Bagaimana Cara Menjaga Gula Darah Normal Bagi Penderita Diabetes?

Bagaimana Cara Menjaga Gula Darah Normal Bagi Penderita Diabetes?

Bagaimana Cara Menjaga Gula Darah Normal Bagi Penderita Diabetes?

Anda menderita diabetes? Mau tau Bagaimana Cara Menjaga Gula Darah Normal Bagi Penderita Diabetes? Mari kita temukan jawabannya dalam pembahasan berikut ini!

Bagaimana Cara Menjaga Gula Darah Normal Bagi Penderita Diabetes?

Banyak penderita diabetes merasa kesulitan untuk menjaga gula darah tetap normal. Meskipun sudah jadi sebuah kewajiban, sering kali urusan gula darah membuat penderita diabetes merasa putus asa dan frusteasi, penyebabnya karena mereka harus terus menerus berjuang mempertahankan kadar gula darah normal.

Alhasil, banyak deretan pantangan yang harus dijauhi ‘si pejuang gula darah’. Sebenarnya, mempertahankan gula darah normal tidak selalu sama dengan menjauhi pantangan. Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menjaga gula darah normal tanpa membuat Anda merasa tertekan.

Hal sederhana untuk menjaga kadar gula darah normal pada penderita diabetes

Merencanakan Pola Makan Sehat

Sebagai penderita diabetes, mungkin Anda tahu betul bahwa memilih makanan sehat sudah menjadi bagian perawatan diabetes Anda. Awalnya mungkin akan terasa sulit karena harus mengubah kebiasaan makan. Lakukanlah secara bertahap, ubahlah kebiasaan makan yang paling mudah untuk Anda.

Jika berhasil, teruskan hingga ke tingkat kebiasaan makan yang paling sulit Anda lakukan. Jika Anda merasa kesulitan, carilah bantuan seorang ahli gizi di klinik atau rumah sakit terdekat, Anda bisa mencari informasi di internet untuk memastkannya. Anda dapat menyusun pola makan sehat yang sesuai dengan kondisi kesehatan melalui bantuan ahli gizi. Pola makan yang sehat akan membantu Anda menjaga gula darah tetap normal.

Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk membantu merencanakan pola makan sehat, seperti berikut ini:

  • Jika Anda memiliki makanan favorit, Anda bisa terus mengkonsumsinya, namun anda tetap perlu memperhatikan frekuensi dan porsinya, apalagi jika makanan favorit Anda tergolong makanan yang tidak sehat. Nikmati makanan favorit dalam porsi yang lebih kecil.
  • Selalu sertakan sumber karbohidrat sehat dalam menu makan harian Anda seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang polong, dan makanan olahan susu rendah lemak. Makanan ini banyak mengandung vitamin, mineral, dan serat makanan. Menjadi seorang penderita diabetes bukan berarti Anda harus mutlak menghindari makanan yang mengandung karbohidrat, Anda hanya harus memilih makanan berkarbohidrat sehat.
  • Ganti gula Anda dengan pemanis rendah kalori dan mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga membantu penderita diabetes dalam mengontrol gula darah. Batasi semua jenis minuman manis termasuk minuman bersoda, minuman berenergi, jus buah, dan yang lainnya. Jika Anda ingin mengkonsumsi makanan manis, makanlah secukupnya.
  • Kurangi jumlah garam dan natrium yang Anda makan. Konsumsi lebih sedikit makanan olahan dan kemasan. Anda juga harus mengurangi hobi makan di restoran. Anda bisa memulai kegiatan menyenangkan dengan memasak makanan di rumah bersama pasangan, keluarga, atau teman dekat.

Jangan Lewatkan Sarapan, Makan Siang, atau Makan Malam

Seorang ahli diet di Rush University Medical Center di Chicago, Jennifer Ventrelle, RD, CPT,  menyarankan Anda untuk makan dengan jumlah karbohidrat yang sama dan pada waktu yang hampir bersamaan setiap hari. Menurut Jennifer Ventrelle, penderita diabetes akan lebih mudah mengontrol gula darah normal jika makanan dan jumlah gram karbohidrat yang mereka makan konsisten.

Jika Anda mengubah waktu dan jumlah yang Anda makan secara drastis, akan lebih sulit bagi Anda untuk mengendalikan kadar gula darah. Dengan mematuhi jadwal sarapan, makan siang, dan makan malam, jika sewaktu-waktu gula darah Anda meningkat, akan lebih mudah untuk melihat apa yang mempengaruhi gula darah Anda. Anggaplah waktu makan adalah obat yang bisa menjaga gula darah normal. (Baca Juga : CARA MENGOBATI PSORIASIS)

Pilih Makanan Tinggi Serat

Bagaimana Cara Menjaga Gula Darah Normal Bagi Penderita Diabetes? – Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan dengan serat yang cukup bisa membuat Anda tetap sehat. Serat bisa membantu Anda tetap kenyang lebih lama, mengurangi lemak darah, membantu menurunkan gula darah, dan mengurangi resistensi insulin.

Mengonsumsi serat cukup telah terbukti membantu mencegah penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker usus besar. Namun untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus konsisten mengonsumsi serat yang cukup. Anda bisa memilih biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang polong. Sebagian besar makanan ini juga mengandung karbohidrat, namun merupakan sumber karbohidrat sehat. Makanan serat dapat menurunkan gula darah jika Anda mengonsumsi serat lebih dari 25 gram per hari.

Perhatikan Asupan Karbohidrat Anda

Karbohidrat merupakan nutrisi utama dalam makanan yang bisa meningkatkan glukosa darah (atau gula darah) setelah makan. Karbohidrat yang Anda makan tidak akan menaikkan gula darah Anda terlalu tinggi dan atau terlalu cepat jika Anda memiliki cukup insulin yang tersedia dan siap saat dibutuhkan – apakah itu insulin yang diproduksi pankreas atau insulin yang Anda dapatkan dari injeksi.

Fakta bahwa karbohidrat dalam makanan dapat meningkatkan gula darah bukan berarti diabetesi seperti Anda harus benar-benar menghindari makanan yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat adalah sumber energi utama untuk tubuh Anda. Makanan yang mengandung karbohidrat memberikan nutrisi penting, karena mengandung vitamin, mineral, dan serat makanan.

Makanan ini meliputi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang polong, dan makanan olahan susu rendah lemak. Sekitar setengah kalori Anda harus berasal dari karbohidrat. Cari tahu sumber karbohidrat yang sehat untuk Anda, semakin Anda bisa membatasi atau menghindari sumber karbohidrat yang tidak sehat, maka akan semakin baik. Hindari karbohidrat seperti nasi putih, pasta putih, roti putih, minuman manis, serta makanan dengan tambahan gula seperti makanan pencuci mulut dan permen.

Pelajari cara menghitung gram karbohidrat dalam makanan yang Anda konsumsi, lalu beri jumlah berapa gram karbohidrat yang Anda butuhkan untuk dikonsumsi pada makanan dan makanan ringan Anda. Menghitung karbohidrat adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk menyeimbangkan kadar gula darah Anda, sehingga tidak terlalu sulit bagi Anda untuk menjaga gula darah normal. Untuk mempermudah ‘penghitungan’, Anda bisa gunakan Pedoman Gizi Seimbang Kementerian Kesehatan. (Baca Juga : Obat Herbal Dispepsia)

Kelola Stres Anda

Tahukah Anda, stres bisa menaikkan kadar gula darah, begitu pula tekanan darah dan detak jantung Anda? Nah, untuk menjaga kesehatan pikiran dan tubuh, penting untuk Anda belajar bagaimana mengurangi stres dengan cara yang sehat untuk mengelola diabetes Anda dengan lebih baik serta memperbaiki kesehatan mental dan emosional Anda.

Jika Anda merasa stres, cobalah cara sederhana ini untuk menjaga kadar gula darah normal.

  • Ambil lima napas dalam yang lambat dan dalam.
  • Mainkan musik yang menenangkan.
  • Lakukan beberapa peregangan sederhana atau cobalah beberapa pose yoga.
  • Tidurlah tujuh sampai sembilan jam setiap malam.
  • Berpelukan dengan pasangan, anak, atau hewan peliharaan Anda.
  • Luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang benar-benar Anda nikmati.
  • Luangkan waktu untuk melakukan hobi favorit Anda.
  • Bicarakan dengan seorang teman, atau ahli tenaga medis profesional.

Gerakkan Tubuh Anda

Penderita diabetes harus tetap sehat, American Diabetes Association merekomendasikan agar Anda harus tetap aktif bergerak. Luangkan waktu setiap hari selama 30 menit untuk melakukan aerobik entah itu di pagi hari atau sore hari, dan lakukan olahraga yang berkaitan dengan daya tahan seperti mendorong, menarik, mengangkat, dua atau tiga kali dalam seminggu.

Apa manfaat olahraga untuk diabetesi?

  • Menurunkan kadar gula darah dan menjaga kadar gula darah normal.
  • Membantu tubuh Anda menjadi lebih peka terhadap insulin.
  • Mengurangi kolesterol total dan trigliserida, serta meningkatkan kolesterol HDL ‘kolesterol baik’.
  • Mengurangi tekanan darah.
  • Menurunkan berat badan.
  • Meningkatkan kekuatan, daya tahan, dan fleksibilitas.
  • Meningkatkan energi dan perasaan bahagia.

Itulah Bagaimana Cara Menjaga Gula Darah Normal Bagi Penderita Diabetes? Jadi jika Anda penderita diabetes, Anda bisa mencoba tips-tips di atas.

Baca Juga :

Awas, Mencampur Minuman Beralkohol dengan Minuman Energi Berbahaya!

Apa Saja Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan?

Benarkah Jeruk Nipis dan Kecap Ampuh Atasi Batuk?

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *