Beginilah Manfaat Radioterapi Untuk Pengobatan Kanker

Beginilah Manfaat Radioterapi Untuk Pengobatan Kanker

Beginilah Manfaat Radioterapi Untuk Pengobatan Kanker

Kanker itu hebat dan merupakan salah satu penyakit berbahaya. Salah satu perawatan yang dilakukan adalah radioterapi dan radioterapi menggunakan energi intensif untuk membunuh sel kanker.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Terapi radiasi umumnya dapat memanfaatkan kekuatan proton atau energi jenis lain serta menggunakan kekuatan sinar-X. Terapi radiasi menyediakan sel kanker yang rusak dengan menghancurkan materi genetik yang mengendalikan proliferasi dan pembagian sel kanker itu sendiri sel.

Mengobati Berbagai Jenis Kanker

Sebagian besar pasien kanker menerima terapi radiasi sebagai bagian dari pengobatan mereka. Terapi radiasi digunakan oleh dokter untuk membantu mengobati hampir semua jenis kanker. Terapi radiasi juga berguna untuk mengobati beberapa jenis tumor jinak. Ada beberapa alasan untuk terapi radiasi yang dilakukan di sini:

  • Sebagai satu satunya jenis pengobatan kanker.
  • Kombinasi dengan jenis pengobatan lainnya seperti kemoterapi untuk menghancurkan sel kanker.
  • Hentikan proliferasi sel kanker yang tersisa setelah operasi (adjuvant therapy).
  • Kurangi ukuran kanker terhadap terapi pra operasi (neoadjuvant).
  • Pada kanker lanjut, penyakit ini meringankan gejala yang disebabkan oleh kanker.

Jenis Pengobatan Radioterapi

Umumnya ada dua jenis terapi radiasi yang digunakan untuk pengobatan kanker.

Radioterapi Eksternal

Terapi radiasi eksternal adalah jenis terapi radiasi yang paling umum. Mesin memancarkan radiasi, biasanya intensitas sinar-X. Radiasi akan diarahkan pada bagian tubuh yang terkena kanker. Setiap sesi biasanya memakan waktu sekitar 10 sampai 30 menit. Anda tidak akan merasakan sakit atau menderita saat perawatan.

Radioterapi Internal

Umumnya ada dua cara radioterapi internal yang dilakukan, yaitu :

  • Implan

Secara umum, implan ditempatkan pada bagian tubuh yang terkena kanker atau di dekatnya. Ukuran dan bentuk implan sangat beragam dengan zat radioaktif yang berbeda. Terutama digunakan untuk kanker rahim, rektum, leher rahim, prostat, mulut, leher.

Baca Juga : Inilah Penjelasan Mengenai Menyusui Mencegah Kehamilan

  • Cairan

Dengan meminum cairan yang mengandung radioaktif yodium. Misalnya untuk pengobatan kanker tiroid. Jumlah yodium radioaktif diserap oleh aliran darah dan kemudian diserap ke sel tiroid kanker atau normal. Kumpulkan yodium dan hancurkan sel tiroid.

Ada juga beberapa cara baru terapi radiasi yang juga digunakan untuk melawan sel kanker.

  • Radioterapi berpemandu gambar atau terapi radiasi panduan gambar (IGRT), yang menyebabkan radiasi lebih akurat pada sel kanker.
  • Hal ini sangat berguna untuk mengobati kanker kepala dan leher dengan radioterapi modulasi intensitas atau radioterapi modulasi intensitas (IMRT).
  • Stereotactic radiotherapy (SRT) yang bisa digunakan untuk mengendalikan kanker kecil.
  • Kanker yang sangat akurat dapat meminimalkan jaringan sehat terhadap paparan radiasi, terapi sinar proton dan terapi sinar proton.

Mempertimbangkan Risiko Efek Samping

Efek samping terapi radiasi bergantung pada radiasi dan seberapa banyak bagian tubuh terkena penggunaan berat. Mungkin seseorang tidak mengalami efek samping sementara yang lain mengalami beberapa efek samping sekaligus. Beginilah Manfaat Radioterapi Untuk Pengobatan Kanker.

Sebagian besar efek samping bisa dikendalikan, bersifat sementara, dan setelah perawatan selesai, hal yang paling penting akan segera hilang.

  • Kepala dan Leher

Radioterapi, kemungkinan efek samping, termasuk kondisi haus air liur yang tebal, sakit tenggorokan, kesulitan menelan, konsumsi makanan, mual, stomatitis, dan perubahan rasa gigi dibuat di kepala dan leher.

  • Dada

Terapi radiasi ke dada dapat menyebabkan efek samping seperti batuk, sesak napas, dan kesulitan menelan.

  • Perut

Di perut, efek samping yang terjadi biasanya mual, muntah, diare.

  • Panggul

Efek sampingnya bisa meliputi disfungsi seksual sebagai efek iritasi kandung kemih, sering buang air kecil, diare dan radioterapi di sekitar panggul.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Ada juga bahaya keluhan umum setelah terapi radiasi seperti rambut rontok, iritasi kulit di tempat perawatan, dan kelelahan.

Setelah perawatan selesai efek ini biasanya menurun selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Hal ini jarang terjadi dan radioterapi juga berpotensi menimbulkan efek jangka panjang. Misalnya, pengobatan risiko genital dan panggul akan menyebabkan infertilitas permanen.

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan

Sebelum Anda menerima radioterapi sinar eksternal, tim medis memberikan panduan dalam proses perencanaan untuk memastikan bahwa radiasi ke lokasi tubuh yang benar memerlukannya. Rencana umum disertakan:

  • Simulasi Radiasi

Selama simulasi, tim radioterapi bertanya kepada Anda apakah Anda merasa nyaman dan berbaring. Bantal dan batasi penggunaan untuk memeriksa posisi mereka sendiri yang tidak berubah selama perawatan. Kemudian sebagian dari tubuh Anda untuk diproses ditandai.

  • Rencana Pemindaian

Tim planar radioterapi akan di scan menggunakan computed tomography atau CT scan untuk mengetahui tingkat tubuh yang membutuhkan radiasi.

Setelah proses perencanaan, tim terapi radiasi akan menerima berdasarkan jenis dan dosis radiasi, kanker untuk menentukan pasien, keseluruhan kesehatan pasien, dan jenis dan tahap penyebab pengobatan radiasi. Dosis yang tepat dari fokus dan terapi radiasi sangat penting untuk menghancurkan sel kanker dan penting untuk memaksimalkan efek radiasi untuk meminimalkan efek berbahaya.

Sekitar 10 kanker dari sekitar 4 kanker berhasil dan diobati sebagai terapi radiasi dengan terapi radiasi sebagai bagian pengobatan. Namun, tergantung dari jenis dan stadium kanker yang Anda terima, hasil terapi radiasi, tapi juga obat lain.

Pengobatan kanker dapat diandalkan bahwa sangat penting untuk dilakukan oleh profesional medis. Mari kita juga tetap aktif dengan mengadopsi gaya hidup sehat, plus pemikiran, selama proses penyembuhan kanker. Beginilah Manfaat Radioterapi Untuk Pengobatan Kanker.

Baca Juga : Jangan Biasakan Minum Obat Tidur, Berbahaya !

1 thought on “Beginilah Manfaat Radioterapi Untuk Pengobatan Kanker”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *