Bumil, Ternyata Berenang Manfaatnya Bagus Untuk Anda

Bumil, Ternyata Berenang Manfaatnya Bagus Untuk Anda

Bumil, Ternyata Berenang Manfaatnya Bagus Untuk Anda

Selama kehamilan, seorang bumil (ibu hamil) memang perlu menjaga kesehatannya dengan baik dan bijak. Pasalnya, selama kehamilan, ibu hamil memang lebih rawan terkena gangguan kesehatan, seperti serangan penyakit. Oleh karena itu, ibu hamil juga perlu melakukan olahraga, namun dengan batas yang wajar. Salah satu olahraga yang bagus untuk ibu hamil adalah berenang. Lalu apa saja kah manfaat berenang bagi ibu hamil? Mari kita simak ulasannya berikut ini !

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Berenang serta jenis latihan aerobik lainnya memang dapat memberikan manfaat kesehatan yang bagus untuk ibu hamil dan janinnya. Sebab, latihan aerobik ringan seperti berenang, senam aerobik, hingga berlari joging, dapat memperkuat jantung dan membuat kerja jantung menjadi lebih efisien dalam memompa darah. Jadi, latihan aerobik memberikan manfaat yang bagus dalam memperbaiki sirkulasi darah ke seluruh tubuh serta meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Selain bermanfaat untuk sirkulasi darah, berikut ini adalah manfaat lainnya dari berenang untuk ibu hamil, diantaranya :

  • Melemaskan kembali ketegangan punggung.

Ketika hamil, tulang belakang dan bahu akan bergerak maju dan memiringkan panggul keluar dari posisi idealnya. Hal itu terjadi seiring dengan perut yang membesar. Dan dengan kondisi demikian, beban pada punggung dapat meningkatkan. Nah, dengan berenang yang dilakukan secara rutin, maka beban pada punggung tersebut dapat berkurang. Berenang juga dapat membuat otot-otot menjadi lebih kuat, karena saat berenang ada banyak otot yang dilibatkan, yaitu otot lengan dan juga otot kaki.

  • Berenang tidak membebani fisik ibu hamil

Ketika berenang, daya apung air dapat membuat ibu hamil bergerak bebas dengan leluasa tanpa terbebani oleh berat badan yang bertambah. Bahkan saat berenang, ibu hamil bisa mengambil posisi telentang tanpa dibayangi risiko gangguan aliran darah.

  • Meningkatkan sirkulasi udara di dalam tubuh

Berenang dapat memberikan manfaat berupa meningkatkan sirkulasi udara di dalam tubuh. Caranya adalah dengan meningkatkan fungsi kerja paru-paru melalui gerakan mengambil dan mengeluarkan napas saat berenang. Hal tersebut akan bermanfat untuk pernapasan, memperbaiki pernapasan jadi lebih teratur, sehingga ibu hamil tidak mudah merasakan sesak akibat tekanan perbesaran rahim.

Baca Juga : Gigi Anda Sensitif ? Inilah Penyebab dan Cara Menanganinya !

  • Membantu memperkuat otot-otot rahim dan panggul

Berenang dapat membantu menguatkan otot-otot rahim dan juga panggul. Hal ini dikarenakan saat berenang, pergerakan di daerah tersebut cukup banyak. Dan itu akan membantu melancarkan persalinan karena kelenturan dan kekuatan otot rahim serta panggul memang sangat penting dalam proses persalinan.

  • Membantu menghilangkan lelah dan penat

Berenang secara rutin dan teratur dapat membantu menghilangkan lelah dan penat pada ibu hamil akibat aktivitas sehari-hari. Gerakan-gerakan tubuh saat berenang juga dapat membantu membuat fisik menjadi lebih segar. Selain itu, berenang juga dapat menyegarkan mental, sehingga efeknya dapat membuat tidur ibu hamil lebih nyenyak dan berkualitas.

  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Berenang yang dilakukan secara rutin juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil, sehingga ibu tidak mudah sakit, sekaligus memberikan manfaat juga bagi perkembangan janin dalam kandungan.

  • Mengatasi pembengkakan (oedema)

Bumil, Ternyata Berenang Manfaatnya Bagus Untuk Anda, – Gerakan berenang yang tenang jika dilakukan secara teratur dapat membantu mengatasi salah satu masalah ketidaknyamanan yang sering dialami ibu hamil, yaitu pembengkakan (oedema). Masalah ini biasanya terjadi saat usia kehamilannya memasuki trimester ketiga.

  • Membantu membakar kalori tubuh

Berenang juga memberikan manfaat pada ibu hamil dalam membakar kalori tubuh, sehingga dapat mempertahankan berat badan selama masa kehamilan. Pasalnya, pertambahan kalori selama hamil idealnya adalah 300 kalori lebih banyak dari kebutuhan saat tidak hamil. Akan tetapi, pada ibu hamil sering kali terlalu nafsu makan, sehingga kebutuhan kalorinya bisa melebihi karena tidak terkontrol. Hal ini memang wajar saja, karena asupan nutrisi ibu hamil yang diterima juga akan diteruskan ke janin untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Dan dengan kegiatan berenang yang dilakukan secara rutin dapat membantu metabolisme tubuh lebih cepat, sehingga kalori pun lebih cepat terbakar, dan berenang juga dapat membantu mencegah berat badan berlebihan.

  • Membantu mengatasi masalah psikis

Berenang bagi ibu hamil juga bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah psikis yang sering kali dialami ibu hamil, seperti stres. Berenang juga bisa menjadi salah satu cara ibu hamil untuk melatih emosi dengan cara yang menyenangkan, yakni dengan menggerakkan tubuh melalui media air. Apalagi jika tempat yang dipilih untuk berenang adalah kolam renang umum, tentunya ibu akan bertemu dengan orang lain yang diajak interaksi, sehingga dapat membantu menghilangkan stres sekaligus.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Tips Keselamatan Berenang Untuk Ibu Hamil

Meski berenang memiliki manfaat yang bagus untuk ibu hamil, namun ibu hamil tetap harus bijak dan berhati-hati dalam melakukan olahraga berenang ini. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan ibu hamil ketika ingin mengaplikasikan olahraga berenang ini demi mendapatkan manfaatnya. Berikut ini adalah tips-tipsnya, antara lain :

  • Jika ibu hamil sebelum tidak aktif berolahraga, maka sebaiknya berenang dilakukan dengan porsi yang ringan terlebih dahulu, misalnya saat pertama berenang dilakukan seminggu 2 kali dengan waktu berenang hanya selama 15 menit saja, kemudian bertahap menjadi seminggu 3 kali dengan waktu 20 menit, dan seterusnya. Dan untuk mengetahui batasan wajar dalam berolahraga termasuk berenang bagi ibu hamil, silahkan konsultasikan pada dokter.
  • Gunakan baju renang ibu hamil agar perut terasa nyaman.
  • Sebelum berenang, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, serta melakukan pendinginan setelah berenang.
  • Saat berenang, lakukanlah gerakan yang memang terasa nyaman dan tidak membuat tegang pada area leher, bahu, atau otot punggung.
  • Saat memasuki air masuklah dengan perlahan dan berhati-hati supaya tidak tergelincir, dan hindari kolam air panas serta sauna.
  • Hati-hati juga ketika keluar dari kolam, gunakan alas kaki antilicin agar tidak terpeleset.
  • Cukupi kebutuhan air sebelum berenang dan sesudah berenang agar terhindar dari dehidrasi.

Bumil, Ternyata Berenang Manfaatnya Bagus Untuk Anda, – Itulah beberapa tips yang bisa dicoba oleh ibu hamil yang ingin mengaplikasikan berenang untuk mendapatkan manfaatnya. Jadi, meskipun berenang memang memberikan manfaat yang bagus untuk ibu hamil, namun tetap harus diperhatikan dalam melakukannya. Dan jika ibu hamil tidak kuat dengan bau kaporit yang menimbulkan mual, sebaiknya hindari.

Baca Juga : Ternyata Vaping Sama Bahayanya dengan Rokok Tradisional

2 thoughts on “Bumil, Ternyata Berenang Manfaatnya Bagus Untuk Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *