Bolehkah Penderita Psoriasis Mengkonsumsi Daging?

Bolehkah Penderita Psoriasis Mengkonsumsi Daging?

Anda menderita psoriasis? Mungkin Anda bertanya, Bolehkah Penderita Psoriasis Mengkonsumsi Daging? Mau tau jawabannya seperti apa? Mari kita simak pembahasannya berikut ini!

Bolehkah Penderita Psoriasis Mengkonsumsi Daging?

Psoriasis merupakan penyakit peradangan yang bersifat kronis. Penyakit ini memang tidak terlalu populer seperti halnya diabetes, namun meski begitu psoriasis cukup sering ditemukan dan jumlah penderitanya pun tidak sedikit. Dan mungkin Anda yang tengah membaca artikel ini merupakan salah satu penderita psoriasis.

Sampai saat ini psoriasis belum dapat dijelaskan asal muasalnya atau penyebabnya secara pasti. Dan hal itu juga membuat penyakit psoriasis ini masih “simpang siur” mengenai apa saja makanan yang boleh dikonsumsi dan apa saja makanan yang harus dihandari atau pantangannya. Namun beberapa ahli kesehatan telah melakukan penelitian dan menduga kuat psoriasis ini berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh (imun) yang mengalami masalah.

Kembali ke pertanyaan, apakah penderita psoriasis boleh mengkonsumsi daging? Jawabannya “tidak boleh”. Ya, penderita psoriasis memang tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi daging. Dalam hal ini daging yang dimaksud adalah daging merah atau daging yang tinggi lemak, seperti daging sapi. Hal itu lantaran lemak daging merah telah dikaitkan dengan peningkatan peradangan dalam tubuh. Jadi jika penderta psoriasis mengkonsumsi daging merah, maka akibatnya bisa memperparah kondisi psoriasis yang dideritanya. Jika penderita psoriasis ingin mengkonsumsi daging, maka sebaiknya pilih daging yang rendah lemak seperti daging ayam. Namun sebaiknya dibatasi juga konsumsinya jangan terlalu banyak. (Baca Juga : CARA MENGOBATI PSORIASIS)

Lalu sebenarnya apa saja pantangan yang harus dihindari oleh penderita psoriasis selain daging sapi atau tepatnya daging merah yang tinggi lemak? Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita psoriasis, antara lain :

  • Daging olahan seperti bacon, sosis, dan hot dog.
  • Ikan asin, telur asin dan juga keju.
  • Makanan yang diawetkan, seperti tahu, tempe, ikan asin, sosis, dll.
  • Jeroan, seperti ati, sumsum, usus, dll.
  • Roti putih, nasi putih, dan produk roti olahan atau lainnya yang diperkaya.
  • Kue, dan makanan ringan kemasan.
  • Minuman bergula dan soda.
  • Alkohol, terutama minuman dengan gula.
  • Selain alkohol sendiri, makanan yang mengandung alkohol juga harus dihindari, seperti buah durian, anggur, dan juga tape singkong.
  • Permen dan gorengan.
  • Gula yang direfinasi (refined sugar).
  • Gluten.
  • Susu sapi dan turunannya.
  • Tomat.

Baca Juga : Obat Herbal Dispepsia

Selain berupa makanan dan minuman, pantangan yang harus dihindari psoriasis juga masih ada yang lainnya, yaitu :

  • Jangan menggaruk kulit yang menderita psoriasis. Apalagi menggaruknya dengan tekanan tinggi dan kondisi kuku yang tidak bersih. Hal itu bisa memperparah kondisi psoriasis.
  • Jangan stres atau banyak fikiran. Karena stres dan beban fikiran juga bisa membuat psoriasis tambah parah. Dan stres juga ditenggarai menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya psoriasis.

Itulah beberapa pantangan yang harus dihindari oleh penderita psoriasis. Jadi, jika Anda penderita psoriasis dan bertanya Bolehkah Penderita Psoriasis Mengkonsumsi Daging? Maka jawabannya adalah “tidak boleh”. Sebaiknya Anda perbanyak konsumsi sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan chard swiss. Lalu perbanyak juga konsumsi buah-buahan seperti alpukat dan buah-buahan berry. Sementara jenis makanan lainnya yang bagus dan baik untuk penderita psoriasis adalah jahe, wortel, labu kuning, biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan laut.

Baca Juga :

Awas, Jangan Salah Mengira ! Kulit Mengelupas Mungkin Disebabkan Psoriasis

Psoriasis Ternyata Berkaitan dengan Disfungsi Ereksi

Apakah Psoriasis Tidak Bisa Disembuhkan Secara Total?

1 thought on “Bolehkah Penderita Psoriasis Mengkonsumsi Daging?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *