Apa Saja Manfaat Vitamin A Untuk Tubuh ?

Apa Saja Manfaat Vitamin A Untuk Tubuh ?

Apa Saja Manfaat Vitamin A Untuk Tubuh ?

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tubuh membutuhkan asupan gizi yang cukup agar kinerja tubuh dalam berjalan dengan optimal, serta kesehatan tubuh juga bisa terjaga. Salah satu asupan yang sangat baik untuk tubuh adalah vitamin A. Lalu Apa Saja Manfaat Vitamin A Untuk Tubuh ? Mari kita simak ulasannya berikut ini !

Apa Saja Manfaat Vitamin A Untuk Tubuh ?

Mungkin sebagian dari anda sudah sering mendengar dan mengetahui bahwa vitamin A memberikan manfaat terhadap tubuh sebagai substansi yang sangat baik dan bagus untuk kesehatan mata. Tapi lebih dari itu, sebenarnya vitamin A juga memiliki ragam manfaat lainnya yang bagus untuk tubuh, tidak hanya membantu indera penglihatan saja, bahkan manfaat vitamin A untuk tubuh juga tidak kalah penting.

Vitamin A memiliki dua jenis, yaitu beta karoten yang berasal dari tumbuhan serta retinoid yang berasal dari hewan. Tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan mata, substansi ini juga dapat menjaga kekebalan tubuh sekaligus membantu pertumbuhan.

Deretan Fungsi Vitamin A

Asupan vitamin A yang mencukupi akan membantu meningkatkan penglihatan lebih optimal pada kondisi minim cahaya. Vitamin A juga memiliki manfaat mendukung sistem kekebalan tubuh agar bekerja lebih optimal dalam mencegah infeksi. Vitamin A juga menjaga kulit tetap sehat.

Retinoid yang merupakan salah satu jenis vitamin A dikenal sebagai bahan obat yang diresepkan dokter untuk mengatasi masalah jerawat dan gangguan kulit lainnya. Obat yang mengandung retinoid tersebut dapat digunakan dengan dioleskan atau diminum. Vitamin A yang diberikan secara oral (diminum) juga bisa untuk mengobati campak dan mata kering bagi mereka yang kekurangan vitamin A. (Baca Juga : Obat Vitiligo Yang Ampuh di Apotik)

Sumber Vitamin A

Kebutuhan tubuh akan vitamin A sebagian besar bisa anda peroleh dari makanan sehari-hari. Jika asupan vitamin A tidak digunakan seluruhnya, maka sisanya yang terserap dapat disimpan dalam tubuh untuk digunakan di kemudian hari.

Anda dapat memperoleh asupan vitamin A dari makanan seperti ikan, telur, hati, sereal yang sudah difortifikasi, susu, yoghurt, keju, mentega rendah lemak, dan susu rendah lemak. Namun, perlu anda perhatikan bahwa meskipun hati merupakan sumber vitamin A, namun konsumsinya tetap harus anda batasi, tidak lebih dari satu kali per minggu. Pasalnya, jika terlalu berlebihan mengkonsumsi hati, maka tubuh bisa kelebihan vitamin A.

Wortel juga merupakan salah satu sumber vitamin A yang sangat populer di masyarakat, dan anda juga mungkin sudah tau itu sebelumnya. Namun selain wortel, masih banyak sayuran lain yang juga menjadi sumber vitamin A, diantaranya adalah bayam, paprika merah dan ubi. Sedangkan pada jenis buah-buahan, terutama yang bewarna kuning, buah mangga dan pepaya merupakan sumber vitamin A yang baik. CARA MENGOBATI PSORIASIS

Penuhi Vitamin A Sesuai Kebutuhan

Asupan vitamin A yang cukup bisa anda peroleh dari berbagai makanan dan minuman sehari-hari. Untuk orang dewasa, mengkonsumsi buah dan sayur sebanyak 5 porsi dalam sehari bisa memenuhi 65% dari total kebutuhan vitamin A.

Pria dewasa membutuhkan sekitar 900 mikrogram per hari, sementara wanita dewasa memerlukan sekitar 700 mikrogram per hari. Kebutuhan akan meningkat ketika wanita hamil dan menyusui. Untuk wanita hamil diatas usia 19 tahun, asupan vitamin A yang direkomendasikan dalam sehari adalah sekitar 770 mikrogram, sementara untuk ibu menyusui adalah sekitar 1.300 mikrogram.

Sementara itu untuk anak-anak, kebutuhan vitamin A disesuaikan dengan usianya. Anak 1-3 tahun, direkomendasikan sekitar 300 mikrogram konsumsi vitamin A per hari, anak usia 4-8 tahun sekitar 400 mikrogram per hari, dan anak usia 9-13 tahun sekitar 600 mikrogram per hari.

Risiko Efek Samping

Asupan vitamin A memang dibutuhkan oleh tubuh. Namun seperti yang telah dikatakan tadi bahwa asupannya tersebut perlu dibatasi dan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh saja. Jika dikonsumsi dalam dosis yang lebih tinggi, maka bisa berisiko menimbulkan efek samping. Pemberian vitamin A dalam dosis yang tinggi akan diperbolehkan jika seseorang mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin A. Namun itu pun tetap harus selalu berdasarkan rekomendasi dokter.

Beberapa risiko dari vitamin A, antara lain :

  • Menyebabkan keracunan dengan gejala pusing, muntah, kulit kering, dan nyeri sendi.
  • Mempengaruhi kinerja obat lain, seperti obat jerawat, pil KB, dan pengobatan kanker.
  • Konsumsi vitamin A yang berlebihan dikaitkan dengan gangguan hati, menurunnya kepadatan tulang serta kelainan pada bayi.

Selain itu, bagi anda pengidap penyakit ginjal atau hati, sebaiknya anda hindari konsumsi suplemen vitamin A jika tidak direkomendasikan dokter.

Apa Saja Manfaat Vitamin A Untuk Tubuh ? – Jadi, meskipun vitamin A dibutuhkan tubuh, namun anda tidak bisa sembarangan mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Anda juga tidak bisa sembarangan mengkonsumsi suplemen tambahan vitamin A. Pasalnya, kebutuhan tubuh akan vitamin A umumnya bisa terpenuhi melalui pola makan yang seimbang.

Baca Juga :

Berapa Banyak Karbohidrat yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes ?

Tubuh Kekurangan Kalium, Bahaya Mengintai Anda

Mengenal Ragam Manfaat Berenang Untuk Kesehatan

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *