Dampak Buruk Polusi Udara Akibat Kabut Asap

Dampak Buruk Polusi Udara Akibat Kabut Asap

Dampak Buruk Polusi Udara Akibat Kabut Asap

Polusi udara adalah sebuah kondisi di mana udara tercemar oleh zat-zat atau partikel yang bersifat negatif, bahan-bahan kimia, atau bahan biologis lainnya yang sifatnya membahayakan manusia dan juga makhluk hidup lainnya.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Polusi udara merupkan kondisi yang menggambarkan udara yang sudah tidak murni karena tercemar oleh berbagai macam polutan (yang menyebabkan polusi). Polusi udara umumnya merupakan salah satu dampak dari ulah manusia sendiri. Polutan yang paling banyak mencemari udara adalah berupa asap yang di dalamnya mengandung banyak hal yang merugikan, salah satunya penyebab penyakit.

Salah satu polusi udara yang sering terjadi di Indonesia adalah kabut asap. Kabut asap merupakan bencana nasional yang hampir selalu dialami masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Pada umumnya kabut asap ini sering terjadi di daerah Kalimantan dan Sumatera akibat kebakaran hutan. Akan tetapi yang patut disayangkannya adalah kebakaran hutan yang terjadi diduga karena unsur kesengajaan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu.

Polusi udara akibat kabut asap tidak hanya berbahaya bagi aneka ragam hayati di lingkungan hutan saja, namun juga dapat membahayakan lingkungan yang berada di sekitarnya. Beberapa penyakit seperti gangguan pernapasan banyak diderita masyarakat ketika terjadi polusi udara akibat kabut asap ini.

Kabut asap juga sebenarnya tidak hanya disebabkan oleh kebakaran hutan saja seperti yang terjadi di daerah Kalimantan dan Sumatera, namun juga di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung bisa terjadi kabut asap yang sumber utamanya disebabkan oleh asap kendaraan bermotor dan industri. Umumnya, kejadian ini muncul saat musim kemarau tiba.

Baca Juga : Hati-Hati, Mengendarai Motor Tanpa Jaket Itu Berbahaya !

Kabut asap merupakan polusi udara yang dihasilkan dari beberapa gas yang bercampur dengan partikel yang bereaksi dengan sinar matahari. Gas-gas yang terkandung dalam polusi udara adalah karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), sulfur oksida (SO2), nitrogen oksida (NO2), senyawa organik volatil (VOC), dan ozon. Sementara itu, partikel-partikelnya adalah asap itu sendiri, debu, serbuk sari dan juga pasir.

Bahaya Kabut Asap

Berikut adalah efek jangka pendek akibat polusi udara yang disebabkan oleh kabut asap, diantaranya :

  • Sulit Bernapas dan Gangguan Paru-Paru

Dampak yang satu ini memang kentara dan tidak terbantahkan lagi. Banyaknya kandungan asap di udara, membuat kita akan kesulitan untuk bernapas dengan nyaman, dan asap tersebut juga dapat merusak organ paru-paru kita jika terus menerus kita menghirupnya. Bahkan dalam jangka waktu yang lama kematian bukan tidak mungkin terjadi akibat kesulitan bernapas dan rusaknya paru-paru.

  • Batuk dan Iritasi Tenggorokan

Ketika kita menghirup udara yang paparan asap, maka akibatnya sering menyebabkan batuk-batuk dan juga iritasi pada tenggorokan. Umumnya hal ini hanya berlangsung selama beberapa jam saja. Namun, lama kelamaan efeknya akan berdampak terhadap sistem pernapasan, meskipun gejalanya sudah tidak nampak lagi.

  • Memperburuk Gejala Asma

Bagi penderita asma, menghirup udara yang tercemar kabut asap jelas akan memperburuk kondisi sesak nafas yang dialaminya. Hal tersebut karena memang kabut asapa ini dapat memudahkan asma untuk kambuh, karena udara yang dihirup sudah kotor. Bagi orang normal saja menghirup udara yang tercemar kabut asap sudah sesak, apalagi untuk penderita asma.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

  • Berdampak pada Fungsi Jantung

Partikel-partikel yang terkandung dalam kabut asap berisiko menginfiltrasi aliran darah manusia sehingga beresiko mengakibatkan dampak buruk terhadap jantung. Hal ini terjadi karena partikel yang terkandung dalam kabut asap biasanya sangat kecil. Umumnya, partikel penyusun kabut asap berdiameter hingga 10 mikrometer. Semakin kecil ukuran partikel, maka semakin besar pula resiko yang bisa ditimbulkan.

  • Buruk Untuk Kesehatan Mata

Kabut asap juga berdampak buruk terhadap kesehatan mata, memicu kondisi mata merah dan juga membuat mata mudah teriritasi. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan kacamata saat keluar rumah ketika terjadi kabut asap, agar dampak buruknya terhadap kesehatan mata bisa dicegah.

  • Berisiko Terkena Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru menjadi salah satu dampak paling buruk akibat kabut asap. Pasalnya, seperti yang kita ketahui bahwa kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan. Jika seseorang terkena paparan kabut asap secara rutin setiap harinya, maka orang tersebut akan sangat beresiko terkena penyakit kanker paru-paru, meskipun orang tersebut bukan perokok sekalipun. Kabut asap mengandung banyak karsinogen atau partikel penyebab kanker.

Itulah beberapa dampak buruk polusi udara akibat kabut asap. Dan ingat, setiap orang mengalami efek buruk yang berbeda-beda. Dan beberapa kelompok seperti bayi, anak-anak, dan lanjut usia menjadi kelompok paling rentan terhadap dampak buruk kabut asap. Untuk itu, batasilah kegiatan di luar ruangan. Namun jika memang harus beraktivitas di ruang terbuka, maka usahakan kegiatan yang dilakukan tidak terlalu menguras tenaga dan selalu gunakan masker untuk menutup mulut dan hidung anda.

Baca Juga : Manisnya Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

1 thought on “Dampak Buruk Polusi Udara Akibat Kabut Asap”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *