Bahayakah Jika Psoriasis Tidak Segera Diobati?

Bahayakah Jika Psoriasis Tidak Segera Diobati?

Bahayakah Jika Psoriasis Tidak Segera Diobati?

Bagi para penderita psoriasis mungkin pertanyaan ini muncul dalam benak Anda, yaitu Bahayakah Jika Psoriasis Tidak Segera Diobati? Dan untuk mengetahui jawabannya, sebaiknya mari kita bahas dalam ulasan kali ini. Mari kita simak !

Bahayakah Jika Psoriasis Tidak Segera Diobati?

CARA MENGOBATI PSORIASIS, – Pertama, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyakit psoriasis itu sebenarnya. Ya, bagi Anda yang belum tahu apa sebenarnya penyakit psoriasis itu, Kami kasih tahu. Psoriasis pada dasarnya adalah sebuah peradangan yang bersifat kronis. Peradangan ini terjadi ketika proses pergantian kulit berjalan lebih cepat dari normalnya, sehingga menimbulkan serangkaian masalah atau gangguan pada kulit berupa peradangan kronis.

Psoriasis dapat dikenali dalam beberapa jenis. Ya, ada banyak jenis psoriasis dan gejala tiap jenisnya pun berbeda, namun pada dasarnya sama, yakni berupa peradangan kronis. Kemudian, perlu Anda ketahui juga, meskipun psoriasis adalah penyakit yang ditandai dengan serangkaian gejala yang menyerang kulit, tapi penyakit ini tidak bisa disandingkan dengan penyakit kulit pada umumnya. Pasalnya, penyakit psoriasis memiliki kelas yang berbeda. Dalam artian, penyakit psoriasis ini lebih serius dibandingkan penyakit kulit biasa pada umumnya. Bahkan dampak yang ditimbulkan dari penyakit psoriasis ini bisa dikatakan sangat serius, lebih serius dari penyakitnya itu sendiri.

Psoriasis dikategorikan sebagai salah satu jenis penyakit autoimun, yaitu penyakit yang terjadi akibat reaksi sistem kekebalan tubuh (imun). Dan sampai saat ini, penyebab psoriasis belum diketahui secara pasti. Karena itulah juga kenapa penyakit psoriasis ini sampai sekarang belum ada obat maupun pengobatan yang pasti bisa menyembuhkan psoriasis 100%. Obat ataupun pengobatan yang ada hanya sebatas mengurangi gejalanya saja atau bersifat meringankan gejala. Namun meski begitu, obat maupun pengobatan yang ada sudah sangat membantu mengatasi psoriasis. (Baca Juga : Menderita Varikokel Ternyata Bisa Membuat Pria Mandul)

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, psoriasis merupakan penyakit yang sangat serius. Hal itu mengacu pada gejala yang ditimbulkannya. Psoriasis mungkin dianggap oleh sebagian orang sebagai “penyakit aneh”. Itu karena serangkaian gangguan pada kulit yang ditimbulkan penyakit psoriasis ini sering kali memang tidak biasa, dan mungkin bagi sebagian orang melihat gejala psoriasis itu sangat “mengerikan”.

Gejala psoriasis memang bisa berbeda pada tiap kasusnya, karena seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa penyakit psoriasis ini memiliki banyak jenisnya, yang mana tiap jenisnya ditandai dengan gejala yang berbeda. Kulit merah meradang, kulit bersisik warna keperakan, penebalan kulit, kulit mengelupas, kulit berkerak, dan lain sebagainya merupakan gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit psoriasis. Bahkan salah satu jenis psoriasis ada yang ditandai dengan ketombe di kulit kepala yang bisa melebar hingga ke leher dan telinga. Namun ketombe atau sisik putih di kulit kepala yang disebabakn psoriasis ini berbeda jauh dari ketombe biasa. Disertai gatal hebat, perih dan panas pada kulit kepala. Bahkan jika digaruk bisa sampai berdarah.

Selain itu, psoriasis jenis lainnya ada juga yang ditandai dengan kerusakan kuku, bahkan bisa sampai membuat kuku terlepas dari kulitnya. Selain itu, ada juga psoriasis yang disertai nyeri sendi serta psoriasis juga bisa menyerang atau terjadi di alat kelamin.

Dengan serangkaian gejala berupa gangguan-gangguan kulit tersebut, maka tak heran jika penyakit psoriasis ini dikatakan sebagai penyakit yang sangat serius. Pasalnya, serangkaian gejala tersebut bisa membuat penderitanya merasa minder dan kehilangan kepercayaan diri karena malu dengan kondisi kulit yang dialaminya. Sehingga tak jarang penyakit psoriasis ini membuat penderitanya sampai stres. Terlebih lagi penyakit psoriasis ini tidak mudah disembuhkan. Oleh karena itulah penyakit psoriasis ini dianggap sangat serius, terutama dampaknya yang bisa menurunkan kualitas hidup penderitanya. (Baca Juga : Cara Menghilangkan Keputihan)

Maka dari itu, penyakit psoriasis ini harus mendapatkan penanganan yang tepat agar penyakitnya tidak terus berkembang dan mengganggu kualitas hidup. Ingat, meskipun penyakit psoriasis tidak mudah disembuhkan, tapi beberapa obat dan pengobatan yang sudah ada juga masih bisa menjadi solusi terbaik, paling tidak untuk mengurangi dan meringankan gejalanya, dan juga menekan agar penyakit psoriasis tersebut tidak terus berkembang dan bertambah parah.

Jadi, penyakit psoriasis memang tidak berbahaya seperti halnya penyakit jantung dan kanker. Akan tetapi penyakit psoriasis ini tetap harus mendapatkan penanganan yang tepat, supaya penyakitnya tidak terus berkembang dan bertambah parah, dan supaya pasien bisa kembali percaya diri dan tidak menurunkan kualitas hidupnya.

Demikianlah pembahasan mengenai “Bahayakah Jika Psoriasis Tidak Segera Diobati?”. Semoga artikel ini bermanfaat untuk siapa saja yang membacanya, aamiin.

Baca Juga :

Apa Boleh Penderita Psoriasis Makan Jeroan?

Manfaat Buah Blueberry Untuk Penderita Psoriasis

Apa Yang Sebaiknya Dilakukan Penderita Psoriasis?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *