Bersiwak Ternyata Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan

Bersiwak Ternyata Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan

Bersiwak Ternyata Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan

Bersiwak merupakan salah satu sunnah yang diajarkan Rasululloh SAW untuk umat muslim. Bersiwak ialah menggosok gigi dengan menggunakan benda yang kesan dan harum. Rasulullah SAW sangat rajin bersiwak, baik ketika sedang berpuasa maupun tidak, ketika berwudhu atau ketika akan shalat. Beliau juga melakukannya ketika akan masuk rumah menjumpai istrinya.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Bagi seorang muslim, bersiwak tidak hanya sebagai bentuk ketaatan dalam mengikuti sunnah Rosul, tapi juga ternyata memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan. Bersiwak memiliki banyak manfaat yang diantaranya adalah mengharumkan mulut, menguatkan gusi, menghilangkan penyakit, dan menambah rajin dalam membaca.

Siwak atau disebut juga miswak, merupakan dahan atau akar dari tanaman arak, Salvadora persica. Tanaman tersebut banyak tumbuh di daerah Timur Tengah, Asia dan Afrika. Ukuran siwak berdiameter mulai dari 0,1 cm sampai 5 cm. Pohon siwak ini bentuknya kecil, seperti belukar dengan batang yang bercabang-cabang. Jika kulitnya dikelupas, siwak berwarna agak keputihan dan memiliki banyak serat. Akar siwak berwarna coklat dan bagian dalamnya berwarna putih. Aroma dari siwak ini seperti seledri dan rasanya agak sedikit pedas.

Dan berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan anda dapatkan dari bersiwak, diantaranya adalah :

1. Nafas Jadi Segar dan Gigi Jadi Kokoh

Dahan siwak mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga gigi dan melindungi gigi dari bau tidak enak. Dengan kandungan vitamin C, siwak juga mencegah radang gusi. Siwak juga mengandung zat fluoride yang membantu mencegah kerusakan pada gigi dan juga memelihara warna putih gigi supaya tidak kuning, serta bahkan meningkatkan warna putih gigi.

Baca Juga : Ternyata Benda Berikut Ini Lebih Kotor Dari Toilet

Dari sebuah riset yang telah dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa menggunakan siwak secara rutin sebanyak 5x setiap hari, dapat mencegah gusi dari peradangan, serta memberikan keharuman pada gigi. Siwak juga mengandung silika, yang dapat membuat gigi jadi kokoh serta menambah kekebalan giginya. Penelitian juga menunjukkan adanya resin yang dapat melindungi gigi dari pembusukan. Dan siwak juga memiliki zat belerang yang dapat membersihkan mulut.

2. Menjaga Kesehatan Gusi

Selain mengandung vitamin C, dahan siwak juga mengandung mineral alami yang dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri, mencegah gigi berlubang, mengikis plak pada gigi serta memelihara kesehatan gusi.

Pada dahan siwak terdapat Antibacterial Acids, seperti astringents, abrasive dan detergent yang mampu membunuh bakteri, menghentikan pendarahan pada gusi, serta mencegah infeksi. Penggunaan siwak pertama kali akan terasa agak pedas dan panas. Itu karena, terdapat kandungan serupa mustard yang merupakan substansi antibacterial acid tersebut.

Terdapat juga kandungan seperti Klorida, Pottasium, Sodium Bicarbonate, Fluorida, Silika, Sulfur, Tannin, Trimetilamin, Salvadorin serta beberapa mineral lainnya yang memiliki khasiat untuk membersihkan gigi, memutihkan gigi, serta menyehatkan gigi dan gusi. Bahan-bahan tersebut juga sering diekstrak sebagai bahan pembuat pasta gigi.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

3. Mengatasi Plak Pada Gigi dan Obat Kumur Terbaik

Pada dahan siwak juga terdapat zat antimikrobial serta efek pembersih yang telah ditunjukkan melalui variasi kandungan kimiawi yang dapat terdeteksi pada ekstraknya. Efek tersebut dipercaya berhubungan dengan tingginya kandungan Sodium Klorida dan Pottasium Klorida seperti salvadourea dan salvadorine, saponin, tannin, silika dan resin, vitamin C, serta cyanogenic glycoside dan benzylsothio-cyanate.

Komponen anionik alami juga terdapat pada dahan siwak, yang mengandung agen antimikrobial yang mampu melawan beberapa bakteri. Ada juga Nitrat (NO3-) yang mampu mempengaruhi transportasi aktif porline pada Escherichia coli seperti juga pada aldosa dari E. coli dan Streptococcus faecalis. Nitrat juga mempengaruhi transport aktif oksidasi fosforilasi serta pengambilan oksigen oleh Pseudomonas aeruginosa dan Stapyhylococcus aureus sehingga terhambat.

Ekstrak kasar dahan siwak juga terdapat pada pasta gigi, yang dijadikan cairan kumur, dikaji memiliki sifat anti-plak dan efeknya mampu mengatasi bakteri penyebab plak. Dan sebuah penelitian tentang perbandingan pengaruh antara ekstrak siwak dengan Chlorhexidine Gluconate (CHX), menunjukkan hasil bahwa 50% ekstrak siwak memiliki efek pada dentin manusia dan mampu menghilangkan lapisan noda-noda pada dentin.

Baca Juga : Jangan Sering Mandi Air Hangat, Berbahaya

4. Sikat Gigi Alami dan Mampu Mencegah Kanker Mulut

Pada dahan siwak terdapat zat anti pembusukan (Anti Decay Agent), yang mampu menurunkan jumlah bakteri di mulut serta mencegah proses pembusukan. Selain itu, siwak juga mampu merangsang dalam memproduksi air liur (saliva), yang merupakan organik mulut yang akan melindungi dan membersihkan mulut.

Bahkan sebuah penelitian terbaru tentang perawatan gigi secara berkala (Periodontal Treatment) di kota Makkah dan Jeddah, menunjukkan bahwa Periodontal Treatement untuk masyarakat Makkah dan Jeddah ternyata lebih rendah daripada negara-negara lain. Hal itu menunjukkan bahwa penggunaan siwak ternyata membuat kebutuhan masyarakat Makkah dan Jeddah terhadap ‘Periodontal Treatment’ jadi rendah.

Penelitian lain juga dilakukan dengan menambahkan bubuk siwak sebagai bahan pembuatan pasta gigi, dan hasilnya menunjukkan bahwa presentase hasil bagi kebersihan gigi secara sempurna sangat bagus dengan pasta gigi yang mengandung butiran-butiran bubuk siwak. Sebab, butiran-butiran bubuk siwak mampu menjangkau sela-sela gigi secara sempurna, sehingga mampu mengeluarkan sisa-sisa makanan yang masih bersarang pada sela-sela gigi.

Itulah beberapa manfaat yang bagus dari bersiwak. Jadi, Bersiwak Ternyata Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan kebaikan siwak tersebut demi mendapatkan manfaat yang terkandungnya.

1 thought on “Bersiwak Ternyata Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *