Apa Saja Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan?

Apa Saja Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan?

Anda suka olahraga bersepeda? Mau tau Apa Saja Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan? Mari kita temukan jawabannya dalam pembahasan berikut ini!

Apa Saja Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan?

Olahraga memang kegiatan yang sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan. Ada banyak olahraga yang bisa dilakukan, salah satunya adalah bersepeda. Selain sebagai sarana olahraga, bersepeda juga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, karena sambil berolahraga kita bisa menikmati pemandangan alam yang bisa menyegarkan mata, apalagi jika bersepeda dilakukan bersama-sama dengan keluarga. Itu bisa menjadi salah satu pilihan liburan keluarga yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.

Bersepeda memang tidak hanya sebagai alat untuk rekreasi, tapi juga bisa menjadi sarana olahraga, karena bersepeda membuat tubuh kita aktif bergerak, dan hal itu jelas merupakan salah satu syarat penting untuk menjaga kualitas kesehatan tubuh. Bersepeda sendiri, jika dilakukan minimal 2,5 jam dalam seminggu secara rutin akan memberikan dampak positif terhadap kesehatan tubuh.

  • Meningkatkan kekuatan otot

Saat bersepeda, ada banyak anggota tubuh yang ikut terlibat aktif bergerak. Bahkan hampir semua anggota tubuh ikut terlibat dalam olahraga yang satu ini. Mulai dari kaki yang mengayuh sepeda, hingga mata yang waspada memperhatikan jalan.

Dengan begitu banyaknya anggota tubuh yang ikut terlibat aktif saat bersepeda, hal itu membuat otot tubuh bagian yang bersangkutan mengalami peningkatan aktivitas. Dan jika aktivitas tersebut dilakukan secara rutin, maka hasilnya akan membuat otot menjadi lebih kuat dan fleksibel. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih. (Baca Juga : CARA MENGOBATI PSORIASIS)

  • Memperbaiki kardiovaskular

Bersepeda merupakan olahraga yang termasuk kategori olahraga kardio. Pasalnya, bersepeda bisa membuat kerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi akan meningkat. Selain itu, bersepeda secara teratur juga dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah, menurunkan tekanan darah, serta menguatkan otot jantung.

Tingkat kolesterol jahat yang menurun akan mengurangi risiko penyempitan pembuluh darah. Otot jantung yang biasa terlatih akan lebih efektif, sehingga proses penyuplaian darah dan oksigen ke seluruh tubuh akan semakin optimal.

Kerja sistem peredaran darah atau kardiovaskular yang semakin membaik akan membuat risiko terkena serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi menjadi semakin rendah.

  • Menjaga berat badan

Berkat bersepeda, kerja otot dan kardiovaskular menjadi semakin optimal. Nah, dengan tubuh yang aktif, otot yang terlatih, dan kardiovaskular yang baik, maka salah satu keuntungannya adalah pembakaran kalori atau tingkat metabolisme tubuh jadi meningkat.

Dengan pembakaran kalori yang meningkat, tentu saja hal itu berdampak terhadap berat badan yang dapat terjaga tetap ideal. Namun Anda juga jangan lupa untuk menyertai kegiatan bersepeda secara rutin dengan pola makan yang seimbang, agar dapat menghindari risiko kegemukan.

  • Merawat sendi

Bersepeda tidak hanya bermanfaat untuk otot, namun sendi-sendi pada tangan dan kaki juga akan ikut mendapatkan manfaatnya. Karena memang saat bersepeda, sendi-sendi juga ikut aktif. Lutut, sikut, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki adalah beberapa sendi yang akan otomatis bekerja saat bersepeda. Mobilitas yang baik pada persendian akan membuatnya menjadi semakin fleksibel.

  • Menurunkan tingkat stres

Saat bersepeda, tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon tersebut memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Hormon endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit. Rasa nyaman dalam tubuh saat bersepeda tentu akan mengurangi beban pikiran yang menggelayuti, dan tingkat stres pun bisa berkurang. Belum lagi jika bersepeda ke tempat yang memiliki pemandangan bagus seperti ke gunung, hal itu akan semakin menambah penurunan level stres dalam tubuh makin signifikan. (Baca Juga : Obat Jantung Bocor)

  • Menurunkan risiko penyakit-penyakit lain

Bersepeda secara rutin, baik manfaatnya untuk kesehatan tubuh secara umum. Salah satu manfaat bersepeda adalah menurunnya risiko terkena diabetes. Pasalnya, bersepeda bisa membuat produksi insulin stabil, karena tubuh aktif bergerak. Bersepeda juga memperkecil risiko terkena penyakit kanker, terutama kanker usus besar.

Pastikan Bersepeda dengan Aman

Manfaat bersepeda untuk kesehatan memang begitu banyak. Namun Anda perlu ingat, jangan lupa dengan keamanan saat bersepeda. Karena keamanan bersepeda menjadi hal yang wajib dilakukan. Dan berikut ini ada beberapa tips aman dalam bersepeda, diantaranya :

  • Periksa sepeda terlebih dahulu sebelum digunakan

Memeriksakan kondisi sepeda dan memastikannya layak dikendarai merupakan hal yang sangat penting sebelum Anda bersepeda. Pastikan semua komponen sepeda sudah benar-benar aman, mulai dari kondisi ban, hingga rem. Dan jangan pernah membiarkan salah satu bagian sepeda Anda tidak berfungsi, karena itu bisa berakibat fatal.

  • Kenakan pelindung kepala, siku, dan lutut

Meskipun Anda hanya bersepeda dalam jarak dekat, sebaiknya anda tidak mengabaikan penggunaan alat-alat pelindung, seperti hel sepeda, pelindung siku dan lutut. Apalagi jika Anda akan bersepeda di jalanan yang ramai atau jalan yang treknya cukup rumit, seperti ke gunung misalnya. Pastikan ketiga alat pelindung tersebut Anda gunakan saat bersepeda, agar jika terjatuh efeknya tidak terlalu fatal.

  • Jaga sikap berkendara

Bersepeda tetap harus memerhatikan pemakai jalan lain, baik pengguna kendaraan bermotor atau pejalan kaki. Jika jalanan tidak menyediakan trek khusus untuk sepeda, jangan menyerobot hak pejalan kaki.

Pastikan Anda juga selalu memberi tanda kepada para pengguna jalan lain saat akan berbelok atau berhenti. Jangan lakukan dengan mendadak karena bisa membahayakan Anda dan pengguna jalan lainnya. Pastinya, patuhi rambu-rambu lalu-lintas yang berlaku.

Apa Saja Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan? – Jika sepeda Anda sudah dalam kondisi siap tempur, maka nikmatilah aneka manfaat bersepeda yang bisa didapat sejak kayuhan pertama.

Baca Juga :

Bagaimana Cara Menjaga Gula Darah Normal Bagi Penderita Diabetes?

Awas, Mencampur Minuman Beralkohol dengan Minuman Energi Berbahaya!

Apa Saja Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan?

2 thoughts on “Apa Saja Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *