Beginilah Manfaat Senam Kegel dan Cara Melakukannya

Beginilah Manfaat Senam Kegel dan Cara Melakukannya

Beginilah Manfat Senam Kegel dan Cara Melakukannya

Senam kegel merupakan senam yang sering dikaitkan dengan ibu pasca melahirkan, dengan tujuan untuk menguatkan kembali otot-otot panggul bawah. Senam kegel juga dikaitkan dengan wanita dewasa yang sudah mulai memasuki masa menopause.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Senam kegel biasa dilakukan wanita menopause dengan tujuan untuk meremajakan area sekitar panggul. Pasalnya, semakin usia bertambah, maka otot panggul pun akan semakin melemah karena aktivitasnya. Sehingga organ-organ dalam seperti rahim, kandung kemih, dan juga usus pun menjadi kendor serta jatuh ke area vagina.

Senam kegel pada dasarnya merupakan olahraga sederhana yang bertujuan untuk menguatkan dasar panggul. Sebab kekuatan panggul memang sangat penting, tidak hanya untuk mencegah urin bocor saja, tetapi juga untuk mengencangkan vagina, serta alasan kesehatan lainnya.

Tidak hanya persalinan dan menopause, namun penuaan, kelebihan berat badan, dan operasi juga ternyata dapat menurunkan kekuatan dan fungsi otot panggul bawah. Oleh karena itu, senam kegel juga dapat dilakukan ketika mengalami kondisi-kondisi tersebut. Senam kegel ini memang disebut juga dengan senam pelatihan otot panggul bawah, karena manfaatnya memang untuk memperbaiki kondisi demikian.

Senam kegel sendiri adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk mengencangkan otot panggul bagian bawah. Gerakan ini juga akan bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot di bawah rahim, kandung kemih, dan juga usus.

Manfaat Senam Kegel

Secara umum, senam kegel memiliki manfaat yang diantaranya yaitu :

  • Membantu menjaga kontrol otot untuk buang air.
  • Bagi ibu hamil, senam kegel dapat merlancarkan proses persalinan. Sebab, otot panggul yang kuat dan elastis akan dapat membuka jalan lahir serta mencegah episiotomi. Baca Juga : Apa Sebenarnya Fungsi Air Ketuban ? Inilah Jawabannya !
  • Sedangkan pada pria, senam kegel juga memiliki manfaatnya, yaitu meningkatkan performa seksual. Dengan mengencangkan otot panggul bawah selama hubungan seksual, maka manfaatnya dapat membantu mengelola ereksi atau menunda ejakulasi.

Untuk memperoleh manfaat senam kegel secara maksimal, maka senam kegel ini dapat dilakukan selama masa kehamilan atau setelah proses melahirkan. Sebab, senam kegel ini memang sangat bermanfaat, terutama bagi anda dengan masalah seperti berikut ini, antara lain :

  • Sering kali secara tidak sengaja keluar urin ketika batuk, bersin, atau tertawa. Meskipun sebenarnya senam kegel ini juga tidak akan cukup untuk mengatasi kondisi seperti ini jika sudah sangat parah.
  • Otot yang berfungsi mengontrol buang air besar melemah.
  • Otot panggul yang melemah serta mengalami pelebaran setelah melahirkan, yang menyebabkan rahim turun. Kondisi tersebut dapat dicegah, salah satunya adalah dengan senam kegel selama masa kehamilan.

Cara Melakukan Senam Kegel

Beginilah Manfaat Senam Kegel dan Cara Melakukannya, – Untuk melakukan senam kegel sebenarnya tidaklah rumit, karena tidak perlu tahapan dan instruksi yang rumit. Senam kegel juga tidak perlu ruangan dan pakaian khusus. Untuk permulaan, senam kegel dapat dilakukan sambil berbaring dengan tahapan sebagai berikut, antara lain :

  • Mengetahui otot panggul bawah caranya adalah dengan mencoba menahan urin saat ingin buang air kecil. Nah, otot yang digunakan untuk menahan urin tersebutlah yang disebut otot panggul bawah. Dan pada pria, saat anda mengencangkan otot panggul sambil berkaca, maka bagian bawah penis akan terlihat bergerak ke arah perut dan testikel akan naik.
  • Kosongkan kantung kemih. Kemudian berbaring. Lalu kencangkan otot panggul bawah, tahan sampai 5 detik, lalu lepaskan. Ulangi langkah tersebut sebanyak 4 atau 5 kali. Setelah itu lakukan terus dengan meningkatkan durasi dari 5 detik ke 10 detik. Baca : Cara Mengobati Psoriasis
  • Saat mengencangkan otot panggul bawah, hindari mengencangkan otot perut, bokong, dan paha, namun tetaplah bernapas bebas.

Lakukan kembali gerakan di atas sebanyak 3x dalam sehari, dengan pengulangan sebanyak 3 sampai 10 kali. Namun jangan melakukan gerakan tersebut untuk menahan kencing. Sebab jika dilakukan, justru akan membuat otot panggul jadi lemah, bahkan berisiko mengidap infeksi saluran kemih.

Dan untuk memperoleh hasil yang maksimal, senam kegel ini memang baiknya dilakukan setiap hari. Karena memang tidak sulit pula untuk melakukannya. Anda tidak perlu waktu dan ruangan khusus. Bahkan anda dapat melakukan senam kegel saat duduk atau dalam perjalanan. Setelah otot panggul mengencang, coba lakukan senam kegel sambil berdiri atau bahkan sambil berjalan.

Berikut ini beberapa hal yang dapat diterapkan untuk memaksimalisasi manfaat senam kegel, antara lain :

  • Ingatlah manfaat senam kegel sehingga anda termotivasi untuk melakukannya secara rutin.
  • Lakukan juga senam kegel saat menonton televisi, saat duduk mengetik di depan komputer, atau bahkan saat menggosok gigi.
  • Perhatikan perkembangan yang anda rasakan.

Akan tetapi, seperti semua aktivitas olahraga, manfaat senam kegel tidak dapat dirasakan seketika. Jika anda rutin mempraktikkan aktivitas ini tiga kali sehari, umumnya manfaatnya dapat dirasakan sekitar 4-6 minggu kemudian. Jika tidak, anda dapat memeriksa kembali gerakan yang telah anda lakukan. Mungkin saja anda salah dalam melakukan gerakan atau otot yang anda latih. Namun jika anda tidak merasakan perubahan berarti setelah melakukan senam kegel 3-4 bulan, periksakan diri ke dokter. Beginilah Manfaat Senam Kegel dan Cara Melakukannya.

Baca Juga : Waspada, Ternyata Mengkonsumsi Ikan Tuna Bisa Berbahaya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *