Apa Saja Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan?

Apa Saja Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan?

Apa Saja Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan?

Tubuh kita membutuhkan beragam nutrisi dan vitamin, salah satunya vitamin B. Apa Saja Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan? Mari kita bahas selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Apa Saja Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan?

Vitamin B memiliki peranan yang cukup penting pada tubuh. Vitamin B membantu pertumbuhan dan perkembangan, serta membantu fungsi tubuh lainnya. Mengingat vitamin B memiliki manfaat yang cukup penting bagi tubuh, maka anda dianjurkan untuk selalu menyertakan vitamin B ke dalam menu makan harian anda.

Jenis-Jenis Vitamin B dan Manfaatnya

Vitamin B ada beberapa jenisnya, tepatnya ada 8, yaitu vitamin B1 atau disebut Thiamine, vitamin B2 atau Riboflavin, vitamin B3 atau Niacin, vitamin B5 atau Pantothenic Acid, vitamin B6 atau disebut Pyridoxine, vitamin B7 atau Biotin, vitamin B9 atau Folic Acid, dan vitamin B12 atau Cobalamin. Jika digabungkan, kedelapan jenis vitamin B tersebut dinamakan Vitamin B Kompleks. Mari mengenal lebih jelas tiap-tiap jenis vitamin B!

  • Vitamin B1 atau Thiamine

Vitamin B1 atau thiamine memiliki manfaat untuk menjaga sistem saraf tetap sehat. Selain itu, vitamin B1 juga diperlukan untuk mengubah makanan yang anda konsumsi menjadi energi. Untuk merasakan manfaat tersebut, anda bisa mendapatkannya dari makanan kaya vitamin B1. Contoh makanan yang mengandung vitamin B1 adalah susu, daging sapi, telur, buah-buahan segar dan kering, roti dari biji-bijian utuh, serta sayuran seperti kacang polong. Tubuh anda butuh asupan vitamin B1 sebanyak 1 mg tiap harinya untuk pria, sementara untuk wanita adalah 0,8 mg. Jumlah tersebut mudah didapatkan dari makanan sehari-hari, sehingga biasanya tidak perlu mengonsumsi suplemen tambahan.

  • Vitamin B2 atau Riboflavin

Mencukupi kebutuhan vitamin B2 harian anda dapat menjaga kulit dan mata tetap sehat. Asupan vitamin B2 yang disarankan untuk dikonsumsi adalah sebanyak 1,3 mg perhari untuk pria dan 1,1 mg perhari untuk wanita. Vitamin B2 juga memiliki manfaat lainnya yaitu menjaga sistem saraf agar tetap sehat, dan membantu mencerna karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan.

Asupan vitamin B2 bisa anda dapatkan dari ikan, susu, telur, sayur mayur atau nasi. Namun, jauhkan makanan-makanan tersebut dari paparan sinar matahari, karena bisa merusak kandungan vitamin B2 di dalamnya.

  • Vitamin B3 atau Niacin

Vitamin B3 bisa menjaga sistem saraf agar tetap bekerja dengan baik, menjaga kesehatan kulit dan mengubah makanan menjadi energi. Sumber terbaik vitamin B3 bisa anda temukan dari kacang-kacangan, susu, ikan, telur, daging sapi, dan daging ayam. Kebutuhan vitamin B3 harian anda adalah 17 mg untuk pria dan 13 mg untuk wanita. (Baca Juga : CARA MENGOBATI PSORIASIS)

  • Vitamin B5 atau Pantothenic Acid

Vitamin B5 dapat membantu pertumbuhan tubuh, dan berperan penting dalam produksi hormon. Selain itu, vitamin B juga berperan dalam mengubah makanan yang anda konsumsi menjadi energi. Sumber vitamin B5 bisa anda peroleh dari daging sapi, daging ayam, telur, kentang, tomat, brokoli, dan nasi merah.

  • Vitamin B6 atau Pyridoxine

Vitamin B6 dapat membantu membentuk hemoglobin yang mengedarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Vitamin B6 juga berperan dalam mengubah protein dan karbohidrat dari makanan menjadi energi. Vitamin B6 juga membantu menjaga sistem saraf, pencernaan, kardiovaskular, otot, dan beberapa bagian dari sistem imun di tubuh anda. Sementara sumber vitamin B6 bisa peroleh dari makanan seperti sayur-sayuran, kacang, telur, daging ayam, ikan, susu, kentang, pisang, atau kacang panjang. Dosis konsumsi vitamin B6 harian anda adalah 1,4 mg untuk pria dan 1,2 mg untuk wanita.

  • Vitamin B7 atau Biotin

Apa Saja Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan? – Vitamin B7 berperan penting dalam memecah karbohidrat dan lemak menjadi asam lemak dan glukosa untuk diubah menjadi tenaga bagi tubuh. Sumber vitamin B7 ini bisa anda dapatkan dari makanan seperti ikan salmon, hati, sereal, pisang, wortel, dan kembang kol.

  • Vitamin B9 atau Folic Acid

Bersama vitamin B12, vitamin B9 memiliki peranan penting dalam memproduksi sel darah merah yang sehat. Vitamin B9 juga membantu sel-sel tubuh dalam memproduksi dan menjaga DNA. Selain itu, asupan vitamin B9 saat hamil dapat menurunkan risiko cacat pada bayi dalam kandungan, yakni cacat sistem saraf pusat, seperti spina bifida.

Dosis vitamin B9 yang dibutuhkan dalam sehari adalah 0,2 mg. Untuk ibu hamil atau yang berencana hamil, sebaiknya anda mengonsumsi suplemen vitamin B9 sebanyak 0,4 mg per hari. Namun bagi orang yang pernah terkena spina bifida, sebaiknya mengonsumsi vitamin B9 sebanyak 5 mg perhari. Konsumsi suplemen ini sejak anda berhenti menggunakan kontrasepsi hingga usia kandungan setidaknya 3 bulan.

Sumber vitamin B9 bisa anda peroleh dari kacang, bayam, brokoli, kacang polong, dan buah-buahan sitrus (lemon, jeruk nipis, dan jeruk mandarin). (Baca Juga : Obat Sinusitis Ampuh)

  • Vitamin B12 atau Cobalamin

Asupan vitamin B12 sangat penting untuk memproduksi sel darah merah, memproses vitamin B9, mengubah makanan menjadi energi, serta menjaga sistem saraf tubuh agar tetap sehat. Sumber vitamin vitamin B12 ini bisa anda peroleh dari ikan salmon, daging, telur, susu, dan keju. Dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah sebanyak 0,0015 mg per hari.

Namun perlu anda ingat, meskipun vitamin B memang bermanfaat untuk tubuh, konsumsinya tetap harus sesuai dengan takaran harian yang ditentukan. Pasalnya, jika vitamin B dikonsumsi secara berlebihan, maka akibatnya dapat berdampak negatif terhadap tubuh.

Jika Tubuh Kekurangan Vitamin B

Tidak hanya kelebihan vitamin B saja yang bisa berdampak buruk bagi tubuh, kekurangan vitamin B pun bisa berdampak buruk. Jika tubuh anda kekurang vitamin B, maka akibatnya bisa menimbulkan berbagai kondisi, seperti :

  • Anemia.
  • Mudah lelah.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Melemahnya sistem kekebalan tubuh.
  • Kulit kering.
  • Mati rasa dan kesemutan pada lengan dan kaki.
  • Kram otot.
  • Penyakit beri-beri.
  • Rambut mengalami kerontokan.
  • Depresi.

Jika anda kekurangan vitamin B saat hamil, selain berisiko terhadap kesehatan diri anda tapi juga bayi anda berisiko lahir cacat yang sangat mengganggu masa pertumbuhannya.

Apa Saja Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan? – Untuk mendapatkan manfaat vitamin B secara maksimal, anda harus menerapkan pola makan yang baik dengan gizi seimbang, yang mengandung berbagai vitamin dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin B.

Baca Juga :

Benarkah Jeruk Nipis dan Kecap Ampuh Atasi Batuk?

Beginilah Bahaya Penggunaan Softlens Yang Mengintai Anda

Inilah Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesehatan

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *