Apa Boleh Penderita Psoriasis Makan Jeroan?

Apa Boleh Penderita Psoriasis Makan Jeroan?

Apa Boleh Penderita Psoriasis Makan Jeroan?

Apa Boleh Penderita Psoriasis Makan Jeroan? Pertanyaan tersebut mungkin muncul dari Anda pasien penderita psoriasis. Kita akan bahas jawabannya dalam pembahasan ini. Mari kita simak dengan seksama !

Apa Boleh Penderita Psoriasis Makan Jeroan?

Setelah sebelumnya kita pernah membahas mengenai “Bolehkah Penderita Psoriasis Mengkonsumsi Daging?”. Kali ini Kita akan membahas bagaimana “hukum” mengkonsumsi jeroan bagi seseorang yang menderita psoriasis. Apakah boleh? Atau tidak? Sebelum ke jawabannya, kita harus tau dulu apa itu penyakit psoriasis, apa penyebabnya dan bagaimana gejalanya. Meskipun mungkin Anda juga sudah tau seperti apa penyakit psoriasis itu. Karena pada pembahasan-pembahasan sebelumnya juga sudah disampaikan apa yang dimaksud penyakit psoriasis itu dan apa penyebab serta gejalanya.

Singkatnya, psoriasis adalah sebuah penyakit berupa peradangan kronis yang timbul akibat adanya proses pergantian kulit yang terjadi lebih cepat dari normalnya, sehingga membuat sel kulit mati menumpuk sebelum terkelupas hingga menyebabkan penebalan kulit dan peradangan kulit yang bersifat kronis, serta menimbulkan gejala lainnya. Penyebab pasti terjadinya psoriasis sebenarnya belum dapat diketahui. Namun para ahli telah menduga kuat bahwa psoriasis ini berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh, yang diduga keliru menyerang sel kulit yang sehat hingga menyebabkan proses pergantian kulit terjadi lebih cepat dan pada akhirnya menyebabkan serangkaian gangguan pada kulit yang disebut dengan penyakit psoriasis. (Baca Juga : CARA MENGOBATI PSORIASIS)

Gejala atau ciri-ciri penyakit psoriasis bisa berbeda-beda pada tiap pasiennya. Hal itu juga membuat psoriasis diklasifikasikan menjadi beberapa jenis. Ada yang ditandai dengan gejala berupa kulit bersisik berwarna keperakan, atau kulit merah meradang, kulit mengelupas, kulit berkerak, disertai juga dengan gatal-gatal, perih dan panas pada kulit. Selain itu, beberapa jenis psoriasis juga memiliki gejala yang berbeda, yakni psoriasis scalp yang ditandai dengan serpihan putih di kepala seperti halnya ketombe, namun disertai perih atau panas, bahkan jika digaruk bisa sampai berdarah. Lalu ada juga psoriasis kuku, di mana gejalanya bisa membuat kuku terlepas atau copot dari kulitnya.

Seperti itulah kiranya penyakit psoriasis ini. Kembali ke pertanyaan awal, Apa Boleh Penderita Psoriasis Makan Jeroan? Jawabannya adalah “Tidak Boleh”, karena sama halnya dengan daging, jeroan juga tidak baik untuk penderita psoriasis. Sebab, mengkonsumsi atau makan jeroan bisa saja membuat gejala-gejala psoriasis (seperti kulit bersisik dan gejala lainnya) semakin bertambah parah kondisinya. Oleh karena itu, penderita psoriasis sebaiknya menghindari konsumsi jeroan. Atau paling tidak, mengurangi jumlah konsumsinya, jangan terlalu sering. (Baca Juga : Merawat Kulit Bayi dengan Tips Perawatan Berikut Ini)

Pantangan bagi penderita psoriasis sebenarnya tidak hanya dilarang mengkonsumsi daging dan juga jeroannya, tapi juga ada beberapa makanan serta minuman yang dilarang dikonsumsi oleh penderita psoriasis, demi mencegah psoriasis semakin parah. Beberapa makanan dan minuman yang termasuk pantangan bagi penderita psoriasis adalah :

  • Daging merah atau daging yang tinggi lemak, seperti daging sapi.
  • Daging olahan seperti bacon, sosis, dan hot dog.
  • Ikan asin, telur asin dan juga keju.
  • Makanan yang diawetkan, seperti tahu, tempe, ikan asin, sosis, dll.
  • Roti putih, nasi putih, dan produk roti olahan atau lainnya yang diperkaya.
  • Kue, dan makanan ringan kemasan.
  • Minuman bergula dan soda.
  • Alkohol, terutama minuman dengan gula.
  • Selain alkohol sendiri, makanan yang mengandung alkohol juga harus dihindari, seperti buah durian, anggur, dan juga tape singkong.
  • Permen dan gorengan.
  • Gula yang direfinasi (refined sugar).
  • Gluten.
  • Susu sapi dan turunannya.
  • Tomat.

(Baca Juga : Obat Herbal Kista Bartholin)

Selain berupa makanan dan minuman, pantangan yang harus dihindari psoriasis juga masih ada yang lainnya, yaitu :

  • Jangan menggaruk kulit yang menderita psoriasis. Apalagi menggaruknya dengan tekanan tinggi dan kondisi kuku yang tidak bersih. Hal itu bisa memperparah kondisi psoriasis.
  • Jangan stres atau banyak fikiran. Karena stres dan beban fikiran juga bisa membuat psoriasis tambah parah. Dan stres juga ditenggarai menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya psoriasis.

Itulah beberapa pantangan yang harus dihindari oleh penderita psoriasis. Jadi, jika Anda penderita psoriasis dan bertanya Apa Boleh Penderita Psoriasis Makan Jeroan? Maka jawabannya adalah “Tidak Boleh”. Sebaiknya Anda perbanyak konsumsi sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan chard swiss. Lalu perbanyak juga konsumsi buah-buahan seperti alpukat dan buah-buahan berry. Sementara jenis makanan lainnya yang bagus dan baik untuk penderita psoriasis adalah jahe, wortel, labu kuning, biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan laut.

Baca Juga :

Manfaat Buah Blueberry Untuk Penderita Psoriasis

Apa Yang Sebaiknya Dilakukan Penderita Psoriasis?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *