Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Ringan

Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Ringan

Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Ringan

Siapa yang tak suka mengkonsumsi makanan ringan? Hampir setiap orang pasti suka mengkonsumsi makanan ringan. Namun sayang, tidak banyak orang yang tahu kalau terlalu sering mengkonsumsi makanan ringan ternyata bisa berbahaya atau berdampak buruk terhadap kesehatan. Mari kita simak apa saja bahaya yang bisa ditimbulkan akibat mengkonsumsi makanan ringan.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Peringatan bagi anda penikmat makanan ringan ! Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan ringan ! Sebab, ada banyak makanan ringan yang menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya, dan jika terlalu sering mengkonsumsinya, maka akan berdampak buruk terhadap kesehatan anda.

Makanan ringan, camilan, kudapan atau istilah kerennya itu snack adalah istilah untuk menyebutkan makanan yang bukan merupakan menu utama (makan pagi, makan siang atau makan malam). Makanan yang dianggap sebagai makanan ringan, merupakan makanan untuk menghilangkan lapar sementara waktu, dan bisa memberi sedikit pasokan tenaga ke tubuh. Dan di zaman modern seperti sekarang ini, ada banyak makanan yang dapat dikonsumsi secara instant untuk memenuhi kebutuhan, termasuk juga makanan ringan. Namun dengan kemajuan teknologi dan era yang semakin modern ini, tidak sedikit pula makanan yang mengandung bahan-bahan kimia tambahan sebagai bahan pembuatannya, yang tentunya tidak baik untuk kesehatan, apalagi jika dikonsumsinya secara berlebihan dan terus menerus. Begitu pula dengan makanan ringan, yang juga tidak terlepas dari bahan-bahan kimia sebagai bahan pembuatannya yang cukup berbahaya bagi kesehatan.

Lalu bahan apa saja dari makanan ringan ini yang berbahaya untuk kesehatan?? Apa saja bahayanya jika terlalu sering mengkonsumsi makanan ringan ini??

Berikut ini beberapa kandungan yang sering kali terdapat pada makanan ringan, dimana baha-bahan tersebut jika terlalu sering dikonsumsi, akan berdampak bahaya bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah :

  • Monosodium Glutamat (MSG)

Saya perlu tahu, saya telah mendengar makanan ini dan telah melihatnya. Sodium glutamat (MSG), yang lebih dikenal dengan MSG, berguna untuk memberi rasa gurih pada makanan dan seringkali merupakan salah satu bahan yang terdapat dalam makanan ringan apapun. Jika Anda mengkonsumsi secara berlebihan, hal itu bisa menyebabkan asma, sakit kepala, kehilangan ingatan, sulit merasakan kecanduan tidur, penyebab terburuk kanker.

Baca Juga : Beginilah Manfaat Radioterapi Untuk Pengobatan Kanker

  • Aspartam

Aspartam bisa ditemukan di hampir semua paket makanan ringan. Aspartam tersebar luas di dunia tanpa Indonesia yang biasa digunakan untuk substitusi gula. Resiko yang dapat timbul dari terlalu banyak konsumsi dipicu oleh risiko besar untuk risiko limfoma, leukemia dan kanker lainnya.

  • Pewarna Makanan

Pewarna makanan, dalam banyak kasus, satu komponen hadir dalam semua makanan ringan. Tujuannya adalah untuk menarik tidak hanya anak-anak tapi juga orang yang melihatnya. Namun, tubuh di belakangnya merangsang kulit, seperti mengganggu fungsi hati, bisa menjadi ancaman bagi kesehatan kuantitas, dan ada efek negatif yang bisa menyebabkan kanker.

  • Natrium Benzoat dan Kalium Benzoat

Berfungsi sebagai pengawet makanan, kedua bahan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan dan bisa mengakibatkan kerusakan tiroid, yang menyebabkan kanker. Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Ringan.

Semua bahan ini tidak buruk untuk kesehatan Anda, tapi harus obat yang tepat. Dan kita juga mengkonsumsi makanan yang mengandung asalakan, diatas bahannya, tidak terlalu oke, terlalu sering, tidak berlebihan.

  • Butylated Hydroxytoluene (BHT)

Butylated hydroxytoluene BHT atau aditif lainnya digunakan untuk mencegah oksidasi. Oksidasi itu sendiri merupakan proses yang bisa menyebabkan makanan menjadi kolaps. Dengan cara ini, BHT dapat digunakan untuk waktu yang lama dalam proses untuk menghindari memproduksi makanan yang bisa bertahan lama. BHT biasanya digunakan dalam pembuatan aneka ragam camilan, aneka macam serealia serta berbagai macam kosmetik.

Menurut sebuah survei di Amerika Serikat, BHT adalah zat karsinogenik bagi tubuh manusia. Oleh karena itu perlu untuk menghindari penggunaan zat ini sebanyak mungkin, karena dapat menyebabkan bahaya serta berbagai jenis kanker makhluk hidup di air, gangguan hati. Ruang BHT, seringkali dengan produk karet, produksi minyak dan makanan ringan, kami makan, juga bisa digunakan untuk pembuatan bahan bakar jet, pembuatan produk. Bagaimanapun, Anda bisa membayangkan zat BHT ini di tubuh Anda.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

  • High Fructose Corn Syrup (HFCS)

High Fructose Corn Syrup atau sering disingkat menjadi HCFS, dalam banyak kasus, pemanis dibuat dari jagung yang mengandung kadar fruktosa sangat tinggi. Zat ini mengandung molekul – molekul glukosa dan fruktosa tidak terkendala. Berbagai molekul yang tidak dibatasi telah diproduksi untuk terjadinya obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan berbagai penelitian telah menemukan bahwa ada kemungkinan menyebabkan luka pada jaringan di tubuh.

Karena terbuat dari jagung, HFCS ini terdengar seperti bahan alami, tapi sebagai konsumen, Anda perlu benar-benar mengamati. Enzim yang diubah untuk mendapatkan HCFS ini – Tidak ada jagung biasa HCFS yang dibuat dari jagung yang telah direkayasa secara genetis dan kemudian diproses oleh enzim. Untuk memperburuk keadaan, HCFS juga memasukkan kadar merkuri, zat yang seharusnya tidak dikonsumsi manusia.

  • Bisphenol-A (BPA)

BPA atau Bisphenol-A adalah zat kimia yang bertindak seperti estrogen buatan yang ditemukan dalam makanan. BPA sering dikaitkan dengan berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan sistem reproduksi, penyakit metabolik seperti obesitas, diabetes tipe 2 dan resistensi insulin, risiko penyakit neurologis seperti kanker, penyakit jantung dan ADHD.

  • Propylene Glycol Alginate (E405)

Propylene glycol alginate atau juga disebut E405 menebal dan juga merupakan bahan yang digunakan untuk menstabilkan makanan. Penggunaannya diijinkan dengan jumlah makanan tertentu, namun E405 ini, karena ini juga digunakan sebagai aditif untuk berbagai industri lain agar tidak mudah licin, ini adalah penyakit yang berbahaya. Ingatlah bahwa mengandung zat yang dapat menyebabkannya. .

  • Polysorbate 60

Polysorbate 60 atau kependekan dari polyoxyenthylene (20) sorbitan monostearat, industri makanan berdiri. Jika zat itu dikonsumsi dalam jangka panjang, yang satu ini bisa menimbulkan masalah kesehatan serius.

Jadi, itulah Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Ringan. Untuk itu, mulai sekarang jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan ringan ! Sebaiknya gantikan makanan ringan tersebur dengan buah-buahan segar sebagai menu makanan untuk mengganjal perut yang lapar, sebelum kita makan siang ataupun makan malam.

Baca Juga : Inilah Penjelasan Mengenai Menyusui Mencegah Kehamilan

1 thought on “Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Ringan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *