10-12 lembar daun kemangi. Dikonsumsi dua kali sehari, untuk menghindari perasaan stres. Dengan mengkonsumsi daun kemangi ini setiap hari, maka anda juga dapat membersihkan darah.

7. Menyehatkan Gigi dan Mulut

Kemangi juga memiliki manfaat yang bagus untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut kita. Daun kemangi mampu mengatasi bau mulut serta mengatasi masalah pada gigi dan gusi. Caranya yaitu, jemur daun kemangi sekitar 2 hari sampai kering. Lalu haluskan daun kemangi, kemudian gunakanlah serbuk kemangi tersebut sebagai pasta gigi. Bisa anda dikombinasikan juga dengan minyak mustard.

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari daun kemangi, yang bagus untuk kesehatan. Jadi, daun kemangi tidak hanya nikmat sebagai lalapan saja, namun kemangi ternyata juga memiliki manfaat yang sangat baik dan bagus untuk kesehatan.

Baca Juga : Sering Mengkonsumsi Kecap Manis Bahaya Bagi Kesehatan

1 thought on “Dapatkan Manfaat Kesehatan Dari Daun Kemangi !”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *