Beginilah Bahaya Penggunaan Softlens Yang Mengintai Anda

Beginilah Bahaya Penggunaan Softlens Yang Mengintai Anda

Beginilah Bahaya Penggunaan Softlens Yang Mengintai Anda, – Penggunaan softlens saat ini memang terus meningkatnya jumlah peminatnya. Namun sayangnya, tidak banyak orang yang menyadari akan risiko dari penggunaan softlens, apalagi penggunaan yang tidak tepat dan tidak benar.

Beginilah Bahaya Penggunaan Softlens Yang Mengintai Anda

Ya, penggunaan softlens sekarang ini lebih cenderung banyak dilakukan oleh orang yang sebenarnya tidak memiliki masalah pada matanya, melainkan hanya sekedar untuk kosmetik saja, atau untuk mempercantik diri. Lebih dari itu, tidak sedikit pengguna softlens yang tidak menyadari betapa perlu dan pentingnya melakukan perawatan terhadap softlens agar bisa tetap aman untuk mata.

Softlens memang dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan fungsinya, yaitu Vision Use sebagai alat bantu penglihatan, dan Cosmetic Use sebagai sarana kosmetik atau unuk untuk mempercantik diri. Softlens Vision Use digunakan oleh mereka yang memang memiliki masalah pada mata, yang mana kebanyakannya adalah penderita mata minus. Sementara Softlens Cosmetic Use digunakan oleh mereka yang ingin mempercantik diri. Sebab, Softlens Cosmetic Use ini mempunyai berbagai macam warna, seperti biru, ungu, coklat dan sebagainya, serta juga mempunyai berbagai macam gambar yang lucu dan unik. Karena itulah banyak orang yang tertarik menggunakan Softlens Cosmetic Use.

Softlens Cosmetic Use didesain untuk merubah penampilan mata. Lensa ini juga bisa mengkoreksi penglihatan. Tetapi sering terjadi resiko penglihatan kabur dan terjadi gangguan pada mata. Ini dikarenakan hasil dari warna dan desainnya. USA Food and Drug Administration (FDA) mengatakan bahwa, Softlens Cosmetic Use juga disebut dengan Decorative Contact Lense (lensa kontak hias) yang tidak memperbaiki mata dengan baik.

Kembali ke Softlens Vision Use. Penggunaan Softlens Vision Use memang lebih disarankan oleh dokter mata bagi mereka yang memiliki mata minus yang berbeda antara mata kiri dan mata kanan. Misalnya, mata kiri minus satu, sedangkan mata kanan minus tujuh. Dalam kondisi seperti itu, penggunaan kacamata tidak bisa membantu. Pasalnya, kaca yang digunakan di mata sebelah kiri pasti sangat tebal dan yang sebelah kanan tipis. Itu akan membuat orang yang memiliki gangguan mata seperti itu akan merasakan penglihatan yang tidak nyaman dan bisa menyebabkan efek pusing saat menggunakannya. Bahkan terkadang juga bisa mengakibatkan penglihatan semakin kabur.

Dalam penggunaannya, softlens diletakkan langsung pada bagian mata, yakni tepatnya adalah di lapisan prekorneal (tear film) di depan kornea. Keamanan, kenyamanan, dan keefektifan softlens sangat bergantung pada desain serta letak yang pas di bola mata. Karena itu, jika anda tidak berhati-hati dalam menggunakannya, maka softlens bisa membahayakan mata anda sendiri.

Meski softlens dapat membantu masalah mata dan juga bisa memberikan tampilan yang menarik pada mata, namun sebagian orang mungkin akan mengalami kesulitan mendapatkan softlens yang cocok dengan mata mereka, atau tidak bisa menggunakannya dengan baik. Sehingga berbagai macam bahaya softlens mengintai. CARA MENGOBATI PSORIASIS

Kenali Dulu Bahaya Softlens Sebelum Menggunakannya

Rasa nyaman dan tampilan yang menarik dari softlens mungkin akan membuat anda dengan mudah tertarik untuk menggunakan softlens, apalagi jika anda tidak suka menggunakan kacamata. Padahal, ada beberapa bahaya softlens yang perlu anda ketahui terlebih dahulu sebelum anda benar-benar memutuskan untuk menggunakannya. Dan berikut ini adalah bahaya softlens yang mengintai anda, yaitu :

  • Reaksi alergi terhadap softlens.
  • Munculnya berbagai masalah pada kornea, seperti penglihatan jadi rabun karena kornea kekurangan oksigen, infeksi pada kornea, kornea membengkak, perubahan bentuk kornea, atau goresan pada kornea.
  • Mata kering.
  • Inflamasi pada mata.
  • Kelopak mata mengalami inflamasi. Benjolan akibat inflamasi dapat terjadi di lapisan dalam kelopak mata.
  • Munculnya penimbunan pada lensa yang membuat lensa terasa tidak nyaman dan risiko infeksi menjadi meningkat.

Nah, jika anda merasakan beberapa gejala seperti mata terasa tidak nyaman, munculnya air mata berlebih, atau timbulnya kotoran mata, maka sebaiknya anda berhenti menggunakan softlens saat itu juga. Atau, jika anda mengalami gejala lainnya seperti mata sensitif terhadap cahaya, terasa gatal, perih, serta mata kemerahan dan sakit. Maka berhentilah menggunakan softlens dan segeralah konsultasi pada dokter mata mengenai keluhan-keluhan tersebut.

Tips Tampil Menarik dengan Menggunakan Softlens

Jika anda benar-benar ingin menggunakan softlens. Terlepas dari bahayanya yang telah disebutkan di atas, penggunaan softlens juga bisa dilakukan dengan aman. Dan berikut ini ada beberapa tips aman dalam menggunakan softlens yang bisa anda lakukan, yaitu :

  • Ikuti instruksi di yang tertera pada kemasan

Softlens memiliki jenis yang berbeda-beda, dan perawatannya pun berbeda pula. Oleh karena itu, anda sangat perlu memperhatikan dengan benar mengenai instruksi penggunaan yang tertera pada kemasan. Dan sebaiknya, anda juga meminta petunjuk dokter untuk penggunaan softlens, agar tidak terjadi kesalahan.

  • Cegah menumpuknya bakteri pada softlens pakai-ulang

Jika anda memilih softlens yang sekali pakai, maka anda tidak perlu pusing untuk membersihkannya. Langsung buang saja setelah digunakan. Namun jika anda memiliki softlens pakai-ulang, maka anda harus mencegah penumpukan bakteri pada softlens. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan merendam softlens di dalam larutan yang sudah dituangkan ke dalam tempat penyimpanan softlens selama beberapa saat sesuai anjuran dokter. Ganti larutan tersebut setiap selesai menggunakannya, atau setelah anda akan menyimpan kembali softlens tersebut. Hindari menggunakan kembali larutan yang sudah digunakan.

  • Rajin bersihkan tempat penyimpanan softlens

Selain harus rutin mengganti larutan untuk softlens, anda juga harus memperhatikan kebersihan dari tempat penyimpanan softlens tersebut. Setiap hari setelah anda menggunakannya, bilas tempat penyimpanan softlens, lalu keringkan dengan membiarkannya terbuka. Kemudian, setiap seminggu sekali, cuci bersih tempat penyimpan softlens menggunakan larutan untuk softlens dan gosok dengan sikat gigi. Selain dibilas dan dicuci, ganti juga tempat penyimpanan dengan yang baru selama sebulan sekali.

  • Jangan gunakan softlens saat tidur

Demi kesehatan dan juga kenyamanan mata anda, jangan pernah menggunakan softlens saat tidur. Sebab, hal itu bisa menjadi bahaya bagi mata. Karena menggunakan softlens saat tidur akan meningkatkan risiko munculnya keratitis, yaitu peradangan yang terjadi pada kornea. Pada tingkat tertentu, keratitis ini dapat menyebabkan kebutaan.

Beginilah Bahaya Penggunaan Softlens Yang Mengintai Anda, – Selain beberapa hal di atas, ingat juga untuk selalu menjaga kebersihan tangan saat akan menyentuh softlens. Karena meski terlihat bersih, bukan berarti tangan kamu bebas dari bakteri. Ingat, bakteri itu sangat kecil dan tidak bisa terlihat oleh mata telanjang.

Baca Juga :

Inilah Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesehatan

Oksidasi Aman dengan Mencukup Antioksidan

Waspada, Bahaya Dehidrasi Pada Masa Kehamilan

1 thought on “Beginilah Bahaya Penggunaan Softlens Yang Mengintai Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *