Bahaya Dibalik Nikmatnya Makanan Cepat Saji

Bahaya Dibalik Nikmatnya Makanan Cepat Saji

Bahaya Dibalik Nikmatnya Makanan Cepat Saji

Makanan siap saji memang menjadi salah satu solusi utama bagi mereka yang tidak mau repot-repot masak dan menunggu lama-lama ketika perut sudah lapar. Dan makanan siap saji ini sekarang sudah ada banyak beredar di pasaran, dan dalam bentuk makanan apa saja, mulai dari mie instan, bubur instan, serta masih banyak lagi. Padahal, makanan cepat saji justru akan menimbulkan efek yang merugikan bagi kesehatan.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

Makanan cepat saji disinyalir menjadi faktor penyebab timbulnya berbagai penyakit. Bahkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa makanan cepat saji dapat mengakibatkan efek yang sangat merugikan bagi kesehatan. Beberapa efek buruk yang ditimbulkan makanan siap saji ini diantaranya adalah :

1. Penyebab Utama Obesitas

Obesitas merupakan masalah yang sangat serius, karena penyakit ini dapat menimbulkan penyakit lain yang bahkan lebih berbahaya. Di Amerika saja, lebih dari separuh warganya menderita obesitas, dan Amerika juga bisa dikatakan sebagai pioneer dari produsen makanan cepat saji. Bahkan jumlah anak-anak yang menderita obesitasnya pun cukup tinggi. Hal tersebut juga disebabkan karena konsumsi terhadap makanan cepat sajinya sangat tinggi, bahkan sudah seperti budaya.

Makanan cepat saji memiliki kandungan gula buatan dan garam yang tinggi. Dan kandungan tersebut merupakan salah satu penyebab obesitas. Selain itu, minyak goreng dan bahan pengawet lainnya juga digunakan dalam pembuatan makanan cepat saji, yang mana bahan-bahan tersebut juga merupakan  salah satu faktor yang membuat tubuh sulit untuk menguraikan lemak yang masuk. Jumlah kalori dalam kanana cepat saji pun tergolong banyak. Maka tak heran jika makanan cepat saji bisa menjadi salah satu penyebab obesitas.

2. Menyebabkan Diabetes Tipe 2

Pada makanan cepat saji terdapat gula dan garam yang tinggi. Dan seperti yang sudah dijelaskan tadi, hal itu akan mengakibatkan obesitas jika terlalu sering dikonsumsi. Nah, obesitas itu sendiri adalah salah satu faktor yang menyebabkan diabetes tipe 2. Jadi, terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji sama saja dengan mengundang penyakit diabetes tipe 2. Dan untuk yang menderita diabetes, WAJIB hukumnya untuk menghindari makanan cepat saji ini.

Baca Juga : Dapatkan Manfaat Kesehatan Dari Daun Kemangi !

3. Menyebabkan Penyakit Kardiovaskular

Tidak hanya menyebabkan diabetes tipe 2 saja, makanan cepat saji juga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, yaitu penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Dan akibat paling fatal jika sudah menderita penyakit kardiovaskular adalah mengalami kematian.

Makanan cepat saji mengandung banyak sodium dan kolesterol. Kandungan tersebut membuat jantung mengalami kerusakan. Kandungan sodium yang tinggi terdapat pada kentang goreng, daging olahan dan juga minuman bersoda. Kandungan tersebut dapat membuat tekanan darah jadi meningkat. Selain itu, kandungan sodium yang tinggi juga dapat menyebabkan penyumbatan arteri. Kedua hal tersebut bisa membuat kerja jantung jadi lemah. Akibatnya, anda sulit berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Menyebabkan Kanker

Dalam makanan cepat saji terdapat bahan pengawet, yang dapat memberikan efek jangka panjang yang sangat berbahaya. Bahan pengawet tersebut dapat menumpuk di dalam tubuh, dan bisa mempengaruhi organ-organ tubuh, bahkan sampai menyebabkan tumbuhnya sel-sel kanker. Efeknya memang tidak akan langsung terasa. Namun ketahuilah, mengkonsumsi makanan cepat saji terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama, akan menyebabkan terbentuknya sel kanker. Ingat, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jadi, sebelum anda harus melakukan pengobatan karena menderita penyakit kanker, lebih baik anda mencegahnya sekarang juga dengan mengurangi konsumsi makanan cepat saji.

5. Menyebabkan Kerusakan Hati

Tidak hanya menyebabkan kanker, bahan pengawet buatan pada makanan cepat saji dapat membuat hati bekerja lebih keras untuk membersihkan zat-zat yang tergolong sebagai racun dalam tubuh. Hal itu lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada hati. Selain itu lemak trans atau minyak trans yang digunakan dalam penggorengan makanan cepat saji akan merugikan kesehatan setelah dikonsumsi.

Baca : Cara Mengobati Psoriasis

6. Menyebabkan Peradangan Pada Lambung

Peptic Ulcer Disease (PUD) adalah peradangan pada dinding lambung. Penyakit ini paling sering terjadi pada lambung, dan biasanya orang yang menderitanya akan mengalami rasa perih yang sangat hebat di bagian lambungnya. Makanan cepat saji menjadi salah satu makanan yang dapat menyebabkan masalah peradangan pada dinding lambung ini, yaitu seperti pizza dan keripik gurih.

7. Menyebabkan Tubuh Kekurangan Nutrisi

Tubuh sangat membutuhkan asupan nutrisi yang akan berguna untuk berbagai sistem di dalam tubuh. Namun dengan mengkonsumsi makanan cepat saji, maka tubuh akan kekurangan banyak nutrisi. Hal itu dikarenakan pada makanan cepat saji tidak mengandung vitamin, mineral atau serat dan juga zat lainnya yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Jika terus-terusan mengkonsumsi makanan cepat saji, maka tubuh atau organ-organ tertentu dalam tubuh akan mengalami masalah.

8. Membuat Ketagihan

Mengkonsumsi makanan cepat saji ternyata dapat membuat anda ketagihan. Ya, karena dalam makanan cepat saji terdapat bahan seperti gula buatan dan pewarna makanan yang dapat membuat makanan cepat saji jadi menggugah selera. Hal tersebut jelas sangat tidak baik dan sangat merugikan, karena akan membuat kita menjadi ketergantungan terhadap makanan cepat saji. Padahal seperti yang telah disebut dari awal bahwa makanan cepat saji ini memiliki efek yang buruk terhadap kesehatan. Selain itu bahan-bahan seperti tadi juga akan merugikan tubuh.

Nah, itulah beberapa bahaya dibalik nikmatnya makanan cepat saji. Jadi, mulai dari sekarang sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanan cepat saji, atau bahkan sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan cepat saji yang tidak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebaiknya perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran, yang akan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga : Inilah Kondisi Yang Menyebabkan Lidah Jadi Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *