Berapa Banyak Karbohidrat yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes ?

Berapa Banyak Karbohidrat yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes ?

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya dan mematikan. Oleh karena itu, orang yang menderita diabetes perlu melakukan tindakan pengobatan yang tepat sesegera mungkin sebelum kondisinya bertambah parah dan mengancam. Dan selain melakukan tindakan pengobatan, pasien diabetes juga perlu memperhatikan pola hidup serta pola makannya, agar penyakitnya tidak terus berkembang. Salah satu tindakan untuk mencegah perkembangan diabetes adalah memperhatikan konsumsi karbohidrat. Lalu Berapa Banyak Karbohidrat yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes ? Mari kita simak ulasannya berikut ini !

Berapa Banyak Karbohidrat yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes ?

Banyak hal yang dapat mempengaruhi kadar gula darah anda. Namun, salah satu hal yang paling berpengaruh adalah jenis makanan dan jumlahnya yang dikonsumsi. Terutama makanan dengan mengandung karbohidrat mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap kadar gula darah. Oleh karena itu, penderita diabetes sangat dianjurkan untuk selalu memperhatikan jumlah karbohidrat yang dikonsumsi dan membatasinya.

Bagaimana karbohidrat mempengaruhi kadar gula darah ?

Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi glukosa atau gula, kemudian diubah menjadi energi utama oleh tubuh. Proses ini dibantu oleh hormon insulin. Namun, karena penderita diabetes hormon insulinnya tidak bekerja dengan baik, maka hanya sedikit glukosa yang mampu diubah menjadi energi. Akibatnya, glukosa dalam darah atau gula darah menjadi meningkat.

Itulah sebabnya kenapa karbohidrat sangat berhubungan dengan diabetes dan bisa mempengaruhi kadar gula darah. Ketika penderita diabetes mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat atau gula yang tinggi, maka kadar gula darahnya pun bisa langsung naik. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi membuat tubuh harus menghasilkan lebih banyak insulin agar gula darah dapat terkontrol. Namun seperti yang kita ketahui, penderita diabetes tidak mampu menghasilkan insulin dalam jumlah banyak, atau insulin tidak mampu mengubah glukosa menjadi energi dengan efektif. Sehingga asupan karbohidrat yang tinggi akan sangat berisiko meningkatkan kadar gula darah yang bisa membahayakan.

Berapa banyak karbohidrat untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi ?

Membatasi asupan karbohidrat pada penderita diabetes terbukti mampu mengontrol kadar gula darah. Akan tetapi, hal ini tidak berarti bahwa penderita diabetes hanya boleh mengkonsumsi sedikit karbohidrat atau bahkan harus menghindari banyak makanan. (Baca Juga : Obat Luka Diabetes)

Sebuah penelitian menyatakan bahwa asupan karbohidrat sebesar 20-150 gram per hari atau 5-35% karbohidrat dari asupan kalori total dapat membantu penderita diabetes mengontrol gula darahnya. Sedangkan, American Diabetes Association menyarankan karbohidrat untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi adalah sekitar 45-60 gram per kali makan, atau sebesar 135-180 gram karbohidrat per hari. Diet rendah karbohidrat mungkin membantu anda dalam mengontrol asupan karbohidrat ini.

Pada umumnya, setiap makanan sumber karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah. Namun, seberapa besar makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah dapat berbeda-beda tiap makanan. Untuk itu, anda perlu mengetahui makanan sumber karbohidrat apa saja yang masih bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak, dan yang harus dibatasi.

Apa saja makanan sumber karbohidrat yang boleh dikonsumsi ?

Umumnya, kebanyakan makanan yang anda konsumsi setiap hari itu mengandung karbohidrat, tapi mungkin anda tidak menyadarinya. Ada dua jenis karbohidrat dalam makanan, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sebaiknya anda perbanyak asupannya. Pasalnya, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks mengandung serat dan relatif mengandung gula rendah. Sehingga, karbohidrat jenis ini lebih mampu membantu anda dalam mengontrol gula darah, dan anda bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat dari karbohidrat jenis ini.

Sementara karbohidrat sederhana, sebaiknya anda kurangi konsumsinya. Sebab, karbohidrat sederhana lebih mudah dipecah oleh tubuh sehingga lebih mampu membuat kadar gula darah anda naik dengan cepat.

Beberapa makanan sumber karbohidrat kompleks yang bisa Anda konsumsi adalah :

  • Sayuran
  • Buah-buahan
  • Biji-bijian utuh, seperti nasi merah, oatmeal, roti gandum
  • Kacang-kacangan

Sedangkan, makanan sumber karbohidrat sederhana yang harus anda batasi atau hindari adalah :

  • Makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi
  • Kue, kukis, roti tawar, donat, muffin, pretzel, kue kering
  • Makanan yang terbuat dari tepung terigu
  • Buah-buahan kaleng
  • Minuman manis, seperti minuman teh dalam kemasan, minuman bersoda
  • Es krim, permen, dan cokelat

Itulah Berapa Banyak Karbohidrat yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes ? Dan untuk solusi menurunkan gula darah serta mengobati diabetes, kami merekomendasikan anda ekstrak teripang emas GOLD-G Bio Sea Cucumber atau Jelly Gamat Gold G yang telah terbukti berkhasiat menurunkan gula darah dan mengobati diabetes. Jelly Gamat Gold G juga sudah terdaftar di BPOM RI dan memiliki sertifikasi HALAL. Jadi tidak perlu anda ragukan lagi kualitasnya.



Anda bisa PESAN OTOMATIS via WhatsApp dengan meng-klik gambar di atas !

Baca Juga :

Tubuh Kekurangan Kalium, Bahaya Mengintai Anda

Mengenal Ragam Manfaat Berenang Untuk Kesehatan

Seperti Apakah Efek Mematikan Radiasi Nuklir ?

2 thoughts on “Berapa Banyak Karbohidrat yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes ?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *